• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Kenapa Perut Kita Bisa Kembung?

semutsedeng

IndoForum Senior C
No. Urut
69471
Sejak
27 Apr 2009
Pesan
5.596
Nilai reaksi
138
Poin
63
Apa sih yang bikin perut jadi terasa kembung? Makanan apa saja yang bisa bikin kembung? Solusinya gimana buat mengatasi perut kembung? Perut kembung disebabkan oleh banyak hal. Ada yang memang disebabkan karena terlalu banyak gas dalam lambung, ada juga yang disebabkan karena pergerakan saluran cerna yang kurang baik sehingga memperlambat proses pencernaan makanan, dan perut terasa kembung. Secara rinci,penyebabnya adalah sebagai berikut:

1. Oleh karena kita terlalu banyak menelan udara, yang dapat terjadi saat makan sambil mengobrol, saat merokok, makan permen, makan terlalu tepat atau memakai sedotan dengan tidak benar (selain minuman juga ada udara yang masuk dari sisi mulut). Solusinya, tentu hindarilah penyebab-penyebab diatas.

2. Karena makan terlalu banyak makanan yang memproduksi banyak gas dalam perut. Yaitu kacang kacangan (kecambah, kacang merah, kacang polong), produk susu (susu, es krim, keju), sayuran (kol, bawang, brokoli, ketimun, asparagus), kentang, buah (aprikot, apel, pisang), gandum, makanan berlemak ( goreng gorengan, daging berlemak, saos krim), minuman yang bersoda, dan tablet obat effervescent. Solusinya,tentulah hindari makan makanan ini terlalu banyak, apalagi saat perut anda sedang kosong.

3. Karena hormon saat wanita mendekati masa haid atau saat memasuki masa menopause (berhenti haid), yang menyebabkan pergerakan saluran cerna menjadi kurang lancar. Untuk mengatasinya, kurangi konsumsi garam, coklat ,makanan manis dan makanan berlemak pada saat menjelang haid. Juga usahakanlah untuk rileks ,tenang, dan atasi ketegangan, untuk mengurangi rasa kembung akibat ketidak seimbangan hormon ini.

4. Kecemasan dan depresi ternyata juga dapat menyebabkan perut kembung. Karena menurut penelitian, stress dapat meningkatkan asam lambung. Jadi jangan cepat stress ya.

5. Beberapa obat contohnya anti radang, antibiotik dan yang mengandung hormon estrogen juga dapat menyebabkan perut kembung. Kembung juga dapat terjadi pada penderita penyakit kencing manis, tiroid dan penyakit ginjal.
 
nice info.... /no1
baru denger penjelasan nya /heh
 
o0o ternyata perutku kembung karena kebanyakan minum susu /gg


naiz inpo broder /no1
 
Cemas juga bisa bikin perut kembunk yo............................./heh/heh/heh

Yah kalo yang tentank buka mulut berarti setiap saat tutup mulut saja yo...........................:)):)):)
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.