• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Kelebihan Dan Kekurangan Bus Tronton, Bus Triple Axle Yang Dapat Muat Banyak!

Angela

IndoForum Addict A
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
41.623
Nilai reaksi
23
Poin
0
Halo Agan & Sista! Selamat pagi, siang, sore & malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar kelebihan & kekurangan bus tronton, bus dengan 3 gandar yg dapat muat banyak.

Kelebihan Dan Kekurangan Bus Tronton, Bus Triple Axle Yang Bisa Muat Banyak!

sumber gambar​

Bicara seputar bus. Mungkin, bus medium & bus akbar dengan konfigurasi 4x2 sudah sangat biasa bagi Agan & Sista, karena sangat sering beredar di jalanan. Bus dengan konfigurasi 4x2 juga sangat mudah ditemukan, cukup ke jalan akses terminal & Gansis sudah dapat menemukan bus berkonfigurasi 4x2 baik itu bus engkel, bus medium maupun bigbus.

Tetapi, pernah tidak Gansis melihat bus dengan konfigurasi tronton 6x2? Sebenarnya, bus dengan konfigurasi 6x2 ini sekarang sudah cukup mudah ditemukan, terlebih sudah banyak pabrikan yg memasukkan sasis tipe tronton ini ke Indonesia.

Kelebihan Dan Kekurangan Bus Tronton, Bus Triple Axle Yang Bisa Muat Banyak!

sumber gambar​

Pabrikan yg memasukkan sasis bus tronton untuk kelas jarak jauh adalah Scania dengan produk K410IB, Volvo dengan produk B11R, Mercedes-Benz yg mengandalkan OC 500 RF 2542, & MAN dengan R37 RR4 460hp.

Bus dengan sasis tronton adalah sebuah bus dengan sasis yg memiliki 3 sumbu. Umumnya, bus tronton memiliki 8 ban saja, berbeda dengan truk tronton yg memiliki 10 ban. Meski begitu, bus tronton memiliki G.V.W yg setara dengan truk-truk tronton Gansis. Bus tronton yg sering dijumpai juga memiliki dual axle steering atau roda depan & belakang dapat belok, walau memang bus tronton yg dipakai untuk BRT lebih banyak mengpakai single axle steering saja.

Kelebihan Dan Kekurangan Bus Tronton, Bus Triple Axle Yang Bisa Muat Banyak!

sumber gambar​

Tentunya, dual axle steering, konfigurasi tronton, memiliki 8 ban & 8 velg, G.V.W yg lebih besar, menciptakan sasis-sasis tronton memiliki kekurangan & kelebihan tersendiri. Oleh karena itu, kali ini ane bakal bahas seputar kekurangan & kelebihan bus tronton.

Kelebihan


Kelebihan Dan Kekurangan Bus Tronton, Bus Triple Axle Yang Bisa Muat Banyak!

sumber gambar​

Semua benda memiliki kelebihannya masing-masing. Tak terkecuali bus tronton, oleh karena itu disini ane akan mencantumkan kelebihan-kelebihan bus tronton ketimbang bus dual axle.

1. Daya Angkut Yang Lebih Banyak


Kelebihan Dan Kekurangan Bus Tronton, Bus Triple Axle Yang Bisa Muat Banyak!

sumber gambar​

Bus tronton memiliki daya angkut yg lebih banyak. Karena, bus tronton memiliki dimensi yg sangat panjang, mencapai 13,5 meter. Belum lagi, kalau dipasangkan body Double Decker, bus tronton (kalau menurut hitung-hitungan ane yg belum teruji kebenarannya) dapat mengangkut lebih dari 100 orang penumpang dengan konfigurasi seat full 2-3 di dek atas & bawah, serta tambahan 2 kasur tidur.

Tentunya, axle yg lebih banyak juga memberikan G.V.W yg lebih tinggi. Scania K410IB misalnya, memiliki G.V.W yg mencapai 26,5 ton. G.V.W yg lebih tinggi mempermudah ketika harap membawa barang yg sangat banyak & bobotnya mencapai berton-ton, terlebih kalau mengpakai body Ultra High Deck atau body SDD Voyager yg dek bawahnya dialihfungsikan jadi tempat parkir yg dapat membawa barang juga. Hasilnya, pengusaha pun mendapat keuntungan lebih dengan biaya jalan yg sama.

2. Handling Yang Lebih Baik


Kelebihan Dan Kekurangan Bus Tronton, Bus Triple Axle Yang Bisa Muat Banyak!

sumber gambar​

Dengan ban paling belakang yg dapat berbelok, bus bersasis tronton memiliki handling yg lebih baik. Ketika bus berbelok, ban paling belakang akan ikut berbelok & menghasilkan radius putar yg lebih rendah serta traksi yg lebih baik.

Selain itu, pada laju tinggi bus tronton akan lebih "anteng" saat bermanuver. Belum lagi bus ini akan lebih lincah ketika keluar masuk dari parkiran bus Gansis, & dengan body SHD kalau dibandingkan dengan bus premium 4x2 dengan body SHD pula, pengereman akan jadi lebih pakem karena ada tambahan axle yg juga berfungsi sebagai axle untuk pengereman. Tentu kalau dibandingkan dengan body yg sama ya Gansis.

3. Lebih Stabil Dan Nyaman

Kelebihan Dan Kekurangan Bus Tronton, Bus Triple Axle Yang Bisa Muat Banyak!

sumber gambar​

Dengan axle tambahan di belakang, bus tronton relatif stabil dibanding bus dual axle biasa. Pernah melihat video truk melewati jalur ekstrim? Coba bandingkan ketika truk dual axle atau engkel lewat dengan truk tronton atau triple axle lewat.

Pastinya, truk tronton akan lebih stabil & goyangan tak terlalu terasa dibanding truk engkel. Sebab, masih ada axle belakang yg akan menahan di atas ketika axle tengah sudah masuk ke lubang, berbeda dengan truk engkel yg langsung terasa. Begitu pula dengan bus tronton, relatif akan lebih stabil Gansis. Alhasil, penumpang pun akan jadi lebih nyaman.

4. Lebih Terkesan "Premium"


Kelebihan Dan Kekurangan Bus Tronton, Bus Triple Axle Yang Bisa Muat Banyak!


sumber gambar​

Jika kita menaiki bus & menemukan bahwa bus tersebut adalah bus triple axle, tak perlu jauh-jauh lagi, sudah hampir dapat dipastikan bahwa bus tersebut merupakan bus triple axle yg premium pastinya. Kesannya akan lebih "spesial" Gansis.

Selain itu, axle tambahan di belakang juga menurut beberapa orang menambah kecantikan dari bus tronton. Apalagi, kalau dipasangkan wheeldop yg seragam Gansis.

5. Fleksibel, Bisa Dipasang Hampir Semua Body Bus Besar


Kelebihan Dan Kekurangan Bus Tronton, Bus Triple Axle Yang Bisa Muat Banyak!

sumber gambar​

Sasis tronton umumnya memiliki G.V.W diatas 24,5 ton & air suspension tipe wide. Oleh karena itu, sasis tronton sangat fleksibel Gansis, dapat dipasangi hampir semua body bus besar.

Mulai dari body bertipe Non HD, HD, SHD, UHD bahkan body bus tingkat ataupun Double Decker pun dapat dipasangkan ke sasis tronton ini sesuai keharapan customer. Ini menjadikan sasis bus tronton sangat fleksibel kalau dibandingkan dengan sasis bus biasa atau dual axle Gansis.

Kekurangan


Kelebihan Dan Kekurangan Bus Tronton, Bus Triple Axle Yang Bisa Muat Banyak!

sumber gambar​

Meski kelebihan ada segunung, pasti ada kekurangan dibaliknya. Sudah hukum alam kalau dibalik kelebihan pasti ada kekurangan. Tak terkecuali bus tronton. Oleh karena itu, ane akan mencantumkan 3 kekurangan bus tronton kalau dibandingkan dengan bus dual axle biasa.

1. Ban Sangat Berpotensi Spin Ketika Di Peralihan Antara Jalan Datar Dan Tanjakan


Kelebihan Dan Kekurangan Bus Tronton, Bus Triple Axle Yang Bisa Muat Banyak!

sumber gambar​

Apakah Gansis pernah melihat video-video truk di tikungan tajam seperti Sitinjau Lauik? Jika truk dengan konfigurasi 8x2 atau 6x2 melewati tikungan tersebut, pasti akan kesulitan.

Sama halnya dengan bus tronton. Bus tronton akan sangat berpotensi untuk spin ketika menghadapi medan peralihan antara jalan datar dengan jalan menanjak. Karena, bus tronton memiliki penggerak yg berada di tengah. Ketika axle depan sudah diatas, & axle paling belakang menahan, axle tengah akan mengambang. Alhasil, traksi akan menurun drastis & terjadilah spin, sehingga bus tronton akan kesulitan untuk melewati medan tersebut.

2. Perawatan Lebih Boros


Kelebihan Dan Kekurangan Bus Tronton, Bus Triple Axle Yang Bisa Muat Banyak!

sumber gambar​

Yang namanya bus dengan mesin yg umumnya sangat akbar & bertenaga sangat tinggi, memiliki 8 ban & 3 axle serta komponen-komponen yg lebih banyak, pasti akan lebih boros perawatan.

Perawatan dari segi ban, kampas rem, suspensi, & lain sebagainya pastilah lebih boros karena komponen lebih banyak. Ibarat merawat 3 mobil, pastinya lebih biaya akan lebih boros dibanding merawat 2 mobil.

3. Harga Selangit


Kelebihan Dan Kekurangan Bus Tronton, Bus Triple Axle Yang Bisa Muat Banyak!

sumber gambar​

Satu unit sasis bus tronton dibandrol antara 1,7 hingga 1,9 milyar rupiah. Sasisnya saja, belum termasuk body, AC & jok. Jika termasuk body, AC & jok, akan menyentuh kisaran 2,8-3,5 milyar rupiah, terlebih kalau mengpakai body Double Decker. Bandingkan saja dengan sasis premium 4x2 yg dibandrol dengan harga kurang dari 1,5 milyar rupiah,

Tentunya, harga selangit ini diakibatkan oleh komponen yg lebih banyak & canggih, & ada faktor tenaga & torsi mesin yg lebih tinggi. Bus tronton umumnya memiliki tenaga diatas 400hp & torsi diatas 1.800nm. Berbeda dengan bus premium dual axle biasa yg memiliki tenaga dibawah 400hp & torsi dibawah 1.800nm, karena memang notabene tak terlalu diperlukan.

Kelebihan Dan Kekurangan Bus Tronton, Bus Triple Axle Yang Bisa Muat Banyak!

sumber gambar​

Ternyata, banyak keunggulannya ya Gansis. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Ingin menaiki atau bahkan meminang bus tronton? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ane yg salah!

Sumber:1,2,3,4
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk menjatuhkan maupun mempromosikan siapapun.
Original Written By:@ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesia
emoticon-Toast
emoticon-Rate 5 Star
Hari ini 19:23
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.