• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

IRC Untuk Pemula

ArRay

IndoForum Senior C
No. Urut
98490
Sejak
1 Jun 2010
Pesan
5.107
Nilai reaksi
142
Poin
63
  1. Apa itu IRC?
    IRC (Internet Relay Chat) menyediakan suatu cara untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang-orang di seluruh dunia. Terdiri dari bermacam-macam "network" (jaringan atau "nets") IRC server, mesin-mesin untuk menghubungkan pemakai dengan IRC. Nets yang terbesar adalah EFnet (IRC net yang pertama, yang kadang-kadang memiliki lebih dari 32000 pengguna IRC dalam satu saat), Undernet, IRCnet, DALnet, NewNet, AllNetwork.
    Sang pengguna (Anda misalnya) memiliki suatu program (yang disebut "client") untuk menghubungkan Anda dengan suatu server dari salah satu IRC nets tersebut di atas. Server-server tersebut yang anak menghantarkan informasi-informasi ke dan dari satu server ke server yang lain di dalam net yang sama.
    Client-client yang direkomendasikan:
    1. UNIX/Shell: ircII
    2. Windows: mIRC or PIRCH
    3. Macintosh: Ircle
    Harap Anda membaca dokumentasi-dokumentasi yang ada mengenai client Anda.
    Sekalinya Anda berhubungan dengan salah satu IRC server dalam suatu IRC network, Anda dapat bergabung ("join") dengan salah satu "channel" dan berkomunikasi dengan orang-orang yang ada di dalam channel tersebut. Di dalam EFnet ada lebih dari 12000 channel yang masing-masing memiliki keunikan dan topik tersendiri. Percakapan yang terjadi bisa merupakan percakapan umum ("public", di mana semua orang yang sedang berada di dalam channel tersebut dapat membacanya) atau pribadi ("private", antar dua orang yang bisa saja tidak di satu channel yang sama). IRC bukanlah suatu "permainan", dan saya sangat menganjurkan agar Anda saling menghormati satu dengan yang lain seperti halnya Anda bertemu muka dengan orang-orang tersebut (segala sesuatu dapat terjadi walaupun Anda tidak bertemu secara langsung).
  2. Lebih terinci
    Nama-nama channel biasanya dimulai dengan tanda #, contohnya #plaNETWORK. Anda tidak perlu berada di satu server yang sama dengan kawan Anda untuk bergabung dengan suatu channel. Ada juga channel yang dimulai dengan tanda &. Channel-channel tersebut adalah channel-channel lokal di satu server saja. Jadi Anda harus bergabung dengan server tersebut untuk dapat bergabung dengan channel itu.
    Masing-masing pemain memiliki "nick", seperti unyil atau PakOgah. Untuk menghindari pemakaian nick-nick yang sama, hendaknya Anda memilih suatu nick yang tidak umum dipakai orang ("Budi" adalah pilihan yang buruk karena banyak orang yang bernama Budi). Dalam beberapa nets, nick-nick tidak dapat dimiliki oleh orang-orang tertentu saja, begitu pula halnya dengan nama-nama channel. Hal ini dapat menimbulkan konflik, jadi jika Anda benar-benar ingin "memiliki" suatu nama, Anda bisa menggunakan network yang menyediakan "service" untuk hal-hal seperti itu, misalnya Undernet, DALnet, atau network-network kecil yang lain.
    Channel-channel dalam IRC dikelola oleh "channel operator", atau "ops" untuk singkatnya. Ops adalah orang-orang yang dapat "memilih" siapa saja yang bisa join channel tersebut (dengan mem-"ban" beberapa pemain), siapa saja yang harus pergi ("leave", dengan menggunakan "kick") dan bahkan siapa saja yang punya hak untuk berbicara (dengan membuat channel tersebut "moderated"). Channel operator adalah orang-orang yang berkuasa di channel tersebut, dan keputusan-keputusan mereka tidak dapat diganggu gugat. Jika ada di-"ban" dari suatu channel, bicaralah dengan channel operator, dan minta dengan baik agar dia mengijinkan Anda untuk bergabung dengan channel tersebut (dengan meng-"unban"). Jika mereka mengacuhkan Anda, pergilah ke channel lain dimana Anda diterima dengan hangat.
    IRC server dikelola oleh IRC admin dan IRC operator (atau "IRCops"). IRCops tidak turut campur dalam urusan pribadi orang-orang, perang antar channel, memberi status op, dan lain-lain. Mereka bukanlah "IRC cops".
  3. Berbicara dan memasukkan perintah
    Perintah-perintah dan teks-teks diketikkan pada tempat yang sama. Perintah-perintah dalam IRC dimulai dengan tanda / (garis miring). Jika Anda memiliki program seperti mIRC untuk Windows, beberapa perintahnya dapat dipilih dari menu-nya. Tetapi, sangatlah dianjurkan agar Anda mempelajari beberapa perintah-perintah dasar dalam IRC terlebih dahulu. Perhatikan spasi dan huruf besar saat Anda mengetikkan perintah-perintah tersebut. Semua perintah-perintah dasar dalam irc berlaku untuk semua client-client.
    Beberapa contoh diberikan di bawah ini. Di sini, kita anggap bahwa nick Anda adalah "unyil", dan Anda berada di channel "#plaNETWORK".
    Kawan Anda, "usro", berada di channel "#plaNETWORK" dengan Anda, dan kawan Anda yang lain, "ucrit", sedang berada dalam IRC tetapi tidak dalam channel yang sama dengan Anda. Anda dapat menggunakan contoh-contoh di bawah ini dengan mengganti nick dan/atau nama channel dengan nama-nama yang sebenarnya.

    Apa yang Anda ketik Apa yang terjadi:
    /join #plaNETWORK Anda bergabung dengan channel plaNETWORK
    /who #plaNETWORK Memberikan informasi pemain di channel plaNETWORK
    @ = channel op, * = IRC op
    halo semua Semua pemain di #plaNETWORK akan melihat:
    <unyil> halo semua
    (Anda tidak perlu mengetikkan nick Anda)

    *arRay anak baik Semua pemain di #INDOFORUM akan melihat:
    * unyil anak baik
    /leave #INDOFORUM Anda meninggalkan channel INDOFORUM
    /whois ucrit Anda akan mendapatkan informasi tentang ucrit, atau nick apa saja yang Anda ketikkan
    /whois unyil Informasi mengenai diri Anda (catatan: Anda menggunakan nick unyil)
    /nick NickBaru Mengganti nick Anda menjadi "NickBaru"
    /msg ucrit halo bos Hanya ucrit yang bisa melihat kalimat Anda (Anda tidak perlu berada di dalam channel yang sama dalam hal ini).
    ucrit akan melihat: *unyil* halo bos
    /ping #INDOFORUM Memberikan informasi tentang "delay" (hambatan bolak balik) antara Anda dengan semua pemain yang ada di #INDOFORUM
    /ping ucrit Memberikan informasi tentang "delay" (hambatan bolak balik) antara Anda dengan ucrit (seorang saja)
    /dcc chat usro Mengirimkan usro permintaan "dcc chat". usro harus mengetikkan /dcc chat unyil untuk menerima dcc chat tersebut (catatan: Anda menggunakan nick unyil). DCC Chat lebih cepat, bebas hambatan ("lag") dan bersifat lebih pribadi jika dibandingkan dengan /msg
    /msg =usro main air yuk Sekalinya hubungan DCC Chat telah terjalin, Anda bisa menggunakan perintah /msg =nick untuk berbincang-bincang (perhatikan tanda sama dengan [=] sebelum nick). DCC tidak melalui server, jadi tidak akan terpengaruh oleh hambatan-hambatan (lag) dari server, net split, dan lain-lain
    usro akan melihat: =unyil= main air yuk
    /help Perintah ini biasanya dapat ditemukan hampir di setiap client. Cobalah.
    /quit selamat malam! Anda akan "quit" IRC, dengan meninggalkan pesan. Para pemain yang lain akan melihat: *** Signoff: unyil (selamat malam!) (catatan: Anda menggunakan nick unyil)
    CATATAN: Bila Anda tidak sedang berada di dalam suatu channel, kalimat yang dimulai dengan garis miring (/) tidak akan ber-efek apa-apa, dan beberapa perintah akan memberikan hasil yang lain atau tidak berfungsi sama sekali.
  4. Harus ke mana?
    Anda dapat belajar banyak dengan bergabung pada channel-channel, mendengarkan dan berbicara langsung. Untuk mudahnya, Anda dapat bergabung dengan channel-channel seperti: #new2irc, #newuser, #newbies atau #chatback. Channel-channel yang lebih ramai antara lain: #chat dan #ircbar.
    Jika Anda membutuhkan pertolongan lebih lanjut dengan mIRC, Anda dapat bergabung dengan #new2mirc atau #mirchelp. Untuk pertolongan dengan pertanyaan-pertanyaan yang sifatnya lebih umum, Anda dapat bergabung dengan #irchelp.
    Channel-channel di atas menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Bila Anda ingin berbahasa Indonesia, Anda dapat bergabung dengan #plaNETWORK, #pondok, #indo, #puncak, dan masih banyak lagi.
    Untuk membentuk channel Anda sendiri, misalnya dengan nama #NasiUduk (dengan catatan bahwa channel tersebut belum dibentuk oleh orang lain), Anda cukup mengetikkan /join #NasiUduk. Channel itu akan terbentuk dan Anda adalah sang channel-op.
  5. Smileys dan singkatan
    :-) adalah muka orang yang sedang tersenyum ("smiley"), miringkan kepala Anda ke kiri untuk dapat melihatnya. Sama halnya dengan, :-( adalah orang yang sedang sedih, ;-) adalah orang yang sedang mengedipkan mata, :~~( adalah orang yang sedang menangis, :-P adalah orang yang sedang menjulurkan lidahnya, :-P~~ adalah orang yang sedang "ngiler", dan (-: adalah untuk orang kidal yang sedang tersenyum, dan lain-lain. Ada beribu-ribu macam smiley serperti itu.
    Berikut ini adalah singkatan-singkatan yang umum dipakai dalam IRC:
    Singkatan Singkatan dalam bahasa Inggris Arti dalam bahasa Indonesia
    brb be right back segera kembali
    bbl be back later nanti akan kembali
    np no problem tidak apa-apa
    lol laughing out loud tertawa terbahak-bahak
    re hi again (re hi) Halo lagi!
    wtf what the f*** APA?
    rotfl rolling on the floor laughing tertawa terguling-guling
    bbiaf be back in a flash kembali sebentar lagi
    ttfn ta ta for now dadaagghh!
    imho in my humble opinion menurut pendapat saya
    j/k just kidding hanya bercanda
    wb welcome back selamat datang
    rtfm read the f***ing manual BACA PETUNJUK!
  6. Anjuran dalam ber-IRC
    • Tatacara
      Mengetikkan kalimat dalam huruf besar semua, SEPERTI INI, dianggap berteriak dan harus dihindari. Begitu juga Anda diharapkan untuk tidak mengulang-ulang kalimat yang sama terus menerus (Anda akan dianggap "flood" channel Anda). Anda diharap untuk menggunakan istilah-istilah yang benar, misalnya "channel", bukan "chat room", dan "nick", bukan "handle".
      Bila Anda sedang berada di dalam sebuah channel, Anda diharapkan untuk mematuhi aturan yang diberlakukan oleh para channel op. Bila Anda melawan mereka, Anda dapat "dikeluarkan dengan paksa" (di-kick), dan bahkan di-"ban" (dilarang untuk bergabung lagi dengan channel yang bersangkutan). Disamping itu, ada juga beberapa channel op yang suka bermain kuasa, dan suka meng-"kick" dan mem-"ban" pemain-pemain lain tanpa alasan yang kuat. Bila hal itu terjadi pada Anda, atau ada orang yang mengganggu keberadaan Anda, tinggalkan channel itu dan join channel lain.
      Diputuskan hubungan dengan /list?
      Bila server Anda memutuskan hubungan ketika Anda menggunakan perintah /list, cobalah untuk menggunakan server lain. Daftar dari channel-channel yang ada dapat Anda temukan di: http://www.irchelp.org/irchelp/chanlist.
    • Gangguan dan Serangan
      Bila seseorang mulai mengganggu Anda, tinggalkan channel itu atau gunakan perintah /ignore. Untuk detail-nya, para pengguna mIRC dapat melihat dokumen tentang "flood protection", para pengguna ircII dapat mengetikkan perintah /help ignore. Satu hal yang baik yang dapat diingat adalah untuk menjadikan "user mode" Anda menjadi +i (invisible) untuk menghindari gangguan-gangguan -- jika Anda "invisible", hanya pemain-pemain yang ada di dalam channel yang sama dengan Anda yang dapat mengetahui nick apa yang sedang Anda pakai saat itu.
      Bila ada orang yang ingin dengan sengaja memutuskan hubungan server Anda, bacalah dokumen yang ada di "Denial of Service or "Nuke" Attacks". Anda dapat juga menyimpan percakapan-percakapan Anda (menyimpan log dan melaporkan serangan-serangan bila itu melanggar aturan main, yang dapat dilihat dengan mengetikkan /motd.
  7. Masalah-masalah server
    Pada saat ini, Anda sudah siap untuk ber-IRC. Secara umum, perintah-perintah yang diberikan di atas sudah cukup untuk pemula, tapi apa saja dapat terjadi di dalam ber-IRC.
    Net Split
    Network bisa terpisahkan (disebut dengan "netsplit"), sehingga Anda akan terpisahkan dengan pemain-pemain lain. Split ini biasanya hanya sebentar, tetapi terkadang juga dapat memakan waktu sampai berhari-hari.
    Lag
    Gangguan yang paling umum adalah "lag", dimana terjadi semacam hambatan ("delay") antara waktu saat Anda mengetikkan suatu kalimat, dan waktu saat pemain lain membacanya. Memilih server yang dekat dengan Anda dapat mengurangi lag. Lag dapat diukur dengan menggunakan perintah /ping (lihat bagian perintah di atas). Hal ini dapat ditanggulangi dengan mengganti server Anda, dengan menggunakan perintah /server nama.server.di.sini.
    Daftar Server
    Di client-client pada umumnya, bila Anda mengetikkan /links akan memberikan daftar server-server yang ada di net Anda. Jangan menggunakan perintah ini secara berlebihan (paling banyak 2 kali berturut-turut), atau Anda akan dituduh untuk melakukan "link looking".
    Ping? Pong!
    Untuk para pengguna mIRC: Ping? Pong! di status Anda artinya server Anda baru saja melakukan "ping" kepada client Anda dengan tujuan untuk melihat apakan Anda masih berhubungan dengan server, dan Anda secara otomatis menjawab dengan "pong". Tidak perlu dikhawatirkan.
    Sekali lagi, DCC Chat
    Perintah DCC Chat dapat digunakan untuk menjalin hubungan langsung dengan satu orang yang bebas lag dan tidak akan diputuskan oleh netsplit. Periksa dokumentasi Anda untuk hal ini. Pada client-client umum, Anda dapat menjalin hubungan dcc dengan mengetikkan perintah /dcc chat nick_kawan_anda. Untuk berbicara dengan kawan Anda melalui hubungan itu, Anda dapat menggunakan perintah /msg =nick pesan_anda_di_sini (perhatikan tanda =). Di mIRC, Anda dapat melakukan DCC Chat dengan memilih DCC dan Chat dari menu yang sudah tersedia, lalu mengetikkan nick kawan Anda dengan siapa Anda ingin berbicara. Satu window akan disediakan untuk keperluan itu.
  8. Peringatan
    IRC scripts adalah kumpulan perintah-perintah yang dapat dijalankan oleh client Anda. Sudah banyak script-script yang di-"hack", sehingga bila Anda menjalankannya, keamanan mesin/cient Anda dapat terancam (seseorang dapat mendapat akses ke dalam account Anda, menghapus semua dokumen Anda, membaca email Anda, dan lain-lain). Banyak juga pemain-pemain yang mencoba untuk mengirimkan virus dan hal-hal lain yang buruk. Seperti halnya di kehidupan kita sehari-hari, jangan menerima apapun dari orang yang tidak Anda kenal. Sudah banyak kejadian-kejadian yang buruk seperti yang disebut diatas. Jangan sekali-kali menjalankan suatu script/program kecuali Anda sendiri tahu apa yang akan terjadi kemudian, sekalipun kawan Anda sendiri yang memberikan program tersebut, karena kawan Anda belum tentu memiliki kemampuan untuk melihat hal-hal yang "tersembunyi".
    Automatic DCC Get adalah suatu hal yang tidak baik! Karena Anda bisa jatuh dalam bahaya mulai dari penolakan oleh server sampai pada memberikan orang lain kontrol atas komputer Anda. Sudah ada beberapa orang yang memiliki masalah yang cukup parah karena hal itu.
------------------ selamat mencoba --------------------
 
Thanks buat informasinya. Jadi lebih paham sekarang. /ok

Soalnya masih newbie soal IRC. :D
 
@mod blitz

Sama nih.. saya juga masih awam dengan mIRC. :p
Padahal dulu sering iseng-iseng suka nyari teman melalui aplikasi ini. Tapi ya itu.. cuma sebatas iseng aja.. tanpa saya pahami cara mengoperasikanya. :p

Thx bro udah nge share info yang sangat membantu kami yg awam ini! /no1
Cendolnya nyusul yah.. coz harus minum sprit dulu../no1
 
saya bingung.../hmm/hmm
nih aplikasi apaan sihh.../hmm/hmm

masih ngga ngerti.../gg/gg/gg
 
@mod blitz

Sama nih.. saya juga masih awam dengan mIRC. :p
Padahal dulu sering iseng-iseng suka nyari teman melalui aplikasi ini. Tapi ya itu.. cuma sebatas iseng aja.. tanpa saya pahami cara mengoperasikanya. :p

Thx bro udah nge share info yang sangat membantu kami yg awam ini! /no1
Cendolnya nyusul yah.. coz harus minum sprit dulu../no1

sama2 kaka........wah dapat cendol yah......??? mau dong :)
 
saya bingung.../hmm/hmm
nih aplikasi apaan sihh.../hmm/hmm

masih ngga ngerti.../gg/gg/gg



sama, sy jg belum daftar nie..kira2 rame ga ya..coba sy cekidot dulu...

mesti donlot mirc ny jg ni...
 
ilmano

sama, sy jg belum daftar nie..kira2 rame ga ya..coba sy cekidot dulu...

mesti donlot mirc ny jg ni...

pasti rame dah...ka asal sering2 ke irc.indoforu.org setelah donload....nnt kita bisa cerita2..dan saling mengenal :)
 
tnaks ya ubtuk informasihnya
 
Wah keren banget infonya, Ane sampe ga kedip nih bacanya ;;)
Ga salah deh ane nyangkut disini info2 na top markotop
thx brow... :):)
 
emang bisa ya, part dari channel pake command /leave #namachannel ??
yg umum pakai /PART #namachannel
bisa dikasih pesan jg, /PART #namachannel pesannya
contoh: /part #indoforum bye bye never say goodbye
coba aja :D
 
nice info bang locop...

ane masih newbie d irc ;))
 
Sama nih.. saya juga masih awam dengan mIRC.:-*
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.