• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Inilah Situs-situs yang Menyiarkan Gerhana Matahari Total

goesdun

IndoForum Junior A
No. Urut
32661
Sejak
7 Feb 2008
Pesan
3.022
Nilai reaksi
66
Poin
48
0922145p.JPG

SHUTTERSTOCK


Meski tak dapat dilihat dari Indonesia, peristiwa gerhana matahari total (GMT) yang berlangsung pada Rabu (22/7) dapat disaksikan secara langsung melalui web. Ada sejumlah situs yang dapat dikunjungi untuk menyaksikan detik-detik persitiwa langka yang diklaim sebagai GMT terlama pada abad ke-21.

Siaran langsung dengan kualitas high definition misalnya dapat dilihat melalui
Kode:
http://www.eclipse-tv.com
dengan resolusi 900 X 600 piksel. Tayangan ini dilakukan AstroNative Technologies dari pengamatan di daerah Pulau Yangshan, selatan Shanghai, China. Siaran dimulai pukul 07.24 WIB hingga 10.03 WIB. Namun, untuk mengaksesnya harus membayar 9,95 euro dan dapat dibayarkan melalui Paypal.

Masyarakat Astronomi China didukung Akademi Sains China juga menyiapkan web di
Kode:
http://eclipse.astronomy2009.org.cn/english
. Situs ini merupakan jejaring sosial yang menggabungkan sejumlah pengamatn di berbagai titik untuk disiarkan secara simultan.


Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) juga akan menyiarkannya NASA TV yang beralamat di
Kode:
http://www.nasa.gov/multimedia/nasatv/index.html



Foto-foto

Selain siaran langsung secara streaming, beberapa situs juga mengumpulkan foto-foto yang diabadikan dari berbagai lokasi. Publik dapat berpartisipasi untuk membagi hasil pengamatannya dalam situs-situs tersebut, antara lain melalui blog


Kode:
http://solartotality.wordpress.com
. Situs yang dibuat Space Generation Advisory Council ini bahkan menyediakan hadiah berupa buku dan peralatan astronomi untuk foto terbaik.

Cukup unggah foto ke Flickr dengan tag #solartotality2009 sehingga hasil pencarian akan mengarahkan ke foto-foto GMT dan mengirimkan link-nya kepada panitia.

Panitia Tahun Astronomi Internasional 2009 juga menyediakan situs untuk berbagi pengalaman di
Kode:
http://eclipse22jul09.wordpress.com
. Pengguna Flickr juga dapat langsung memasukkan fotonya ke dalam group
Kode:
http://www.flickr.com/groups/iya2009
. *WAH

sumber : Kompas


Gerhana Matahari ''Monster''

New Delhi- Negeri dengan jumlah populasi terpadat di dunia akan menyaksikan keajaiban alam semesta.
"Ini fenomena yang sangat penting. Tak seorang pun dari kita sekarang bisa menyaksikan gerhana seperti ini lagi," tandas Federico Borgmeyer dari Eclipse City bermarkas di Jerman. Ahli astrophysicist Amerika dan ahli gerhana Fred Espenak menyebut fenomena pada 22 Juli sebagai "sebuah monster" karena lebar bayangan yang menutupi bumi.

Gerhana Matahari total terjadi saat Bulan berada di antara Bumi dan Matahari, menutup total sinar Matahari menuju Bumi. Apa yang membuat gerhana kali ini sangat spesial karena durasinya lebih lama (saat Bulan benar-benar menutupi Matahari). Jika dikalkulasi gerhana akan berlangsung selama 6 menit dan 39 detik -- durasi yang tak akan bisa disamai oleh gerhana manapun hingga pada 2132 nanti.

Bayangan gelap dengan lebar 258 km akan menutupi jalur lintasan dimulai dari negara bagian Gujarat, India Barat pada pukul 06.30 waktu setempat (09.30 wita).

Bayangan kemudian melintasi sepanjang India, menimbulkan kegelapan di kota suci Vaaranasi tepi Sungai Gangga, bergerak ke utara dan ujung selatang Bangladesh, Nepal, Bhutan, kemudian menuju Cina daratan dan berakhir di Shanghai.

Beberapa negara juga nantinya bisa melihat gerhana sebagian dari Jepang, bahkan Indonesia juga bisa melihatnya. "Ini bisa menjadi gerhana paling banyak dilihat oleh manusia," papar ahli gerhana dari NASA Fred Espenak dan Jay Anderson meteorologis Universitas Manitoba.

''Dalam standar gerhana, fenomena kali ini adalah 'monster','' tandas Espenak dan Anderson dalam majalah Sky Telescope. Kita harus menunggu hingga 2132 sebelum rekor ini bisa dipecahkan. (ton/afp)
 
Weqs kapan adanya, udah lewat?
koq ga ada beritanya ya?
 
Penghuni Kebun Binatang Kebingungan Saat Gerhana Matahari

Pada saat ribuan orang menyaksikan gerhana Matahari total terlama di abad 21, semua hewan di kebun binatang di Kota Hangzhou, China timur, menunjukkan reaksi kebingungan.

Kantor berita Xinhua melaporkan, dua gajah india, masing-masing lima ton, tampaknya tak mengetahui jika bulan sedang berada di antara Bumi dan Matahari sehingga menghalangi sinar Matahari.

Saat Matahari tak terlihat sekitar pukul 09:35 waktu setempat, kedua gajah tersebut menjatuhkan rumput yang berada di belalai mereka dan kembali kandang tanpa ragu.

Tiga jerapah berkumpul di satu sudut ketika kegelapan menyelimuti. Mereka berdiri tak bergerak dan melihat berkeliling. Dua menit kemudian, dua jerapah kembali ke tempat tinggal mereka sementara satu lagi tetap berada di luar, masih heran dengan fenomena itu, demikian laporan kantor berita resmi China, Xinhua.

Monyet menjadi kelompok yang paling berisik di kebun binatang tersebut saat gerhana terjadi. Kera yang biasanya bermain-main di hutan memasuki gua mereka.

Dua kukang tak dapat berhenti berteriak-teriak di dalam gua mereka seperti yang mereka lakukan pada malam hari, kata Xinhua.

Bayangan bulan membuat burung kehilangan arah, yang jam tubuh dan arah mereka bergantung pada Matahari. Bangau bermahkota merah dan flamingo yang telah berkeliaran atau sedang minum air tiba-tiba tertidur selama masa gelap singkat, katanya.

Tetapi ketika sinar Matahari muncul lagi beberapa menit kemudian, semua burung itu keluar dari kandang mereka dan memulai kehidupan pada "hari" lain, kata Xinhua.

Gerhana Matahari tersebut merupakan yang pertama bagi semua hewan di kebun binatang itu.

Burung dan gajah merupakan hewan yang paling sensitif terhadap sinat Matahari dan memperlihatkan reaksi lebih besar dibandingkan dengan harimau, singa, macan tutul serta panda, kata Jiang Zhi, seorang penjaga kebun binatang.

Namun karena gerhana tersebut tak berlangsung lama, semua hewan di kebun binatang itu segera melanjutkan kehidupan normal mereka, katanya.(*Antara)
 
Weqs kapan adanya, udah lewat?
koq ga ada beritanya ya?

Ngak nonton TV ya? Di TV berita Asia Timur rame banget. 20.000 lebih orang Jepang, belom termasuk dari Korea, dll, langsung terbang ke Shanghai untuk melihat gerhana matahari total. Hotel2 penuh semua.

Gw sendiri jg liat gerhananya........tapi di TV.:D
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.