• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

inilah jam mekkah.jam terbesar di dunia

Arief

IndoForum Beginner A
No. Urut
511
Sejak
13 Apr 2006
Pesan
1.320
Nilai reaksi
18
Poin
38
Arab Saudi menguji jam terbesar di dunia di Kota Suci Mekkah selama bulan Ramadhan. Menara jam dengan empat sisi ini akan dipasang di atas sebuah pencakar langit besar yang memiliki tinggi total sekitar 600 meter atau tertinggi kedua di dunia setelah Burj al Khalifa di Dubai.

350ap_meccaclock.jpg

Jam ini juga akan membuat landmark kota London – jam Big Ben -, yang pernah menempati posisi sebagai jam empat sisi terbesar di dunia, menjadi terlihat kecil. Dengan diameter sekitar 40 meter jam Saudi ini akan lebih besar dari juara dunia jam terbesar saat ini yakni jam Mall Cevahir di Istanbul, yang memiliki lebar 36 meter dan ditaruh di atap sebuah kompleks perbelanjaan.

meccaclock.jpg

Pemandangan sekitar masjid suci Mekkah dan Kabah merupakan bagian dari upaya Saudi untuk mengembangkan kota yang dikunjungi oleh jutaan jamaah haji setiap tahunnya. Percobaan jam ini akan dilaksanakan pada pekan pertama Ramadhan. Saat ini hanya satu sisi dari empat sisi jam yang telah dibangun dan dilapisi dengan 98 juta lembar kaca mosaik.

hotel-mecca.jpg

Di setiap sisi jam tersebut akan tertulis ‘Allahuakbar’ dalam bahasa Arab dilengkapi dengan ribuan lampu warna-warni. Jam akan terlihat dari jarak sekitar 25 kilometer. Sebuah dek observatorium direncanakan dibangun di dasar jam. Sebentuk bulan sabit emas yang sangat besar dengan diameter 23 meter akan diletakkan di atas jam serta akan ditembakkan lampu ke arah bulan sabit tersebut. Seluruh jam, dari dasar sampai dengan bulan sabit, itu sendiri akan memiliki tinggi 251 meter.

Insinyur Jerman dan Swiss adalah pihak yang merancang jam spektakuler. Menurut Departemen Agama Wakaf, seluruh proyek akan menelan biaya sebesar 800 juta dolar AS. Pada saat yang sama komplek tujuh menara sedang dibangun oleh pengembang Saudi, Binladen Group.
 
subhannnallah....!
megah bangeet yah.....:D
 
beh manteb tenan oiy...super besar
 
Keren banget jamnya.. Btw, jd inget Clock Tower di kota Aldebaran pas dulu main game RagnarokOnline :)
 
taun 2004 belum ada...
kapan dibangunnya?
 
iya pas 2004 ke sana, jam itu belum ada..

eh eh..

kalo kita lihat di gambar, foto, atau video..
Mekkah tampaknya panas sekali, kan? kayaknya Matahari di sana sinarnya paling panas dari mana pun..
padahal... aku kasih tau nih, ya..
lantai Masjidil Haram itu.. dingin!!!
Ruangan-ruangannya.. wah banyak angin sepoi-sepoi dan seger banget..
bahkan sinar matahari kayaknya kudu lebih keluarin tenaga lagi kalo mau dibilang panas..

malah.. Jember sama Mekkah, lebih panas di Jember.. -_-a
 
itu jam yang puncaknya ada lambang tanduk setan, ya. bukannya lambang bulan bintang yang biasanya.
 
wahhh gede banget tuh gan
megah and kokoh gan


jadi pengen kesana . pengen liat langsung
 
jadi pengen kesana juga ngelanjutin ke mesir, ke al azhar...
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.