• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Indonesia Bisa Modif Heli!

legionsa

IndoForum Senior A
No. Urut
19965
Sejak
5 Agt 2007
Pesan
7.506
Nilai reaksi
287
Poin
83
PT DI Modifikasi Super Puma I Jadi “Cougar”
nas-332_sp02.jpg

PT DI Modifikasi Super Puma I Jadi "Cougar"Jakarta - PT Dirgantara Indonesia (Persero) akan memodifikasi sebagian helikopter Super Puma I yang tengah dalam pengerjaan menjadi Super Puma II (Cougar) yang merupakan seri terbaru untuk menguasai pasar helikopter khusus Angkatan Udara di kawasan Asia.

“Dari 16 helikopter Super Puma I yang dipesan TNI Angkatan Udara pada 1998, enam yang masih dalam pengerjaan akan dimodifikasi menjadi Cougar yang lebih baru teknologinya,” kata Direktur Utama PT DI Budi Santoso menjawab ANTARA News di Jakarta, Rabu.

Markas Besar (Mabes) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI-AU) melakukan pemesanan 16 Helikopter Super Puma NAS 332 beserta suku cadangnya dari PT DI berdasar kontrak jual beli (KJB) 010 pada 1998.

PT DI Modifikasi Super Puma I Jadi "Cougar"Dari 16 unit yang dipesan, baru tujuh yang telah selesai dan diserahkan ke TNI AU. Sedangkan sembilan unit lainnya, tersendat-sendat pengerjaannya karena keterbatasan dana.

AIR_EC725_Cougar_SOF-SAR_lg.jpg


Dari sembilan unit tersebut, tambah Budi, tiga unit telah memasuki tahap penyelesaian sedangkan sisanya akan di`korbankan` dimodifikasi menjadi Super Puma II atau “Cougar”, yang merupakan kerja sama antara PT DI dengan Eurocopter Perancis.

Modifikasi itu, lanjut dia, karena perkembangan teknologi yang makin canggih untuk heli Super Puma. “Ini pengadaannya sudah terlalu lama, sedangkan teknologinya terus berkembang, maka kami putuskan untuk melanjutkan pengadaan Super Puma TNI AU dengan jenis yang lebih baru, dari Super Puma I menjadi Super Puma II atau `Cougar`,” jelas Budi.

PT DI Modifikasi Super Puma I Jadi "Cougar"PT DI berkerjasama dengan Eurocopter membuat komponen Helikopter Super Puma II (Cougar) seri terbaru untuk menguasai pasar helikopter khusus Angkatan Udara di kawasan Asia.

501961705_3e85d1fa2e.jpg


Helikopter “Cougar” buatan PT DI itu diberi nama NAS 532 dengan spesifikasi antara lain, mesin 2xTurbomeca Makila 1A1 1,874hp Turboshaft engines, panjang baling-baling 15,508m, W (rotor diameter)- 15.60m, tinggi 4.9m, bobot kosong 4,321 kg dan berat isi maksimum 8.961 kg.

2643856148_b66716b7ef.jpg


“Cougar” memiliki kecepatan maksimum 261 kph, dengan jelajah 616 km. Sedangkan persenjataan yang diusung adalah 2x pintle-mounted 7.62×51mm GPMGs, 20mm GIAT Cannon, 68mm rockets.
 
untu heli.. indo cmn bisa modif .. seperti Bell Yang di rename versi indo menjadi NBell... GRP yauhw...
 
/hmm
sayang klo cman bisa modif....
coba bisa kayak kata Tusuksate :))

tapi bisa modif aj udah mantheb koq :))
 
kpm y indo bs bikin mobil terbang ~~

cmiww~

ngekhayal aja .
 
kapan yah bisa bikin yg gak niru-niru bangsa lain
 
Heli bisa di MODING juga yach.... :)) gw pikir PC doang, emang KALO DANA MENTOK, otak jadi ENCER
 
Seandainya bisa bikin heli sendiri kan lebih bagus...
 
yah jangan modif doms , buat dari awal , kan jadi kita ngga di embargo mulu
 
Walah Heli bisa dmodif kek mobil juga toh;))
 
indo memang paling mantap de soal modif n rombak
soalnya kurang dana nih beli yg terbaru sama sparepartsnya
 
emank ama pemerintah d perhatikan /gg /gg /gg paling juga ntar d tuker ama beras /gg /gg
 
mantaph...ada kemajuan brarti...
 
Bentar lg bkalan nyaingin "MTV Pimp My Ride..." :))
 
semoga aja ga terlantar lagi deh /no1

pdhal banyak lho talenta yang d punyai oleh orang indonesia /no1
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.