• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Ikan Ini Menggergaji Mangsanya

yan raditya

IndoForum Addict E
No. Urut
163658
Sejak
31 Jan 2012
Pesan
24.461
Nilai reaksi
72
Poin
48
RFu8p.jpg
KOMPAS.com — Tim ilmuwan University of Queensland, Australia, yang dipimpin Barbara Wueringer mengamati perilaku makan ikan gergaji (Pristis microdon).

Mereka menemukan bahwa ikan tersebut membunuh mangsa dengan cara yang dalam sudut pandang manusia bisa dikatakan kejam. Mangsa digergaji dan disambar dengan moncong yang dimiliki ikan gergaji.

Ikan gergaji memiliki struktur serupa gergaji untuk membantunya memangsa ikan. Struktur tersebut memiliki reseptor yang mendeteksi medan listrik dan gerakan air akibat kehadiran mangsa.

Dengan struktur gergaji tersebut, ikan gergaji menyobek ikan mangsa yang telah mati. Penyobekan berlangsung beberapa lama hingga tubuh mangsa terbelah. Setelahnya, moncong ikan gergaji beraksi.

Hasil studi Wueringer dipublikasikan di jurnal Current Biology baru-baru ini. Dalam penelitian, ilmuwan menggunakan medan listrik kecil untuk memicu reaksi ikan gergaji.

Ilmuwan berpendapat bahwa ikan gergaji adalah predator ulung karena, selain memiliki sensor elektrik, juga mempunyai struktur gergaji yang mumpuni.

"Ikan gergaji predator yang ulung, tapi ironisnya, struktur gergaji juga dipersalahkan atas penurunan populasinya secara global. Gergaji membuat ikan ini mudah tertangkap alat perikatan," kata Wueringer seperti dikutip Discovery, Selasa (6/3/2012).

Ikan gergaji saat ini termasuk jenis ikan yang terancam punah berdasarkan data International Union for Conservation of Nature (IUCN). Wueringer berharap ikan gergaji dapat lestari dengan menjaga makanan serta mengupayakan praktik perikanan yang baik.
 
wew..
emang bener kayak gergaji
serem juga nih ikan
 
mereka menemukan bahwa ikan tersebut membunuh mangsa dengan cara yang dalam sudut pandang manusia bisa dikatakan kejam. Mangsa digergaji dan disambar dengan moncong yang dimiliki ikan gergaji.

sadis benerrrrr
 
waduhhh g bisa bayangin klo pas cari mangsa..
 
lok mancing hati2 ya gan, ntar kailnya di gergaji lho .. . . . . . =))
 
ikan cantik tp mematikan...salam dr newbie ya bro
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.