• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Berita Ibu rumah tangga menjerit ada biaya kantong plastik di supermarket

AD5356QU

IndoForum Beginner C
No. Urut
281096
Sejak
27 Mei 2013
Pesan
794
Nilai reaksi
9
Poin
18
Rencana pengenaan biaya tambahan untuk kantong plastik di supermarket dan toko ritel mendapat penolakan dari ibu rumah tangga. Menurut mereka, biaya kantong plastik akan semakin membebani dana belanja kebutuhan sehari-hari.

Sunarsih, seorang ibu rumah tangga yang ditemui merdeka.com sedang berbelanja di salah satu supermarket, mengatakan enggan menerima kebijakan tersebut. Jika kebijakan ini jadi diterapkan maka dia lebih memilih berbelanja di pasar tradisional.

"Waduh, mending saya belanja di pasar saja atau di warung. Biaya lagi itu mah mas, kan lumayan biaya ekstra itu buat belanja kebutuhan di dapur," kata dia, Rabu (13/1).

Oleh karena itu, Sunarsih meminta pemerintah memberi solusi yang lebih baik jika nantinya kantong plastik akan dikenakan biaya tambahan.

"Memang baik tujuannya untuk mengurangi penggunaan plastik, tapi pemerintah juga harus kasih solusi yang lebih bijak lagi, kita kan kebutuhan banyak, repot ya bawa-bawa plastik dari rumah. Nanti saya pake daun saja deh," pungkasnya seraya bercanda.

Hal senada juga diungkapkan oleh ibu rumah tangga lainnya, Evi. Dia meminta harga kantong plastik tidak terlampau mahal.

"Repot bawa-bawa, sebenernya tujuannya bagus mas, tapi harga Rp 4.000 buat pengenaan kantong plastik menurut saya terlalu mahal. Kalau mau, pengenaan biaya plastik Rp 1.000 saja, itu tidak akan banyak yang protes menurut saya," kata dia.

Pandangan lain datang dari seorang mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Jakarta, Wardani Rosalina. Menurutnya, dia mendung upaya menekan penggunaan kantong plastik saat berbelanja.

"Bagus sih, limbah plastik kan lama diolahnya sama tanah dan butuh waktu puluhan sampai ratusan tahun, jadi dikuranginnya penggunaan plastik itu bagus," ujarnya.

Sebelumnya, mulai Februari mendatang, masyarakat tidak bisa lagi menggunakan kantong plastik secara gratis. Sebab, supermarket atu retail sejenisnya akan mengenakan tarif tambahan untuk penggunaan kantong plastik.

Ketua Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprino), Roy Mandey memastikan toko retail sudah siap memberlakukan kebijakan ini pada Februari mendatang. Hal ini guna mendukung program Kementerian Lingkungan Hidup.

"Ritel setuju untuk mebuat kantong plastik yang reused (bisa digunakan kembali). Supaya bisa dipakai berkali-kali. Kami mendukung untuk membuat kantong plastik yang ramah lingkungan. Sebagian sudah ada yang reused, tapi tidak banyak," ujar Roy di Jakarta.

Untuk tahap awal, toko retail nantinya akan menjual kantong plastik reused dan kantong plastik biasa. Harga kantong plastik hanya 30 persen dari kantong plastik reused atau bisa digunakan kembali.

"Tidak akan lebih dari Rp 5 ribu (kantong plastik biasa). Kantong (reused) yang dijual adalah yang ramah lingkungan dan kalau di luar itu USD 1," tutupnya.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.