• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Harus Tau, Etika Berkomentar Di Sosial Media

Angela

IndoForum Activist D
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
11.563
Nilai reaksi
3
Poin
0
Semangat Malam Gan Sis!!


emoticon-Hot News
emoticon-Hot News
emoticon-Hot News


Bagaimana kabar kalian? Semoga semua sering diberikan proteksi & kesehatan dari semua marabahaya​

Harus Tau, Etika Berkomentar Di Sosial Media


Untuk agan & sista, di era milenial ini kita berhadapan dengan perkembangan teknologi yg semakin canggih. Media sosial adalah salah satu produk teknologi yg sering kita pakai di setiap harinya untuk saat ini.


Harus Tau, Etika Berkomentar Di Sosial Media


Facebook, Instagram, Twitter & lainnya adalah beberapa contoh dari banyaknya aplikasi media sosial yg diketahui masyarakat umum. Agan-agan pastinya juga sering mengpakai media sosial yg saya sebutkan diatas bukan. Seperti yg kita tau di media sosial tersebut kita dapat saling berinteraksi tanpa batasan waktu & tempat.

Harus Tau, Etika Berkomentar Di Sosial Media


Sebelumnya ane menulis Thread ini karena ane sering melihat komentar para nitizen yg sangat mengganggu kadang ada yg sangat kasar juga gan, mungkin agan & sista juga sering menjumpai komentar-komentar yg seperti itu juga. Dengan itu ane akan menyebutukan beberapa etika dasar dalam berkomentar di sosial media.

Harus Tau, Etika Berkomentar Di Sosial Media


Memang kita sebagai warga Indonesia bebas berpendapat, tetapi kebebasan tersebut memiliki batas tertentu gan yg diatur dalam hukum yg berdasar pada Undang-Undang Republik Indonesia nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi & Transaksi Elektronik (UU ITE) yg pada pasar 27 ayat.3 UU ITEyang menyebutkan bahwa :​


Quote:
Setiap orang sengaja tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau menciptakan dapat diaksesnya Dokumen Elektronik yg memiliki muatan penghinakan dan/atau pencemaran nama baik.



Maka, agan & sista sebagai pengguna media sosial yg bijak kita harus mengetahui batasan tertentu & juga etika dalam berkomentar yg baik. Nah etika yg harus kita ketahui adalah sebagai berikut :

1. Membaca postingan atau melihat video secara utuh
Harus Tau, Etika Berkomentar Di Sosial Media


Agan sekalian sebagai pengguna sosmed yg bijak, wajib hukumnya mengetahui jelas permasalahan yg terjadi. Membaca berita/tulisan seseorang secara lengkap mulai atas hingga bawah sebelum agan & sista berkomentar. Biasanya ada orang orang yg cuman baca judulnya aja & langsung komentar dengan tidak mengetahui isi berita tersebut.
emoticon-Hammer (S)
emoticon-Hammer (S)


2. Mengpakai bahasa yg sopan
Harus Tau, Etika Berkomentar Di Sosial Media


Kalo ini sih bukan di sosmed aja di pembicaraan biasa pun kita harus mengpakai bahasa yg sopan. Jika agan atau sista berkomentar dengan mengpakai bahasa yg tidak sopan atau kasar tentunya akan dapat menimbulkan permasalahan baru. Ingat ya hindari bahasa kotor yg mengandung caci maki
emoticon-Blue Guy Peace
emoticon-Blue Guy Peace


3. Mengkritik dengan isi yg berbobot, bukan menjatuhkan
Harus Tau, Etika Berkomentar Di Sosial Media


Sebuah postingan tidak cuma membutuhkan banyak like gan. Apresiasi serta kritik juga sangat diperlukan untuk membangun konten supaya jadi lebih baik. Agan boleh mengkritik, tetapi mengkritiknya bukan berarti mencari kekurangan atau memojokkan, tetapi untuk memberikan koreksiyanng membangun dengan evaluasi yg berbobot.
emoticon-Add Friend (S)
emoticon-Add Friend (S)


4. Tidak meninggalkan spam
Harus Tau, Etika Berkomentar Di Sosial Media


jika ada yg belum tau, spam itu sampah yg melenceng dari topik atau komentar yg isinnya cuma satu huruf atau mengatakan yg dikirim berulang-ulang. yg kaya begitu namanya tidak menghargai si pembuat konten ya gan. apalagi kalau isinya bukan hal yg bermakna.
emoticon-Bata (S)
emoticon-Bata (S)


Beberapa Quote tentang cyberbullying​


Quote:
"Jika Anda menghina orang di Internet, Anda pasti buruk di dalam."

Cyber bullying adalah bullying. Bersembunyi di balik layar tidak mengurangi kebencian."

"Pengganggu cyber dapat bersembunyi di balik topeng anonimitas online & tidak perlu akses fisik langsung ke korban mereka untuk mengerjakan kerusakan yg tak terbayangkan."


Harus Tau, Etika Berkomentar Di Sosial Media

Melihat Indonesia sekarang ini banyak sekali masyarakat yg malas membaca oleh karena itu masyarakat Indonesia dengan begitu mudahnya terkecoh cuma dengan judul atau malah dapat dengan mudah dipengaruhi oleh oranglain. Mental masyarakat harus diubah mulai dari hal-hal kecil. Saya pribadi menyebutnya sih Indonesia Darurat Membaca. Seharusnya masyarakat kita dapat lebih bermutu dari yg sekarang ini melihat sebutan negara kita yaitu Macan Asia.

Semoga Thread saya ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca sekalian. Terima kasih untuk agan & sista yg sudah membaca.

emoticon-Toast
emoticon-Toast



Sumber pic from google.com

Sumber Artikeldan dikembangkan dengan bahasa para IFers yg terhormat
emoticon-Cendol (S)

Kemarin 22:45
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.