• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Gunung Api di Bawah Es Antartika Pernah Meletus

magnum

IndoForum Activist C
No. Urut
1320
Sejak
27 Mei 2006
Pesan
14.143
Nilai reaksi
417
Poin
83
Gunung Api di Bawah Es Antartika Pernah Meletus

PARIS, SENIN - Gunung berapi yang ditemukan di bawah lapisan es Antartika pernah meletus sangat dahsyat sekitar 2000 tahun yang lalu. Aktivitas vulkanik gunung tersebut mungkin masih berlangsung sehingga ikut mempercepat pelelahan lapisan es di kutub selatan saat ini.

Bukti-bukti terjadinya ledakan ditemukan dari hasil survei geofisika udara yang dilakukan para peneliti dari British Antartic Survei (BAS) tahun 2004-2005. Survei tersebut menggunakan radar yang memetakan seluruh wilayah Antartika dari permukaan hingga ke bawah lapisan es.

Hasil pengukuran menunjukkan daerah anomali yang berbeda dari sekelilingnya seluas 23.000 kilometer persegi. Para peneliti yakin daerah tersebut merupakan lapisan debu, batuan, dan kaca yang berasal dari semburan gunung berapi.

Volume material tersebut mencapai 0,31 kilometer kubik sehingga diperkirakan berasal dari ledakan gunung api dengan kekuatan antara tiga hingga empat skala VEI (Volcanic Explosive Index). Sebagai perbandingan, letusan Gunung St Helen tahun 1980 sekitar 5 VEI dan Gunung Pinatubo, Filipina tahun 1991 berkekuatan 6 VEI.

"Kami yakin ini letusan terbesar di Antartika sepanjang 10.000 tahun terakhir," kata Hugh Corr dari BAS. Peristiwa ledakan vulkanik yang tergolong sangat kuat (cataclysmic) itu mungkin melubangi lapisan es dalam jangkauan yang sangat luas dan memuntahkan abu hingga ketinggian 12 kilometer.

Gunung yang meletus terletak di Pegunungan Hudsons, berada dekat pulau es raksasa Pine yang saat ini mengalami pelelahan sangat cepat.

"Mungkin panas dari gunung yang menyebabkan percepatan pelelahan tersebut," ujar Profesor David Vaughan dari BAS. Namun, menurutnya, panas vulkanik saja tak cukup dan dampak pemanasan global merupakan penyebab utama pelelahan secepat itu.

Aktivitas seismik di wilayah kutub selatan secara umum sebenarnya stabil. Namun, di bagian barat benua Antartika para peneliti menemukan patahan di kerak Bumi yang sesekali memicu pelapasan panas dari aktivitas vulkanik dan panas geotermal yang terasa di tepian benua. Lelehan lapisan es di Antartika Barat berkontribusi menaikkan muka air laut hingga 0,22 milimeter setiap tahun.


Kompas
 
d bawa Antartika ad gunung ber api/? /omg
dolo gk k pikir an g
soal na kan d Antartika dingin
nice post brooo...
 
waduh keajaiban lagi deh d bawah yang dingin ada gunung berapi /no1
 
Panas ditimpuk dingin..

Tergantung volume sih,yang mana gede ya itu yg menang..

/heh
 
Yaa.. Ngeri juga ya.. Kalo kutub sampe meleleh gara2 itu..
 
klo meledak ya pasti tsunami kasian pulau pulau kecil tuh /swt
 
ilang deh dari peta dan harus buat peta baru dunk /heh /heh

masih aktif g nih gunung berapinya /hmm /hmm
 
nice post...
Mungkin perlu dibuktikan lagi tentang jenis debu dan material kaca dalam lapisan es tersebut sama dengan debu volkanik hasil letusan gunung yang berada di Pegunungan Hudsons tersebut secara mikroskopis.
Hal tersebut juga pernah dilakukan secara tidak sengaja oleh seorang geologist barat (saya lupa namanya, karena cuma liat di saluran TV discovery channel) yang menemukan suatu lapisan debu serta mineral glass di daerah kutup yang berbeda dari jenis debu vulkanik hasil letusan gunung manapun. Suatu hari dia menemukan jawabannya ketika meneliti suatu endapan tuff (endapan batu yang terbentuk dari debu volkanik) di sekitar danau toba yang dulunya merupakan gunung api. Waaahhhh hebat ya... tanah batak bisa melancong sampai kutup....

Pssttt... gunung krakatau merupakan gunung tertinggi didunia jika dihitung dari kaki gunung bukan dari permukaan laut.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.