• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Dua Jenis Logika

/hmm

saya berikan satu contoh mengenai logika sintetik :

Syekh Siti Jenar, pada awalnya adalah seorang dari anggota wali songo tapi kemudian dia di asingkan dari pergaulan para wali. mengapa?? karena dia berucap "Tuhan ada dalam diriku". lalu para wali menguburkannya hidup - hidup agar dia tidak mengajarkan ajarannya tersebut kepada masyarakat banyak. tapi tahukah anda?? Syekh siti jenar tidak pernah di benci oleh para wali, bahkan dia dianggap orang yang sangat dekat dengan tuhannnya (dalam hal ini Allah SWT). dan pidato Sunan Ampel (sebagai wali yang dianggap tertua) pada saat penguburannya adalah : "Sesungguhnya engkau berdosa di mata manusia, tetapi engkau adalah orang beriman di mata Allah".

kata-kata yang diucapkan oleh Syekh siti jenar termasuk logika sintetik, dimana hanya orang yang sangat² paham dengan akar persoalan suatu masalah yang dapat memahami kata² tersebut. sementara orang awam yang cara pikirnya masih sangat sederhana tidak dapat menangkap atau mencerna kata-kata tersebut dengan baik.

artinya, logika sintetik disini dimaksudkan sebagai "Logika yang hanya bisa diterima oleh orang² tertentu, sementara orang umum akan menganggap itu sebagai sebuah kegilaan". dengan kata lain "Dalam setiap pernyataan selalu ada kebenaran, tergantung dari mana seseorang melihat pernyataan tersebut".



Paham...dah mudeng...skrg..ya ya ya...Thanx bt deskripsix..
 
sudah tentu kalo logika sintetik ...berdasarkan dgn argument n fakta yg udah dikenal oleh masyarakat terlebih dahulu...bukan bgitu gan ??
 
"hitam bukanlah hitam, putih bukanlah putih"

adalah benar bahwa statement tersebut butuh pengetahuan khusus untuk memahaminya.

coba kita ingat2 kembali proses terbentuknya warna. bahwa ketika sinar matahari terdiri dari banyak warna sehingga terlihat putih. (teori cakram warna)
dan ketika suatu benda terkena sinar matahai, beberapa warna diserap dan lainnya dipantulkan. dan yang dipantulkan tersebut adalah warna kontradiksi dari warna benda itu sendiri, mirip foto negatif.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.