Doa Novena

effie

IndoForum Staff Personnel
Hai member Katholik di IF, .... pingin tahu lebih jelas apa beda doa biasa dan doa Novena ? Dan saat yang bagaimana kita harus doa Novena ini ?
thx sebelumnya :)
 

Erica

IndoForum Senior B
Doa Novena itu 9 kali cc... Kalo urusannya cukup berat bisa diulang sampai 3 x. Tapi patut diingat, doa kita belum tentu dikabulkan bila tidak selaras dengan keinginan Allah. Dalam novena itu ada perenungan dan pertobatan, yang jelas dengan novena kita minta didoakan dan juga disertai pertobatan tulus dan janji tidak akan mengulangi dosa2 kita tsb. Doa yang baik adalah doa yang TIDAK hanya berisi permintaan, tapi berisi pertobatan dan kepasrahan kepada kehendak Allah.

Memang dari kesaksian orang banyak doa novena itu seringkali dikabulkan, tetapi kalo kita menjadi berkesimpulan bahwa dengan doa novena PASTI dikabulkan adalah menjadi salah dan sesat. Yang jelas kita boleh meminta, tapi tetap saja kita mendahulukan kehendak Allah di atas kehendak kita. Seperti penggalan dalam doa Novena "Bila permintaanku selaras dengan kehendak Bapa...."

Jadi, kepatuhan kepada kehendak Allah selalu diatas keinginan pribadi.
 

LoVe_ChiKa

IndoForum Junior A
Sedikit Keterangan Apa itu Novena...

oleh: Romo William P. Saunders

novena adalah doa pribadi atau doa bersama selama sembilan hari berturut-turut yang dipanjatkan guna mendapatkan suatu rahmat khusus, memohon suatu karunia khusus atau menyampaikan suatu permohonan khusus. Novena berasal dari kata Latin “novem” yang artinya “sembilan”. Seperti tampak dalam definisi di atas, novena selalu menyiratkan adanya kepentingan yang mendesak.

Dalam liturgi Gereja, novena dibedakan dari oktaf, yang sifatnya lebih pada perayaan, entah sebelum atau sesudah suatu pesta penting. Misalnya, dalam penanggalan liturgi Gereja, kita merayakan Oktaf sebelum Natal, di mana pendarasan antifon “O” membantu kita mempersiapan diri menyambut kelahiran Juruselamat kita. Kita juga merayakan Oktaf Natal dan Paskah, yang meliputi hari pesta itu sendiri dan tujuh hari sesudahnya, guna menekankan sukacita misteri-misteri yang dirayakan.

Sulit ditentukan dengan tepat, asal mula novena sebagai bagian dari harta rohani Gereja. Perjanjian Lama tidak mencatat adanya perayaan selama sembilan hari di kalangan bangsa Yahudi. Sebaliknya, dalam Perjanjian Baru, pada peristiwa Kenaikan Tuhan Yesus, Tuhan memberikan Perutusan Agung kepada para rasul, dan kemudian menyuruh mereka untuk kembali ke Yerusalem dan menunggu datangnya Roh Kudus. Dalam Kisah Para Rasul dicatat, “Maka kembalilah rasul-rasul itu ke Yerusalem dari bukit yang disebut Bukit Zaitun, yang hanya seperjalanan Sabat jauhnya dari Yerusalem. Mereka semua bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama” (Kis 1:12, 14). Sembilan hari sesudahnya, Roh Kudus turun atas para rasul pada hari Pentakosta. Kemungkinan, “periode doa sembilan hari” yang dilakukan oleh para rasul inilah yang menjadi dasar dari doa novena.

Jauh sebelum kekristenan, bangsa Romawi kuno juga mempraktekkan doa selama sembilan hari demi berbagai macam kepentingan. Penulis Livy mencatat bagaimana doa sembilan hari itu dirayakan di Gunung Alban guna menolak bala atau murka para dewa seperti yang diramalkan oleh para tukang tenung. Begitu pula, doa sembilan hari dipersembahkan apabila suatu “hal baik” diramalkan akan terjadi. Keluarga-keluarga juga menyelenggarakan masa duka selama sembilan hari atas kematian orang yang dikasihi dengan suatu perayaan khusus sesudah pemakaman yang dilakukan pada hari kesembilan. Pula, bangsa Romawi merayakan parentalia novendialia, suatu novena tahunan (13-22 Februari) guna mengenangkan segenap anggota keluarga yang telah meninggal dunia. Karena novena telah merupakan bagian dari budaya Romawi, ada kemungkinan umat Kristiani “membaptis” praktek kafir ini.

Apapun yang mungkin merupakan asal mula novena, di kalangan umat Kristiani perdana memang sungguh ada masa berkabung selama sembilan hari atas meninggalnya seseorang yang dikasihi. Maka, pada akhirnya, dipersembahkanlah suatu Misa novena bagi kedamaian kekal jiwa. Hingga sekarang, terdapat praktek novendialia atau Novena Paus, yang dilaksanakan apabila Bapa Suci berpulang, seperti yang kita saksikan saat wafatnya Paus Yohanes Paulus II yang terkasih.

Pada Abad Pertengahan, terutama di Spanyol dan Perancis, doa novena biasa dipanjatkan sembilan hari menjelang Natal, melambangkan sembilan bulan yang dilewatkan Tuhan kita dalam rahim Santa Perawan Maria. Doa novena khusus ini membantu umat beriman mempersiapkan diri merayakan dengan khidmad kelahiran Tuhan kita. Lama-kelamaan berbagai macam novena disusun guna membantu umat beriman mempersiapkan diri menyambut suatu pesta istimewa atau guna memohon pertolongan seorang kudus dalam suatu masalah tertentu. Beberapa novena populer yang secara luas biasa didaraskan di Gereja kita adalah Novena Medali Wasiat, Novena Hati Kudus Yesus, Novena Roh Kudus, Novena St Yosef, Novena St Yudas Tadeus, dan lain sebagainya.

Cukup sulit mengatakan mengapa kita tidak mendaraskan novena dalam ibadat bersama sesering sebelum Konsili Vatikan II. Saya pernah menanyakan hal ini kepada seorang imam senior, yang pada intinya mengatakan bahwa cukup banyak orang yang ikut ambil bagian dalam doa novena, tetapi melewatkan Misa Kudus. Padahal, sebagai umat Katolik, fokus terutama dalam spiritualitas dan sembah sujud bersama adalah Ekaristi dan Misa Kudus.

Juga, sebagian orang saya pikir telah menyelewengkan novena dengan takhayul. Di setiap paroki di mana saya pernah ditugaskan, selalu saja saya menemukan salinan Novena St Yudas Tadeus yang pada dasarnya menyatakan bahwa jika orang pergi ke Gereja selama sembilan hari berturut-turut dan meninggalkan salinan Novena St Yudas Tadeus, maka doanya akan dikabulkan - semacam surat berantai rohani; bagaikan mesin Katolik otomatis saja: seperti orang memasukkan uang ke dalam mesin penjual, lalu menekan tombol untuk mendapatkan cola yang diinginkannya; dalam hal ini orang mendaraskan doa-doa, pergi ke gereja, meninggalkan salinan doa, dan beranggapan bahwa dengan demikian doanya pastilah dikabulkan. Yang menyedihkan sekarang ini adalah orang bukan, setidak-tidaknya menyalin dengan tangan, melainkan sekedar memfotokopinya, dan yang terlebih parah, biasanya sayalah yang harus membereskan lembaran-lembaran doa ini yang ditinggalkan dan tercecer di seluruh ruang Gereja.

Walau demikian, novena masih mendapat tempat yang sah dan benar dalam spiritualitas Katolik. Dalam buku Pedoman Indulgensi tertulis, “Indulgensi sebagian diberikan kepada umat beriman yang dengan tekun ikut ambil bagian dalam praktek saleh novena bersama yang diadakan sebelum perayaan Natal, atau Pentakosta, atau Hari Raya Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Dosa.” Di sini, sekali lagi Gereja menekankan bahwa novena merupakan suatu praktek rohani yang saleh, yang memperteguh iman individu dan hendaknyalah individu sungguh tekun, dengan selalu mengingat kebajikan Tuhan yang senantiasa menjawab semua doa-doa kita menurut kehendak ilahi-Nya.


*diterjemahkan oleh YESAYA: www.indocell.net/yesaya atas ijin The Arlington Catholic Herald.”
 

Kazumi_Asakura

IndoForum Junior D
Yap doa novena itu harus dilakukan 9 kali......
Dan lebih baik kalau dilakukan dengan banyak orang.. dalam group semisal ada 3-6 orang ... lebih konsentrasi dan menghayati soalnya kita bisa mendengar keinginan setiap anggota kepada Tuhan YME...
Kalo doa biasa bisa dikatakan adalah percakapan sehari2 kita dengan Tuhan... getchu ... :)
 

sliver_emas

IndoForum Newbie A
iya, Doa novena itu doa yang dipanjatkan kalo kita sedang ada suatu hal yang sangat ingin untuk dikabulkan oleh Tuhan.

dan dalam doa ini juga lebih panjang daripada doa doa biasa...tapi doa ini bukan langsung doa ke Tuhan Yesus, tapi melalui Bunda Maria supaya dapat mendoakan bersama - sama kepada Tuhan.
gitu lah kurang lebih CMIIMW
 

kesakesa

IndoForum Beginner B
Yupzz
Doa novena ntu lamanya 9 hari berturut-turut.
Selama ini yang gw dengar novena yang sering didoakan oleh orang n temen-temen itu Novena Tiga Salam Maria.....
N gw ud buktiin sendiri kok. Bagus juga kLo selama novena juga diselingi dengan puasa dan bertobat. Biar novenanya lebih klop...
Tapi semua doa itu baik kok. Yang penting niat kita. Iya kan???
GBU all
 

JWK

IndoForum Newbie A
Doa Novena adalah doa yang berjumlah 9, bisa sembilan hari bisa juga 9 jam, artinya berjumlah 9 bisa setiap hari atau tiap jam, biasanya klu kondisi sangat mendesak bisa dilakukan setiap 1 jam selama sembilan kali, dan begitu terus setiap hari.
Banyak doa novena, bisa rosario selama 9 hari/jam, tapi yang paling terkenal adalah doa novena 3 Salam Maria.
Saya pernah dinyatakan lumpuh oleh dokter dan berkat doa 3 Salam Maria saya sekarang bisa berjalan layaknya orang lain.
Saya pernah dinyatakan kanker lever dan umur saya tinggal 3 bulan, tapi keluarga mendoakan saya dengan Novena 3 Salam Maria setiap jam selama 9 hari beturut-turut, hingga saat ini saya masih hidup dan kanker yang di vonis dokter sama sekali gak terjadi, padahal saya sudah parah sekali.
Semoga pengalaman ini bisa mmemberikan gambaran betapa besar manfaat doa Novena, terutama Novena 3 Salam Maria, akan lebih baik jika selain Novena 3 Salam Maria, kita lanjutkan dengan rosario dan Litani Para Kudus.
Dan yang utama kita berpasrah kepada kerahiman Bunda Maria.
 

tumbur

IndoForum Newbie D
maaf baru ikutan sekarang.

:-/ bingung :-/ .... baru dapet pencerahan soal doa yaitu menyembahNya (doa) harus dalam roh dan kebenaran. klo ga salah doa novena kan hafalan seperti doa Bapa kami (maaf ya, aku bener2 ga ngerti doa novena) = doa yg dipimpin jiwa, bukan di pimpin roh. trus klo berdoa kan ga boleh panjang2 dan bertele-tele, maaf, seperti orang yang tidak mengenal Tuhan (dapat diartikan juga doa panjang & bertele-tele = doa yg dipimpin oleh jiwa). Dan lagi, doa yg dipimpin oleh roh dan kebenaran biasanya satu kali doa langsung terjawab, contohnya : doa untuk menyembuhkan orang sakit.

mohon pencerahan lebih lanjut :D
 

dewasa00

IndoForum Beginner D
kalo menurut gw sistemnya sama aja kayak doa2 lain

dallam hal ini kalo menurut gw,doa apapun juga bisa dikabulkan meskipun tanpa novena

emang c gw juga pernah doa novena dan dikabulkan meskipun jauh hari setelahnya

biasanya doa novena gw jam 12 malam,coz jam itu saat2 kita ngantuk bgt (BIASANYA)

yaaa kalo yg muslim mungkin tahajud namana,kita novena juga bisa disamakan lah kira2 ^^
kalo make scapatul(scapitula??scapatult??sca??)yaaa itu deee

nahh kalo doa make itu katanya c pasti dikabulkan,coz dolo maria doa make itu
 

Craquelure

IndoForum Beginner B
menurut gw doa novenna itu baru terkabul kalo berdoa dengan ketulusan hati .. artinya ngga setengah2x soalnya dalam jalanin doa novenna tuh banyak beban / kendala yg pasti dilewatin..
pengalaman gw sendiri, doa novenna itu bener2x ampuh,soalnya doa gw pernah terkabul :)

biasanya gw doa jam 12 malem selama 9 hari atau jam 5 pagi selama 9 hari .. :)

maaf kalau ada yg salah dalam kalimat gw ..
 

Harushame Yusuke

IndoForum Beginner B
gw blom perna nyoba doa novena nih,
haha yg sering gw lakukan cuma doa rosario.... /sob
soalnya sesuatu yg gw mau hanya gw ucapkan dengan doa biasa,

kalo ga dikabulin yah gw pasrah aja, emang blom saatnya gw mendapatkan,
kalo dikabulin Puji Tuhan ...... /heh
 

Lovelytze2

IndoForum Senior D
gw blom perna nyoba doa novena nih,
haha yg sering gw lakukan cuma doa rosario.... /sob
soalnya sesuatu yg gw mau hanya gw ucapkan dengan doa biasa,

kalo ga dikabulin yah gw pasrah aja, emang blom saatnya gw mendapatkan,
kalo dikabulin Puji Tuhan ...... /heh
ngga lah xi ^^
Tuhan sudah menyiapkan waktu yg terindah untuk kita koq xi ^^
Percaya aja sama Tuhan... ^^
 

4ndr1

IndoForum Newbie E
Seperti yang sudah dijelaskan dengan baik, novena memang berarti 9. jadi novena adalah doa yang didaraskan selama 9 hari berturut-turut..

yang terpenting adalah kesungguhan hati dalam melakukan nya.. biasa nya orang-orang dalam berdoa novena menentukan waktu tertentu setiap hari nya.. dengan ini, ada suatu pengorbanan waktu yang diberikan sebagai silih. contoh nya kita tetapkan jam 9 malam untuk berdoa novena selama 9 hari berturut-turut.. maka tiap jam 9 apapun yang sedang kita lakukan, kita harus hentikan sementara untuk berdoa... dan doa novena hanya dilakukan selama 9 hari.. kalo sudah selesai 9 hari kita harus berpasrah pada apapun hasil yang diterima... jangan karna merasa doanya tidak dikabulkan lagu terus-menerus berdoa seperti memaksa... atau kalo dalam 4hari doa kita sudah terkabul, kita harus tetap menyelesaikan novena selama 9 hari..

novena bukan hanya didoakan jika ada suatu permohonan pribadi atau kelompok.. dalam GK ada waktu-waktu khusus dimana umat diberi kesempatan untuk mempersiapkan hati melalui doa novena. contoh nya 9 hari sebelum natal, ada juga novena Roh Kudus yang didoakan selama 9 hari setelah Hari Raya Kenaikan Tuhan sampai malam Hari Raya Pentakosta.

tidak benar kalau doa novena sama saja seperti doa biasa tapi tidak benar juga kalo doa novena lebih hebat dari doa biasa. dengan doa novena umat diajak untuk lebih berkomitmen dan dengan kesungguhan hati berdoa kepada Tuhan. mungkin doa ini bisa disamakan dengan doa puasa dimana dengan menahan nafsu kita menjadikan itu sebagai silih bagi doa permohonan kita

Ada banyak macam doa novena yang bisa didoakan menurut kesenangan atau keperluan sang pendoa.

Beberapa novena populer yang secara luas biasa didaraskan di Gereja kita adalah Novena Medali Wasiat, Novena Hati Kudus Yesus, Novena Roh Kudus, Novena St Yosef, Novena St Yudas Tadeus, dan lain sebagainya.
mengenai teks doa novena bisa dilihat di buku PS atau dapat dicari di toko buku rohani...

tidak benar kalau doa novena sama saja seperti doa biasa tapi tidak benar juga kalo doa novena lebih hebat dari doa biasa. dengan doa novena umat diajak untuk lebih berkomitmen dan dengan kesungguhan hati berdoa kepada Tuhan. mungkin doa ini bisa disamakan dengan doa puasa dimana dengan menahan nafsu kita menjadikan itu sebagai silih bagi doa permohonan kita

==========================================================
tambahan:
satu hal yang menarik dari postingan chika adalah mengenai doa pada waktu Misa Kudus atau Ekaristi.

GK menetapkan bahwa selama Misa Kudus, umat dilarang untuk berdoa sendiri (novena, rosario) atau membaca alkitab sendiri. Hal ini dikarenakan, Misa Kudus adalah perayaan puncak Kaum Beriman. melalui Ekaristi, Kaum Beriman menyelenggarakan suatu pesta dan itu sifat nya bersama. Jadi semua orang yang mengikuti misa adalah satu kesatuan dan dilarang mengerjakan hal lain.

kan ga lucu romo nya mimpin ekaristi, tapi bapak satu doa, ibu satu lagi doa rosario, anak nya baca alkitab, anak satu lagi adorasi, dll)

salam damai,
 

ZhugeLiang

IndoForum Junior D
@All,
Mo nanya dong....
Doa Novena Medali Wasiat, Novena Hati Kudus Yesus, Novena Roh Kudus, Novena St Yosef, Novena St Yudas Tadeus, ma Doa Rosario bedanya di mana ya?
 

Lovelytze2

IndoForum Senior D
Novena itu sebuah devosi pada orang2 Suci....
kalo perbedaan gw ga taw sich... Yang bisa gw jelasin cuma Rosario sama
3 Salam Maria..

Kalo Rosario seperti berdoa biasa aja, hanya saja kita lebih "ke" Maria..
kalo Novena 3 Salam Maria untuk meminta sesuatu ataw pertolongan
yang sangat mendesak atau istilah lain: "GAK ADA HARAPAN ^^"

Kalo gw sich udah pernah ngalamin Mujizat dari Novena 3 Salam Maria..
Asal kita percaya dan beserah pada Tuhan :x
 

ZhugeLiang

IndoForum Junior D
@Lovelytze2,
Loh bukannya Doa Rosario itu sama dengan Doa Bapa Kami ?
Lalu Novena 3 Salam Maria itu beda lagi ya ma yang saya Novena Medali Wasiat, Novena Hati Kudus Yesus, Novena Roh Kudus, Novena St Yosef, Novena St Yudas Tadeus..?

Mohon pencerahannya...
 

PRINCEOFLIGHT

IndoForum Junior B
@Zhuge Liang doa rosario itu tidak xama ama doa Bapa kami..doa rosario adalah sebuah doa yang menggunakan rosario sebagai alat nya..doa itu bercerita tentang berita gembira,sedih yang didalam nya ada doa Salam Maria sebanyak 40 kali diulang sebanyak 5 kali sesuai dengan Peristiwa nya..
CMIIW
 

Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact us untuk memulai.
Top