• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

CDMA, Ponsel yang Lebih Sehat

Ajido-Marujido

IndoForum VIP: The Special One
No. Urut
10016
Sejak
31 Des 2006
Pesan
4.809
Nilai reaksi
144
Poin
63
cdmaruim.jpg

Apa maksudnya tuh, ponsel CDMA lebih sehat?

Eh, sebelumnya bolehlah kita tahu apa itu CDMA. CDMA singkatan dari Code Division Multiple Access. CDMA merupakan metode akses jamak dari ponsel ke base station. Gimana nih metodenya? Tiap pengguna dikasih kode unik yang pasti berbeda satu sama lain. CDMA punya timeslot sama, frekuensi sama, hanya yang membedakan satu sama lain adalah kode-kode tadi. CDMA pake bandwidth 1,25 MHz dan dikirim dengan bentuk pseudo noise (mirip-mirip sama noise) jadi ga akan mudah disadap. Berbeda dengan GSM yang sudah bisa dipecahkan kode algoritmanya oleh ilmuwan Israel.

Balik lagi nih ke topik. Mengapa saya bilang kalo ponsel CDMA itu lebih sehat daripada GSM? Ya, karena radiasinya tentunya. Pasti banyak yang mengira kalo ponsel CDMA radiasinya lebih gede dari GSM, mungkin karena CDMA cepat panas. Tapi sebenarnya radiasi ponsel CDMA lebih kecil daripada ponsel GSM. Ponsel CDMA punya radiasi 1dB sedangkan GSM bisa mencapai 2dB. Masih ada yang berpikir radiasi CDMA lebih gede? lanjut bacanya.

Lebih kecilnya radiasi CDMA ini sejalan dengan adanya power control pada teknologi CDMA. Sederhananya, daya yang digunakan oleh ponsel bisa diatur. Daya yang dikirim ke ponsel ketika aktif menggunakan layanan akan diperbesar sesuai kebutuhan. Sedangkan pada saat idle, daya yang dikirim lebih kecil. Hal ini yang juga menyebabkan radiasi CDMA lebih kecil dan bisa lebih irit baterai.

Tapi kenapa ya CDMA lebih cepat panas? Jawabnya karena infrastruktur CDMA di Indonesia yang masih sedikit. Makanya sinyal CDMA belum sebagus GSM. Karena sinyal yang belum bagus inilah ponsel selalu mencari-cari sinyal yang bagus, makanya baterai lebih cepat panas.

CDMA memang memiliki beberapa keunggulan atas GSM. Hanya saja belum berkembang di negara kita. Berbeda dengan luar negeri, Amerika misalnya. CDMA berkembang cukup baik dan cukup banyak peminatnya. Makanya operator CDMA sekelas Verizon dan Sprint bisa berkembang pesat.

sprintcellphone.jpg

Kalo di negara kita sendiri ya itu tergantung juga sama regulasi pertelekomunikasiannya. Kalo pemerintah sudah mengijinkan CDMA berkembang pasti ke depan akan berkembang. Hanya saja di Indonesia GSM sudah sangat populer dan banyak perusahaan yang berinvestasi untuk teknologi GSM.

Yah, semoga tambah majulah pertelekomunikasian Indonesia! :D
 
Jaaaaah........taw gitu nggak ninggalin CDMA :D :D

Tapi ya memang bener juga sih.... karena infrastruktur komunikasi Indonesia masih dikuasai GSM jadinya perkembangan CDMA di Indonesia g begitu bagus :(
 
tapi kok gw lebih 'mantab' pake GSM ya, padahal katanya teknologi CDMA lebih unggul dibanding GSM.. :-/
 
Semua teknologi pasti ada + and - termasuk CDMA dan GSM.
Semuanya kembali ke pilihan masing-masing. Dengan kelebihan dan kekurangannya itu.

Tapi menurutku CDMA di Indonesia sudah semakin baik.... malah perkembangannya menjadi salah satu yang tercepat di dunia untuk pengguna CDMA-nya.
Sejak ada operator CDMA, mulai dari Fren, Esia, Flexi, dan Starone.
 
menurut gue,Secara fisik antara handphone GSM dan CDMA tidak ada perbedaan yang mencolok bahkan kalau dilihat sekilas keduanya serupa. Yang membedakan adalah kartu yang dipakai atau operator sellular yang mengoperasikan kedua jenis jalur ini. Sebagai contoh operator yang bekerja di jalur keduanya yaitu operator CDMA antara lain :smart, flexi, esia, fren, starone, ceria, sedangkan operator GSM meliputi : simpati, as, XL bebas, XL jempol, mentari, im3, three ^^
 
iyah temen saya banyak yang pake ponsel gsm serem katanya radiasinya bisa memicu kangker :(
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.