• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

buat praktisi wing chun masuk sini aja

rakadewanta

IndoForum Newbie F
No. Urut
174384
Sejak
9 Jun 2012
Pesan
9
Nilai reaksi
0
Poin
1
sejarah

Saat itu pemerintahan Manchuria takut akan perkembangan kung fu di Kuil Shao Lin yang semakin lama semakin kuat. Pemerintah kemudian mengirim pasukan untuk menyerang kuil ini. Serangan demi serangan selalu mengalami kegagalan. akhirnya Kuil Shao Lin dibakar secara diam-diam. Pasca pembakaran Kuil Shaolin dalam pertempuran kedua antara para Pendeta Kuil Shaolin dengan ribuanTentara Qing bersenjata lengkap dan modern yang dibantu para Lhama Tibet dan Praktisi Pak Mei (White Eyebrow),Banyak penghuni Shao Lin yang mati terbakar. Tetapi masih ada lima pendeta shaolin yang berhasil lolos dari pembakaran tersebut, diantaranya Ji sin (Gee Sin), Ng mui, Bak mei, Fung dou dak, Miu hin, yang masing-masing dari kelima master itu mewakili lima gaya kung fu Shaolin.
Pendeta Wanita Ng Mui adalah satu-satunya master wanita dari Shao Lin. Ng Mui mengungsi ke Gunung Dalia di perbatasan propinsi Yunnan dan shichuan. Ia berkonsentrasi mendalami Zen Buddhisme, dan ilmu kung fu. Ng Mui, dan juga pendeta lainnya, tidak pernah melupakan pengalaman pahit pasca peristiwa dibakaranya dan pengkhianatan di Kuil Shao Lin. Ia juga khawatir akan pengejaran yang dilakukan oleh para pengkhianat dan pasukan pemerintah Manchuria.Ng mui sadar akan kemampuan bela diri mereka yang bisa saja dapat mengalahkannya sementara ia juga semakin tua dan kemampuan fisik yang sudah berkurang.
Suatu saat, Ng mui melihat pertarungan antara seekor bangau dan ular, setiap kali ular menyerang , bangau menghalau dengan sayapnya dan di waktu yang bersamaan bangau menyerang dengan paruhnya, pertarungan itu terjadi cukup lama hingga Ng mui mendapat inspirasi untuk mengembangkan tehnik itu menjadi gerakan yang dapat disesuaikan dengan manusia. Gerakan kung fu shaolin yang terlalu rumit dan banyak gerakan-gerakan yang memiliki pose menarik dengan nama yang indah namun tidak dapat dipraktekan dalam pertempuran sesungguhnya. Dalam shaolin, seorang murid harus belajar kuda-kuda selama satu hingga tiga tahun, namun dalam tehnik barunya ini Ng mui lebih menekankan penggunaan metode dalam mengalahkan musuh daripada dengan menggunakan kekuatan. Memang dalam metode ini perlu juga melatih kekuatan, tetapi dalam pertempuran yang sesungguhnya, yang terpenting adalah menerapkan metode yang tepat untuk masing-masing keadaan.
Yim Wingchun
Yim Wing adalah penduduk asli kwang tung, Ia tinggal berdua bersama ayahnya Yim yee setelah ibunya meninggal. Yim wing chun sudah dijodohkan dengan Leung bok chao, ia adalah seorang pedagang garam di daerah Fu Kien. Yim yee pernah mempelajari kungfu shaolin dan sering menggunakanya untuk menegakan keadilan. Yim yee dan anak perempuanya Yim wingchun pindah ke perbatasan antara propinsi Yunnan dan Sze Chuan dan menetap di kaki gunung Tai Leung, mereka membuka warung tahu dan menetap disana.
Ng mui yang tinggal tidak jauh dari desa ini sering membeli tahu milik Yim yee ini, yang lama kelamaan mereka menjadi saling menganal. Suatu hari Ng mui ingin membeli tahu milik Yim yee, Ng mui melihat ada seorang preman yang sedang beranjak pergi dari warung tahu Yim yee, sesampainya Ng mui diwarung tahu tersebut ia melihat Yim wing chun sedang menangis, Yim wing chun pun menceritakan bahwa tadi ada seorang preman lokal datang dan bersumpah ingin menikahi Yim wing chun suatu saat. Melihat keadaan itu Ng mui ingin langsung mengusir preman itu pergi, namun ia juga takut jika ia terlihat oleh Dinasti Qing. Akhirnya Ng mui mengambil keputusan bahwa ia akan mengajarkan ilmu beladiri yang telah ia ciptakan kepada Yim wing chun agar suatu saat ketika preman itu dating, Yim wingchun bisa membela diri dan mengusirnya. Selama Yim wingchun berlatih dengan Ng mui, Yim wingchun berlatih keras dan akhirnya Ia pun dapat menguasai ilmu yang diberikan oleh Ng mui.
Suatu saat, preman itu pun akhirnya muncul dan mengajak Yim wing chun untuk menikah dengannya, namun Yim wingchun mengajukan satu permintaan bahwa ia bersedia menikah jika ia mampu mengalahkan Yim wingchun dalam suatu pertarungan tetapi jika ia kalah, ia harus pergi dan tidak mengganggunya lagi. Dengan sombongnya preman itu menyetujuinya, ia yakin akan dengan mudah mengalahkannya. Ternyata preman itu kalah dan meninggalkan kota dengan babak belur yang ia dapat. Sementara itu, sebelum Ng mui kembali berkelana, yim wing chun bertanya padanya, apakah nama beladiri yang ia ajarkan, Ng mui pun memberi nama ilmu itu ‘Wing Chun’ untuk mempererat tali persaudaraan. Akhirnya Yim wing chun mengajari ilmu itu pada suaminya leung bok chao.
Wing chun adalah bentuk beladiri spesialis jarak dekat, menahan serangan dan menyerang dalam satu waktu disertai pukulan bertubi-tubi dan dalam keadaan yang tenang. Wing chun mencakup:kecepatan, kekuatan, ketepatan,keseimbangan, perasaan/gerak rasa.
Kecepatan : dalam wing chun kecepatan yang dimaksud bukan kecepatan buta, melainkan kecepatan yang mempunyai ketepatan
Kekuatan : kekuatan dalam wing chun bukan pada pangkal tangan, namun ditenga
Karakteristik
Kekuatan : Kekuatan Wing Chun bukan terletak di pangkal tangan, tapi di tengah dan di ujung tangan. istilah ini saya sering sebut Zhong men dan Xiao Men.
Kecepatan : Wing Chun mengandalkan kecepatan yang memiliki ketepatan atau akselerasi. bukan kecepatan buta.
jadi, bukan sekedar kecepatan saja. sebenarnya hal kecepatan tangan atau lebih bagusnya disebut kecepatan perpindahan tangan, hal ini lumrah. karena sewaktu ilmu ini diajarkan kepada Yim Wing Chun, yang notabene adalah kaum Hawa, jadi diandalkan kecepatan. namun setelah suami dari Yim Wing Chun mempelajari ini, mulailah ada diadakan perubahan latihan lebih ke arah kekuatan.
Keseimbangan : Keseimbangan ini dimaksudkan adalah keseimbangan saat perubahan gerakan. kita tau, seperti halnya Mi Zhong Yi, Wing Chun memiliki perubahan yang sangat cepat. jadi antara satu gerakan dengan gerakan yang lain harus seimbang untuk menjaga kesinambungan gerakan.
Akselerasi : adalah ketepatan sasaran WIng Chun dalam memblok serangan lawan. ketepatan adalah hal lain disamping cara blok yang harus benar.
Gerak rasa : hal penting yang dilupakan praktisi sebelum masuk ke Chi Sao.
tahapan belajar Wing Chun :
1. Siu Lim Tao : semua gerakan tangan Wing Chun ada disini.
2. Jim Kiu : Keseimbangan gerakan
3. Biu Chee : Kecepatan, keseimbangan, kekuatan
4. Mok Yan Jong : Kecepatan, Keseimbangan, Kekuatan, Akselerasi
5. Suang Hu Tie Duan Jian : Pedang Kupu-kupu
6. Cang Gun : Tongkat pendayung

berhubung saya juga belum lama belajar wing chun, mohon untuk para senior2 semua untuk membagi pengetahuannya tentang wing chun.. thanks gan :-bd :-bd
 

rakadewanta

IndoForum Newbie F
No. Urut
174384
Sejak
9 Jun 2012
Pesan
9
Nilai reaksi
0
Poin
1
gimana ya latihannya bruce lee biar bisa 'one inch punch' ???
 

rakadewanta

IndoForum Newbie F
No. Urut
174384
Sejak
9 Jun 2012
Pesan
9
Nilai reaksi
0
Poin
1
hehehe... iya gan, om yourguardian juga praktisi wing chun?
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.