• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Bore Up motor, kira-kira bahaya ngga???

khaerul_ikhsan

IndoForum Newbie F
No. Urut
9060
Sejak
30 Nov 2006
Pesan
14
Nilai reaksi
0
Poin
1
Kalo ada yang ingin dibahas tentang Bore up motor, silakan gabung.:D
 
saya kira perlu diperjelas bahaya yang gimana (terhadap ketahanan motor atau keselamatan pengendaranya. motor dirancang secara menyeluruh baik itu dari mesin sasis ban dan yang lainnya. kalo mau melakukan bore up saya kira tidak bisa terlalu ekstrim dan itu akan memerlukan penyesuaikan terhadap komponen yang lain. dan menurut saya mesin yang yang sudah di bore up ketahanannya akan berkurang. dan kalo anda mengiginkan mesin yang bertenaga besar, ya beli motor yang kapasitasnya besar sesuai keinginan anda. tapi kalo anda berambisi membuat motor anda lain dari yang lain dan lebih bertenaga dari motor sekelasnya, anda sah-sah aja melakukan berbagai modifikasi terhadap motor anda. dan saat ini cukup bayak bengkel yang bagus yang bisa diajak berkonsultasi mengenai hal ini.
 
Kalo di bore up kan volum silinder bertambah, jadi dinding mesin semakin menipis, nah itu kira2 gimana? apa suara jadi berisik? apa motor jadi lebih boros?
 
Bore up ntu, nambahin diameter silinder piston, jadinye piston lebih gede + nambahin cc motor, yang pasti nambahin ongkos bensin

'klo ga salah'
 
dingding silinder yang menipis akan semakin riskan terhadap keretakan atau pecah, jadi harus ekstra hati-hati ketika membubut dingding silinder. hampir semua mesin yang sudah dimodifikasi akan lebih berisik dari mesin standart, dan itu juga tergantung dari kerapian dan ketelitian yang melakukan modifikasi. dan jelas mesin akan lebih boros karena kapasitanya sudah lebih besar.
 
mending orisinil,biar harga jual bagus.aman lg.
 
Yang Jelas mesin u tambah panas bro... kalo udah gitu tambahin oil cooller. :>
 
dari pada BORE-UP , mending nambahin KLEP jadi 4
itu kira-kira sama kaya BORE-UP 150cc,malah lebih ^^
tp hati bensin harus Pertamax, kaloga bakalan ga enak di bawa,
dan yg pasti nambhin ongkos uang bensin ...
 
@atas
tuh malah teknik modif yg lebih riskan salah itung tukang modifnya bakalan ancur dah (termasuk ekstrim modifnya)

kayaknya gambaran umum buat modifikator jalanan kayak gini buat bore up

1. liat dolo tuh motor silinder nya isa di bore up kagak

2. klo mau bore up liat dolo cc standar dari tuh motor (lalu ukur dan itung berapa besar volume ruang bakar dan berapa besar pembesarannya biasanya pembesaran mulai dari 0,25 mm - 1mm) untuk mendapatkan rasio tenaga yg mau dicapai jangan sampai over klo over resikonya besar booo (mulai dari piston macet karena panas berlebih dalam ruang bakar ampe blok silindernya pecah)

3. itung rasio panas nya mesin ama rasio kompresi (tekanan dalam ruang bakar) ama kecepatan bahan bakar masuk, turbulensi udara, mixing udara dan bensin yg ideal

4. biasanya buat modifikator jalanan setelah di bore up tuh kepala mesin dipapas untuk meningkatkan kompresi maksimal (biasanya klo 2 tak 1mm - 2 mm isa klo 4 tak lebih kecil lagi nilainya) piston pada titi TMA (ini untuk menambah torsi mesin umumnya dan memperoleh setingan pembakaran ruang bakar yg ideal soalnya ruang bakar yg paling ideal bawaan standar pabrikan klo terlalu besar juga gak bagus malah bahaya)

bore up biasanya adalah teknik menaikan volume ruang bakar sehingga bahan bakar dan udara buat pembakaran dalam mesin dapat lebih banyak diperoleh dengan perbandingan rasio kompresi yg tinggi yg menghasilkan energi yg lebih besar (torsi mesin) dan putaran mesin yg lebih tinggi (RPM)
 
wach bang gungbaster ternyata jebolan dari otomotif juga yaa....
sampe ngerti TMA segala.....
gak semua orang bengkel ngerti itu loch ...
 
wah ngeri bro kalo sampe bore up, ntar malah jebol dah mesinnya:)
 
kalo korekan untuk harian & blp liar untuk motor karisma bisa gak ya?n sampe berapa cc & butuh biaya brapa
:-??
 
@^
nih type orang gag konsisten...
yang namanya buat harian jgn di bore up lah... kalo buat harian saya saranin ganti ajah tuh knalpot sama CDI... biar limiternya lepas... jgn lupa naikin juga spuyer sama pilot nya...
ganti busi yang iridium...

kalo buat bore up kharisma terlalu bahaya kalo bore up diatas 150cc...
 
orisinil lebih ok

mnr q boreup ce bleh2 j,tp klo q pribdi dg prtmbngn fungsi dan pemakaian,yg orsnl j.gk tw klo mw di buat balap yg prlu tnaga xtra...wuuzz!ngcir bro
 
@^

bener tuh.. kalo buat motor jadi enak dipake mending pake orisinil.../no1
 
Kalo buat BALI sih sah2 aja motor di Bore up. tapi kalo buat harian sih .... bisa2 akhir bulan malah naek angkot karna ga kuat beli bensin =))
 
kalo buat motor bebek, sayang kalo bore up motor hanya untuk dipakai harian ja.
rata2 sepeda motor bebek yang ada di indonesia ini mesin berpendingin udara.
udara yang ada disekitar mesin berputar melalui pori2 yg ada di cylinder.
jadi, apabila di bore up, otomatis udara yg berputar untuk mendinginkan mesin akan berkurang fungsinya dan mesin akan cepat panas dan bisa mengakibatkan motor 'jim panas'
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.