• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Bingung Membedakan Reduse, Reuse, & Recycle? Berikut Penjelasannya!

Angela

IndoForum Addict A
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
41.623
Nilai reaksi
23
Poin
0


Bingung Membedakan Reduse, Reuse, & Recycle? Berikut Penjelasannya!


Hai, Gansist! Selamat beraktifitas pagi, siang, & malam.

Wah, ketemu dengan thread aku, ya! Kali ini saya akan membahas tentang green lifestyle, hidup yg ramah lingkungan.

Memang hidup ini harus ramah dengan siapa pun, supaya hidup berasa nyaman. Ramah bukan cuma kepada sesama manusia tetapi juga dengan lingkungan.

Karena kalau Gansist berbuat baik kepada alam, alam pun akan memberikan kebaikan kepada kita. Tidak ada bencana, banjir, tanah longsor, puting beliung, dll.

Bagaimana caranya berbuat baik dengan alam? Caranya adalah dengan melestarikan alam di lingkungan sekitar kita. Misalnya, dengan tidak membuang sampah sembarangan, meminimalisir adanya sampah, dll.

Bingung Membedakan Reduse, Reuse, & Recycle? Berikut Penjelasannya!

ini

Adapun cara yg mungkin barangkali Gansist dengar & liat di slogan-slogan yg didengungkan oleh pensayang lingkungan hidup baik instansi pemerintah atau instansi swasta. Reduse, reuse, & recycle.

Bukan istilah asing lagi bila mendengar ketiga istilah tersebut. Reduse, reuse, & recycle seperti tiga saudara yg tidak dapat terpisahkan.

Apakah arti reduse, reuse, & recycle? Mungkin Gansist ada yg bingung dalam mengartikannya? Lha, daripada bingung lebih baik simak thread dari saya ini yg berjudul, "Bingung Arti Reduse, Reuse, & Recycle? Berikut Penjelasannya!"

1. Reduce

Bingung Membedakan Reduse, Reuse, & Recycle? Berikut Penjelasannya!


Apakah arti reduse? Reduse di sini diartikan sebagai perbuatan atau tindakan yg dilakukan untuk tidak menciptakan, melahirkan adanya sampah baru.

Contohnya sebagai berikut, bila Gansist belanja ke supermarket usahakan untuk membawa tas belanjaan dari rumah, hal ini dilakukan untuk mengurangi sampah kantong plastik.

Atau, dapat juga membawa botol minum saat bepergian, olah raga, dll di samping irit tidak beli air minum botolan juga tidak melahirkan sampah botol kemasan.

2. Reuse

Bingung Membedakan Reduse, Reuse, & Recycle? Berikut Penjelasannya!
ini

Reuse, memakai, mengpakai, memanfaatkan kembali atas kemasan pada barang yg sudah terpakai, karena kemasan cuma sekali pakai. Kemasan dapat diartikan sebagai wadah dapat berupa botol, kaleng roti, plastik snack, dll.

Adapun contoh yg nyata adalah kaleng roti, plastik kemasan minyak dijadikan pot untuk tanaman. Botol minuman dijadikan wadah bensin/pertalite, dll.

3. Recycle.

Bingung Membedakan Reduse, Reuse, & Recycle? Berikut Penjelasannya!
ini

Recycle, mendaur ulang. Artinya menciptakan produk baru dari bahan sampah sehingga dapat bermanfaat kembali.

Masih bingung artinya? Contoh daripada recycle yakni menciptakan tas belanjaan dari bekas kemasan kopi atau snack.

Nah, itu tadi disparitas makna dari reduse, reuse, & recycle. Mudah-mudahan sekarang sudah tidak bingung lagi membedakan ketiga hal tersebut.

Aku yakin masih banyak Gansist yg sering bingung membedakan meskipun sering membaca & mendengar ketiga istilah tersebut. Jujur saya masih ketukar-tukar definisi & maksud dari 3 R itu. Menurut saya wajar bila masih rancu membedakannya karena memang sangat tipis perbedaannya.

Sekian dari aku, hingga ketemu pada thread saya selanjutnya. Terima kasih atas atensinya. Jolali, rate, cendol, & komentarnya.

Referensi: 1
Gambar: google images​
Hari ini 12:01
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.