• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Biaya Hidup untuk Mahasiswa di Perancis

yan raditya

IndoForum Addict E
No. Urut
163658
Sejak
31 Jan 2012
Pesan
24.461
Nilai reaksi
72
Poin
48
[HR][/HR]
Jika berniat untuk meneruskan pendidikan di luar negeri, maka beasiswa selalu menjadi incaran dari mahasiswa asing khususnya Indonesia. Padahal di Eropa, banyak negara yang menawarkan pendidikan murah dan berkualitas. Salah satunya adalah Perancis.

Perwakilan dari CampusFrance, Anton Hilman, mengatakan bahwa hampir 70 persen mahasiswa Indonesia yang berangkat sekolah ke Perancis berbekal biaya sendiri. Pasalnya, pemerintah Perancis memberikan kemudahan untuk biaya pendidikan bagi semua siswa baik siswa asal Perancis maupun siswa asing.

"Pemerintah Perancis sangat fokus menangani masalah pendidikan sehingga tidak perlu khawatir untuk masalah biaya," kata Anton kepada Kompas.com, Kamis (8/11/2012).

Dia mengungkapkan bahwa tiap mahasiswa berhak mendapat tunjangan pendidikan sebesar 10.000 euro yang digunakan untuk membayar biaya perkuliahan selama setahun. Beban yang harus dibayarkan mahasiswa hanya uang pendaftaran yang kisarannya sekitar 200-300 euro per tahun.

Sementara untuk biaya hidup di Perancis, Anton mengatakan tidak dapat memberikan gambaran estimasi secara pasti karena semua itu tergantung pada gaya hidup siswa tersebut. Namun perlu dicatat bahwa biaya hidup di Paris dengan kota-kota lain di Perancis berbeda.

"Tidak bisa diestimasikan untuk biayanya. Itu dikembalikan pada gaya hidup si anak. Tapi normalnya untuk di kota selain Paris, biaya hidupnya sekitar 700 euro per bulan. Untuk Paris, biaya hidup bisa mencapai 1.000 euro per bulan," jelas Anton.

Dia mengingatkan bahwa masalah biaya hidup ini dapat ditekan dengan mengajukan bantuan kepada Pemerintah Perancis yang dapat dilakukan melalui CampusFrance. Bantuan tersebut umumnya berupa bantuan perumahan dan bantuan makan.

"Jadi nanti pengajuannya lewat online akan kami bantu. Untuk tempat tinggal, harga murah juga bisa didapat di apartemen pribadi tanpa harus ke asrama kampus. Untuk makan, bagi mahasiswa biasanya hanya seharga 3 euro di restoran universitas," jelas Anton.

Tidak hanya itu, selama memiliki kartu mahasiswa maka anak tersebut biasanya berhak atas berbagai potongan harga baik dari segi transportasi hingga hiburan seperti berkunjung ke museum atau menonton di bioskop dan pertunjukan seni. Bahkan untuk mahasiswa juga mendapat kemudahan bekerja paruh waktu.

"Selama ada kartu mahasiswa, mau jalan-jalan ke negara Eropa atau jalan-jalan naik TGV biasanya akan dapat diskon," tandasnya.

Nah jika tertarik untuk melanjutkan studi di negara yang bersemboyan Liberte, Egalite dan Fraternite ini dengan biaya sendiri, jangan ragu untuk berkonsultasi langsung ke CampusFrance yang berada di kantor IFI di Jalan Salemba, Jakarta. Ini penting dilakukan agar selama menempuh studi tidak ada masalah yang terjadi.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.