• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Bhagawadita??

imhereyahum

IndoForum Beginner C
No. Urut
44294
Sejak
23 Mei 2008
Pesan
827
Nilai reaksi
7
Poin
18
Saya prnh pergi kewihara Budha Ci Kung dipesisir tanjung kait, Banten. disana saya membaca syair2 Bhagawadita. Kemudian saya baru tahu bahwa ternyata Bhagawadita adalah salah satu kitab weda dlm agama Hindu. Syair tsb ditempel diwihara itu..

Scr pribadi saya menilai syair2 yg terkandung didlmnya sangat halus dan dalam sekali.berkualitas tinggi..

sbnrnya siapakah yg prtama menulis kitab Bhagawadita?dan tahun brapa syair itu ditulis?

bagi saudara Hindu sekalian, mungkin ada diantara kalian yg mau menuliskan beberapa syair yg ada didalamnya ditread ini..
saya ingin mempelajarinya sedikit-sedikit.

trims atas tanggapannya.;)
 
Saya prnh pergi kewihara Budha Ci Kung dipesisir tanjung kait, Banten. disana saya membaca syair2 Bhagawadita. Kemudian saya baru tahu bahwa ternyata Bhagawadita adalah salah satu kitab weda dlm agama Hindu. Syair tsb ditempel diwihara itu..

Scr pribadi saya menilai syair2 yg terkandung didlmnya sangat halus dan dalam sekali.berkualitas tinggi..

sbnrnya siapakah yg prtama menulis kitab Bhagawadita?dan tahun brapa syair itu ditulis?

bagi saudara Hindu sekalian, mungkin ada diantara kalian yg mau menuliskan beberapa syair yg ada didalamnya ditread ini..
saya ingin mempelajarinya sedikit-sedikit.

trims atas tanggapannya.;)

Ntaran dulu ya bro...
gw susunin kata2nya supaya mudah diikuti dan dipahami..
gw punya Bhagawad Gita di rumah...
 
Bhagawad Gita (Nyanyian Dewata), adl salah satu suplemen kitab Weda. Ia sering dinamakan sbg Weda kelima (Pancama Weda).
Tidak jelas mengapa dinamakan demikian, jika dilihat dari aspek kodifikasi kitab suci Hindu yg disebut Weda, secara tradisional disebut Catur Weda.

Penelitian mendalam dan meluas telah membuktikan bahwa sebagaimana halnya disebut-sebut di dlm Purana bahwa usaha kodifikasi Catur Weda sbg jasa terbesar Bhagawan Abyasa (Wyasa), tampaknya penggubahan Bhagawad Gita pun merupakan karya besar Bhagawan Wyasa pula.

Kekayaan dan ketajaman pemikiran Wyasa yg merupakan rahmat Tuhan telah mampu mengungkapkan seluruh ajaran Weda secara thematik dan didaktik metodologis sehingga buah karyanya tidak hanya menyedapkan untuk dibaca dan dipelajari oleh anak-anak, tetapi juga terbuka kpd seluruh lapisan masyarakat yg beraneka profesi dan latar belakang kemampuan berpikir mereka.

Bhagawad Gita adl bagian dari Bhisma Parwa (Mahabharata terdiri dari 18 Parwa) sbg puncak dialog antara Khrisna sbg titisan Dewa Wisnu dgn Arjuna. Penampilan dialog antara Guru dgn Sisia sebagaimana yg kita jumpai dalam Bhagawad Gita menunjukkan bahwa metode yg ditempuh adl sejalan dgn sistem mistik atau disebut Raja Yoga.

Sarjana barat dan para arkeolog berpendapat yg mendasarkan pemahaman mereka atas dasar pendekatan dgn ajaran Sankhya dan Yoga berkesimpulan bahwa Bhagawad Gita mulai ditulis sekitar abad 3 sebelum Masehi.
Walaupun demikian tampaknya tidak semua penulis sependapat karena kalau dilihat dari aspek analogi dgn Upanisad, dimana Upanisad yg tertua adalah Swetaswatara maka R.Garbe, tokoh orientalis berkesimpulan bahwa setidak-tidaknya sebelum abad 1 Masehi.
Berbeda dgn pemikiran barat, tradisional India yg dipelopori oleh BG. Tilak berkesimpulan bahwa Bhagawad Gita ditulis 3,5 abad SM.

Dikutip dari : Buku "Bhagawad Gita (Pancama Weda) -Terjemahan-Penjelasan-Kosakata" yg ditulis oleh G. Pudja MA. SH. dgn Penerbit Maya Sari - Jakarta - 1984.

To Be Continued......
 
Bhagawadgita sebagai nyanyian Dewata, adalah salah satu supplement kita Weda.

Sering dinamakan sebagai Weda kelima (Pamcama Weda).

Tidak jelas mengapa demikian ?

Seperti sering disebutkan bro @JakaLoko, karena dilihat dari aspek kodifikasi kitab suci agama Hindu yang disebut Weda, secara tradisional disebut catur Weda.
Kalau mencoba memahami sejarah pertumbuhan Weda, pada pokoknya dikenal Weda Trayi, yaitu terdiri atas Rg Weda – Sama Weda dan Yayur Weda.

Bila yang dimasud Atharwa Weda yang memuat berbagai mantra magis merupakan penambahan kemudian saja setelah jaman Smrti, maka Bhagawadgita sebagai Pancama Weda adalah masuk akal dan sebagai pertanda dari sifat berkembangnya ajaran agama Hindu.

Secara structural isi Bhagawadgita lebih terarah dan merupakan pengumpulan dari Weda-Weda sebelumnya. (Seperti halnya Weda Sirah yang ada di Bali / pokok-pokok Weda yang sangat populer bagi penganut Siwa Sidhanta di Bali yaitu Wrhaspati Tattwa)

Ini merupakan suatu langkah perkembangan sejarah berpikir dari agama Hindu.

Bhagawadgita adalah sebagai Pancama Weda yang bersifat suplemen. Penggunaan istilah Upanisad pada beberapa bab di dalam Bhagawadgita menunjukkan bahwa Bhagawadgita adalah sebuah Upanisad dan Upanisad itu sendiri adalah Weda tergolong Sruti.

Dengan petunjuk itu tidaklah keliru penyimpulan Bhagawadgita adalah Weda ke 5.

Bhagawadgita adalah ajaran Yoga. Ilmu Yoga bertujuan untuk menguak tabir Rahasia Ketuhanan sehingga dengan demikian dengan mudahlah umatnya melaksanakan jalan lintas menuju kekekalan Brahman atau Nirwana Brahman atau Moksan. Ini pula menyebabkan Bhagawadgita dikenal sebagai kitab Gita Rahasia.

Masa Penulisannya
Tidak bayak kita ketahui kapan Bhagawadgita mulai titulis. Namun sebagai kesimpulan untuk pegangan setidak-tidaknya titulis sekitar abad permulaan sebelum masehi, karena nama-nama kerajaan yang terlibat dalam perang besar Mahabharata adalah nama-nama Negara yang pada abad XII SM adalah paralel. Walaupun yang diceritakan kemungkinan jauh sebelum abad kejadian itu ( 3500 SM, sepanjang yang dimaksud adalah dugaan kejadian histories dan bukan Bhagawadgita).
 
Bhagawadgita adalah ajaran Yoga. Ilmu Yoga bertujuan untuk menguak tabir Rahasia Ketuhanan sehingga dengan demikian dengan mudahlah umatnya melaksanakan jalan lintas menuju kekekalan Brahman atau Nirwana Brahman atau Moksan. Ini pula menyebabkan Bhagawadgita dikenal sebagai kitab Gita Rahasia
mohon kiranya diperjelas saya belum mampu memahami nya mungkinkah bila membaca Bhagawadgita kita sudah beryoga?
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.