• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Belajar Sambil Mendengarkan Musik

Constantine

IndoForum Senior A
No. Urut
64676
Sejak
19 Feb 2009
Pesan
6.946
Nilai reaksi
320
Poin
83
3812304681_876a027156.jpg

Tidak sedikit orang yang suka belajar sambil mendengarkan musik (misalnya melalui radio, televisi, atau piranti pemutar lagu). Mungkin Anda salah satunya. Pertanyaannya: hasilnya efektif atau tidak?

Menurut sebuah penelitian baru, yang telah termuat dalam jurnal Applied Cognitive Psychology, ritme lagu ternyata bisa memengaruhi kemampuan seseorang mengingat sesuatu. Dalam penelitian itu, para ilmuwan meminta beberapa partisipan untuk mengingat delapan huruf konsonan sesuai dengan urutan yang telah diatur.

Nah, para partisipan dikelompokkan di lima ruangan berbeda. Pada ruangan pertama, tidak ada musik yang dimainkan. Sementara di ruangan kedua, diperdengarkan musik kesukaan mereka. Di ruangan ketiga, dimainkan musik yang tidak disukai. Sementara pada ruangan keempat, diputarkan bunyi-bunyian dengan ritme yang berubah-ubah. Lalu di ruangan terakhir atau ruangan kelima, para peneliti memperdengarkan aneka bunyi dengan ritme yang tetap.

Ternyata kemampuan terendah dalam menyusun kembali huruf-huruf ditunjukkan oleh partisipan yang mendengarkan musik, baik musik itu mereka sukai atau tidak. Hasil yang sama rendahnya ditunjukkan mereka yang berada di ruangan dengan ritme berubah-ubah. Sebaliknya, hasil yang lebih baik muncul dari mereka yang mencoba mengingat-ingat urutan huruf di ruangan tenang dan di ruangan dengan bebunyian beritme tetap.

"Latar belakang musik dapat memengaruhi kemampuan otak untuk melakukan tugas-tugas yang berkaitan dengan memori, yang pada akhirnya juga akan mempengaruhi konsentrasi," papar Nick Perham, peneliti dan dosen di School of Psychology, University of Wales Institute di Cardiff.

"Tahukah Anda, untuk mengingat data juga diperlukan kemampuan untuk mempertahankan kontrol informasi dalam jangka pendek, yaitu melalui pengulangan memori. Tetapi hal tersebut tidak akan terjadi ketika lingkungan belajar atau tempat untuk mengingat mengalami variasi akustik atau perubahan bunyi, seperti dengan latar belakang musik. Inilah yang menyebabkan hasil buruk pada para partisipan kami, yang ada di ruangan dua, tiga, dan empat."

Perham menganjurkan,jika Anda mengerjakan sesuatu yang memerlukan daya ingat, seperti menghafal, lakukanlah dalam lingkungan yang tenang.

Penulis : Tim AndrieWongso
 
huaahh...

kadang aqu...ga konsen kalu belajar ada suara berisik.../wah

pas lagi istirahat break bentar deh baru dengerin musik...abis itu blajar lagi.../ok
 
gw kalo belajar ngapalin musti suasananya tenang bgt..gag bole ada berisik sedikitpun..soalnya susah dapet konsentrasinya lagi /wah
kalo belajar itungan enaknya sambil dengerin musik
 
Saya kalau belajar itu paling males yang namanya hapal menghapal. :p
Coz saya lebih prefer memahami bacaan ketimbang menghapal bacaan. :)
Nah, untuk bisa memahami bacaan-bacaan tersebut.. saya biasanya harus memposisikan diri ditempat yang tenang dan sunyi, kecuali kalau memang ada lagu2 yang bisa nambahin semangat dan motivasi belajar.. barulah saya belajar sambil mendengarkan musik. :)

Btw, good info! /no1
 
Saya kalau belajar itu paling males yang namanya hapal menghapal. :p
Coz saya lebih prefer memahami bacaan ketimbang menghapal bacaan. :)
Nah, untuk bisa memahami bacaan-bacaan tersebut.. saya biasanya harus memposisikan diri ditempat yang tenang dan sunyi, kecuali kalau memang ada lagu2 yang bisa nambahin semangat dan motivasi belajar.. barulah saya belajar sambil mendengarkan musik. :)

Btw, good info! /no1

setuju.,,, cara belajarnya sama dong kayak saya

tapi aku sih lebih seneng belajar di tempat yng rame n banyak orang,, aneh kan :P
 
kalo mau make musik caranya gini, sebelum belajar dengerin musik dulu
kalo udah fokus, baru deh belajar
 
gak konsen kalo sambil denger musik
 
Nice info :-bd
Aku juga malas menghafal, seperti dulu ketika mendapat pelajaran disuruh menghafal.
Tapi aku sering juga belajar sambil mendengarkan musik, Lebih bisa santai dan tanpa tekanan justru lebih mudah memahami yang aku baca atau pelajari tadi :)

Keep posting ya :-bd
 
kalo gw belajar sendiri mending suasana tenang kalo ada musik jadi ngga konsen tapi kalo belajar bareng ok lah ada musik nya.
 
tapi kalo belajar gada musiknya suka ngantuk .../zz
 
Persis yang seperti aku alami :). Musik boleh kita dengarkan tapi kita tetap konsisten ke hal yang dipelajari tadi :)
Sekali-kali diputar tapi nanti dimatiin lagi :)
 
kalau kita pastinya butuh ketenangan untuk belajar gan, dan kagak mungkin bisa kalau belajar mendengarkan musik..
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.