• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Begini tips merawat kucing untuk pemula

yan raditya

IndoForum Addict E
No. Urut
163658
Sejak
31 Jan 2012
Pesan
24.461
Nilai reaksi
72
Poin
48
Kucing merupakan hewan peliharaan paling banyak dipelihara oleh masyarakat di dunia. Tingkah lucu dan menggemaskan kucing menjadi alasan sebagian besar orang untuk memeliharanya.

Namun bagi orang yang baru pertama kali memiliki kucing, akan bingung bagaimana cara merawat binatang peliharaan tersebut. Ketua Indonesian Cat Association (ICA ) Bandung Untung Iswanto, memberikan sejumlah tips merawat kucing terutama untuk pemula.

Pertama, Kandang. Kandang menjadi aspek pertama yang harus diperhatikan oleh para pemilik kucing. Saat ini banyak aneka bentuk dan jenis kandang. Pemilik kucing tinggal memilih kandang yang disesuaikan dengan ukuran kucing.

"Yang penting kandang harus membuat kucing terasa aman, nyaman dan bersih," kata Iswanto.

Kedua, Makanan. Untuk anak kucing memang membutuhkan nutrisi lebih banyak. Jenis makanan sendiri kini dapat dengan mudah dijumpai di petshop (toko kebutuhan hewan). Makanan dari yang paling murah hingga premium kini tersedia di sana. Pemilik kucing disarankan untuk tidak memberikan makanan mentah, sebab makanan mentah rentan dengan kuman atau bakteri yang dapat membuat kucing sakit.

Untuk makanan dapat diberikan 2 sampai 3 kali sehari. Namun prinsipnya setelah makanan habis, pemilik harus segera mengisinya kembali. Layaknya manusia, kucing juga tidak boleh telat makan.

Ketiga, Kebersihan. Kebersihan kucing menjadi aspek penting yang harus selalu dijaga. Pemilik kucing dapat memandikannya secara teratur. Tak perlu sering, yang penting kebersihan kucing selalu terjaga.

Pemilik kucing, Iswanto melanjutkan, juga harus rajin membersihkan bagian tubuh kucing yang rentan dengan kuman seperti kuku dan bagian lainnya. "Pemilik kucing juga harus menyediakan toilet khusus kucing," ujarnya.

Keempat, Vaksinasi. Untuk menghindari penyakit, vaksinasi menjadi salah satu hal yang harus dilakukan oleh pemilik kucing. Pemilik kucing dapat mendatangi dokter hewan untuk melakukan vaksin kucing milik mereka. Jangan sampai menunggu kucing sakit baru dibawa ke dokter hewan.

Kelima, jangan memelihara kucing terlalu banyak karena bisa kerepotan. Ini yang selalu ditekankan kepada para pemilik kucing pemula. Untuk permulaan cukup satu kucing dulu. Jika sudah merasa mampu untuk merawat, baru bisa menambah jumlah kucing.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.