• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Batu yang Bisa Berjalan

LoVe_ChiKa

IndoForum Junior A
No. Urut
8777
Sejak
17 Nov 2006
Pesan
3.571
Nilai reaksi
379
Poin
83
Dalam ilmu pengetahuan yang selama ini kita pelajari, batu digolongkan sebagai benda yang tidak memiliki tanda kehidupan (benda anorganik), karena batu tidak bisa bergerak, tidak dapat beranak cucu turun-temurun. Namun di lembah mati Amerika Serikat, pada sebuah jalan yang terbentuk dari danau yang telah kering, banyak sekali dijumpai batu-batu yang bisa bergerak sendiri.
Batu-batu yang bisa bergerak tersebut besar kecilnya tidak sama, arah perjalanannya pun berbeda, ada yang lurus, ada yang menikung, bahkan ada yang bisa berputar. Anehnya lagi, semua jalan yang telah dilalui oleh batu-batu tersebut meninggalkan jejak di setiap jalurnya yang bisa kita lihat dengan jelas.

Oleh karena batu-batu yang bisa bergerak ini merupakan batu yang berbentuk agak besar, maka bisa membuat orang menerka bahwa mungkin saja batu ini meluncur karena gravitasi bumi. Namun, jawabannya tersebut tidaklah tepat karena permukaan bumi tempat ini datar, dan lagi pula ada beberapa yang semula sangat berdekatan setelah beberapa waktu saling berpisah. Juga ada orang yang mengamati secara terus-menerus selama beberapa hari dan melihat pengalihan atau gerakan batu ini tidaklah saling menabrak.

Pada tahun 1976, setelah Profesor Ilmu Geologi Institut Ilmu Pasti dan Alam, California, USA mengamati jejak pergerakan batu, kemudian memilih 30 bentuk batu yang besar kecilnya berbeda, mendapatkan bahwa selain masih terdapat 2 batu yang tetap berada pada posisinya,sisa yang lainnya telah berpindah dari posisinya semula. Pertanyaannya, kenapa batu bisa bergerak dengan sendirinya? Boleh dikatakan hingga kini, dalam bidang ilmu pengetahuan hal itu masih tetap merupakan sebuah misteri yang belum terpecahkan.

Sebetulnya, batu yang bisa berjalan bukan hanya terdapat di lembah mati saja. Pada awal abad ke-7, di sebuah danau sebelah timur laut bekas negara Uni Soviet, ada orang yang melihat sebuah batu biru raksasa yang bisa menggerakkan posisinya sendiri. Diameter batu itu sekitar 1,5 meter dan beratnya mencapai beberapa ton. Pada awalnya, orang-orang pernah memindahkan dan memsukkannya ke dalam sebuah lubang yang besar di sekitar area tersebut. Namun, beberapa puluh tahun kemudian, batu raksasa ini bergerak hingga ke atas pinggiran lubang besar itu. Dan pada tahun 1785 di musim dingin, tanpa disengaja penduduk setempat menggerakkannya di atas permukaan es sehingga menyebabkan batu itu tenggelam ke dasar danau. Anehnya, pada tahun 1840, batu raksasa ini sudah bersandar di pinggir danau itu. Belum lama ini, ia bergerak lagi menuju ke bagian selatan beberapa kilometer.

Batu berasal dari bumi, sejak dahulu kala hingga sekarang setiap bangsa menganggap bumi sebagai induk dari segala benda. Jika beberapa batu yang bisa bergerak ini merupakan duta yang diutus oleh induk bumi, untuk memberitahu kepada kita bahwa batu merupakan benda hidup dan memiliki inteligen, maka bukankah kita harus lebih menyayangi bumi?

(Sumber: Da Ji Yuan, Edisi 40)

17_02_01.jpg
 
baru kmrn ada thread batu yang tumbuh rambut sekarang malah ada batu yang bisa berjalan /no1 nice thread /no1
 
proses pergerakan batu itu sendiri lama bgt ya /?
apa ngga mungkin karena pergeseran yg terjadi karena perputaran bumi ...
tapi kalo perputaran bumi bisa menggeserkan batu,
lalu kalo menggeserkan gedung 50lantai gimana ya /? /omg mengerikan
tempatnya aneh tuh, atau ada hal2 lain yg nga bisa dijelasin scr rasional
mungkin makhluk2 gaib yg iseng2 geser2 batu2 nya, mungkin /...
 
huhh..
bngung jg
msa batu bsa brjlan seh
 
batu yg kecil aja kita heran2 kenapa dia bisa bergerak n bergeser
lalu kalo bintang n planet yg bisa muter2 koq ngga heran ya, padahal nga ada pijakannya /gg /e4
 
ngapa ya koq bs gt/?
mgk ke lewat byk ke rusakan alam
ampe" alam mulai mem b***h manusia
sekarang kan byk fenomena alam yg ane" tu
 
hmm kemungkinan juga apa karena terkena gaya gravitasi ya /hmm /hmm
 
Itu mah bukan batunya yg bergerak kk, tp permukaan tanahnya yg bergerak

khan bumi kita sellalu bergerak akibat tektonik lempeng gitu

ada pengangkatan, penurunan dan pergeseran yg sangat kecil hampir tidak bs

kita rasakan:D
 
^

kalo gitu batunya jg ikutan tanah donk (gak bergerak)

dan misalkan klo bner bgtiu pasti ilmuan jg udah tau:D

bisa aja krn gravitasi dibantu sedikit pergeseran lempeng:P
 
wakawkwkakwakawk :)) itu tandanya batu punya kaki....

batu belah, batu bertangkup ... tangkuplah aku /heh /heh
 
gak ada yg bisa nambahin ???, kali ada yg punya source lain, yg bilang kenapa batu itu bergerak ?
 
[-X ga aneh...kan dekat masjid Al-Aqsa ada batu yang terapung..Menurut legenda bekas pijakan Nabi Muhammad SAW...waktu Isra' Miraj... /heh
 
klo gempa sih yang paling masuk akal soal na klo keseringan gempa kan apapun dapat terjadi contohna kek tsunami kemaren masa kapal yang segitu gede isa ampe daratan klo batu isa gerak karena gempa gw rasa seh masuk akal tapi klo pergerakan na ampe beberapa kilo kek na ngak isa deh kan gempa ngak slalu terjadi
jadi kenapa batu itu isa gerak/?[\B]
 
ada-ada aja... ditempatku ada tuh batu bergerak dari sungai ke rumah.. tapi bawanya pake truk...

trid yg bagus... lanjutkan
 
batu apaan tuh
yang bisa jalan kayak gitu
emang batu nya punya kaki yah aga....?? hehehehhe
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.