• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Asal Mula Hari Valentine

yan raditya

IndoForum Addict E
No. Urut
163658
Sejak
31 Jan 2012
Pesan
24.461
Nilai reaksi
72
Poin
48
VS4zF.jpg

Jutaan orang bertukar kartu cinta, kado spesial, hingga pesan cinta sebagai simbol perayaan Valentine yang jatuh setiap 14 Februari. Mereka memaknai Valentine sebagai hari kasih sayang.

Tapi, tahukah Anda darimana Hari Valentine berasal?
Hari yang dirayakan sebagai simbol kasih sayang ini bermula dari Festival Lupercalia yang berlangsung di jaman kerajaan Romawi, sekitar abad ke-3. Festival yang berlangsung setiap 13-18 Februari ini diawali dengan persembahan untuk dewi cinta Juno Februata.
Tepat pada 14 Februari, para pemuda akan mengundi nama-nama gadis dari dalam kotak kaca. Gadis yang terpilih akan menjadi pasangannya selama setahun untuk kesenangan dan objek hiburan.

Sehari kemudian, mereka akan meminta perlindungan dewa Lupercalia dari gangguan makhluk jahat. Saat itu, para pemuda akan melecut para gadis dengan kulit binatang. Mereka percaya lecutan itu akan meningkatkan kesuburan para gadis.
Festival iti tak jarang membuat banyak pasangan saling jatuh cinta, berpacaran, dan akhirnya menikah. Dalam perkembangannya, penguasa dan para tokoh agama setempat mengadopsi upacara ini dengan nuansa Kristiani seiring masuknya Kristen Katolik sebagai agama kerajaan.

Saat Romawi terlibat peperangan, efek festival itu membuat Kaisar Claudius II, yang berkuasa saat itu, kesulitan merekrut pemuda untuk memperkuat pasukan perangnya. Banyak pemuda yang berat meninggalkan keluarga dan kekasihnya.

Atas kondisi itu, Claudius II akhirnya memerintahkan untuk membatalkan semua pernikahan dan pertunangan di Romawi. Kebijakan ini rupanya mendapat pertentangan dari salah satu pastor setempat bernama Valentine.
Konon, Claudius II pun murka melihat Valentine diam-diam tetap menikahkan pasangan yang jatuh cinta. Sang kaisar segera memerintahkan pengawal kerajaan untuk menangkap Valentine dan memenggalnya. Valentine meninggal tepat 14 Februari tahun 270 Masehi.
Demi mengenang perjuangan Santo Valentine, tokoh agama mengganti nama festival Lupercalia dengan festival Valentine. Dalam perkembangannya, 14 Februari menjadi momentum sakral bagi para pria untuk memilih gadis yang hendak dijadikan pasangan hidupnya.

Meski tak diketahui apakah legenda ini benar atau tidak, tapi ini adalah penjelasan yang tepat versi Kristen atas yang terjadi pada Lupercalia.

Di kehidupan modern, Valentine diabadikan sebagai hari kasih sayang. Di Amerika Serikat, kartu Valentine pertama yang diproduksi secara massal oleh Esther A Howland pada 1847. Di Jepang, Valentine dianggap sebagai hari saat para wanita memberi permen cokelat untuk pria yang mereka senangi.
Sementara di Indonesia, budaya semacam itu juga mulai menjamur terutama di kalangan anak muda. Banyak pusat perbelanjaan dan kafe yang menghias tempat mereka dengan warna pink. Cokelat dan kartu-kartu Valentine bertuliskan kata-kata cinta juga kian diminati, terutama di kota-kota besar.
Tapi tak berarti hari-hari di luar tanggal 14 Februari bukan hari yang penuh dengan kasih sayang. Toh kasih sayang selalu ada kapan saja, tak hanya di hari Valentine semata.
 
oohhhh kaya gitu ya
asal mula nya

ane baru tau gannnnn .
 
valentine itu berasal dari nama seorang pastor ya ... >:D<
 
asal mula dimulainya tradisi VALENTINE'S DAY dan mengapa kita merayakannya

asal mula dimulainya tradisi VALENTINE'S DAY dan mengapa kita merayakannya.( masuk ,baru bisa jelasin ke pacar ente) biar ente dibilang SMART and, lancar deh usaha pdktnya. hehe

14 Ferbruari, warga dunia merayakan hari yang di sebut sebagai hari kasih sayang atau valentine day, warna merah muda mendominasi toko toko yang menjual coklat, pernak pernik lainnya.


entah sejak kapan perayaan yang indah ini di mulai. salah satu kisah yang terkenal adalah perayaan hari kasih sayang yang di bumbui kisah "esek-esek".
happy_valentine__s_day_everyone__by_google123-d4pop0f.png


pesta yang mengandung unsur porno itu diangkat dari perayaan lupercalia dalam tradisi romawi setiap tanggal 14 FEBRUARI.
bangsa Romawi merayakannya dalam rangka menghormati dewa kesuburan Februata Juno.
lupercalia diawali dengan undian memperebutkan seorang wanita cantik. orang yang mendapatkan undian akan hidup bersama sabg wanita selama 1 tahun. jadi, perayaan kasih sayang menurut tradisi romawi kuno bukanlah pelampiasan seks sesaat.

sementara tradisi itu berjalan terus,tampillah VALENTINE, seorang biarawan Katolik. Valentine dihukum mati oleh kasisar Claudius II karena menentang peraturan yang melarang pemuda Romawi menjalin cinta menjelang keberangkatannya ke medan perang.
sang kaisar beranggapan ikatan kasih dan batin dengan keluarga dan orang orang yang dicintai hanya akan melemahkan daya tempur pemuda romawi.
oleh karena itu, kaisar melarang kaum pria romawi menjalim hubungan cinta,bertunangan ataupun menikah.

valentine tergerak melakukan sesuatu.secara diam diam, pasangan muda mudi yang saling jatuh cinta dikumpulkan. pasangan pasangan itu mendapatkan renungan dari Valentine.Bahkan, Valentine memberikan mereka sakramen pernikahan.

aksi ini diketahui oleh kaisar.Valentine dipenjara dan dijatuhi hukuman mati.Selain menentang aturan kaisar,dia juga menolak mengakui dewa dewi romawi.
selama valentine dipenjara,terjadilah keajaiban melalui perantaranya. Kebutaan yang dialami anak sipir penjara, SEMBUH.

sepeninggal valentine,Paus Gelasius I menetapkan Tanggal 14 februari sebagai hari peringatan St Valentine pada tahun 496.

melalui peringatan St Valentine ini,gereja membaptis dan memberi makna baru atas perayaan Romawi kuno itu. Mulai saat itulah, perayaan 14 Februari berubah makna, dari upacara seksual menjadi perayaan hari kasih sayang tahunan.


sumber: koran kompas
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.