• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

[artikel+tips] Anjingku Bau!

cks2809

IndoForum Junior D
No. Urut
7702
Sejak
9 Okt 2006
Pesan
2.030
Nilai reaksi
104
Poin
63
Setiap mahluk hidup pasti memiliki bau yang khas. Begitu pula dengan anjing atau orang yang sehat, sedikitnya mereka mempunyai bau badan. Namun apabila bau yang ditimbulkan begitu menyengat, pastilah ada beberapa sebab di luar masalah bau badan normal. Masalah inilah yang harus dicari dan diatasi sehingga bau tersebut bisa lenyap.
Pertama-tama, kita harus mengamati adakah faktor luar penyebab bau pada anjing. Apakah anjing anda menginjak bangkai tikus, kotoran hewan, dsb. Bau yang menempel kadang tak hilang dalam sekali cuci, apalagi bila anjing tersebut sering mengulangi tindakan yang menyebabkan dirinya ditempeli penyebab bau tadi. Bila ini penyebabnya, masalah bisa di atasi dengan memakai shampoo anjing dengan berbagai aroma wangi yang enak. Kalau perlu keramasi anjing anda dua kali berturut-turut.

Bila shampoo tak berguna dan anda yakin anjing anda tidak menginjak atau bermain dengan sesuatu yang menyebabkan ia menjadi bau, maka kemungkinan besar penyebab bau berasal dari si anjing sendiri.

Berikut, beberapa kemungkinan lain penyebab bau pada anjing anda:

1.) Penyakit Ginjal atau Diabetes.
Anjing yang mengidap penyakit ginjal atau diabetes, kadang nafasnya menjadi berbau.

2.) Kesehatan gigi dan gusi bermasalah.
Anjing yang mengalami masalah kesehatan dengan gigi dan gusinya, bisa menyebabkan bau mulut (halitosis). Mulut yang bau tentunya akan menyebabkan air liur yang bau pula. Air liurnya yang menetes mengenai bulu anjing atau tempat tidurnya akan membuat bau yang berasal dari mulut si anjing tersebar merata ke seluruh badan.

3.) Infeksi di telinga.
Bakteri penyebab infeksi di telinga mampu menimbulkan bau busuk yang sangat menusuk hidung. Biasanya anjing yang bermasalah pada telinganya akan sering menggaruk-garuk bagian belakang telinganya karena rasa gatal dari dalam telinga. Air yang masuk ke rongga telinga saat mandi merupakan salah satu penyebab infeksi ini.

4.) Kentut.
Benar, anjing juga bisa buang gas karena perutnya kembung atau ada masalah dengan pencernaannya. Bila terlalu sering buang gas, maka perlu diperiksa apakah ada penyakit serius dengan pencernaannya tersebut.

5.) Kelenjar bau.
Di kanan-kiri anus anjing terdapat sepasang kelenjar bau. Apabila anjing mengedan sewaktu buang air besar, maka kelenjar ini akan tertekan dan mengeluarkan sedikit minyak berbau bersamaan dengan kotorannya. Akan tetapi, di saat anjing tersebut merasa cemas, takut, atau bahkan terlalu gembira, maka kedua kelenjar itu juga mampu mengeluarkan minyak baunya yang akan menempel di sekitar pantat anjing. Kelenjar ini tidak berbahaya sampai harus dioperasi kecuali bila terinfeksi dan sudah parah hingga harus dibuang.

Sebaiknya bila anjing anda masih berbau menyengat dan anda tak juga mampu menemukan penyebabnya, segera bawa ke dokter hewan untuk pemeriksaan yang lebih menyeluruh. Pencegahan suatu penyakit akan lebih baik & murah daripada proses pengobatan penyakit yang terlanjur parah.

=cks2809

by:
Emmil Thomas
http://www.dog-need-love.com
 
Pengen punya anjing... perlu belajar banyak neh...
 
kenapa takut anjing itu teman manusia paling setia loh
aq selama punya anjing gak pernah digigit tapi dijilat sering lol...
kamu mungkin takut karena gak kenal itu doang
 
Anjingku bau, ndak mau la dijilat abisnya gak pernah sikat gigi baunya minta ampun :D
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.