• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

[artikel] Kecoa Madagascar

cks2809

IndoForum Junior D
No. Urut
7702
Sejak
9 Okt 2006
Pesan
2.030
Nilai reaksi
104
Poin
63
Kecoa Madagascar (Gromphadorhina portentosa)

7447roach1.jpg

2436roach2.jpg

1011roach3.jpg


Kecoa Madagascar adalah kecoa berukuran besar, tidak bersayap, dan dapat digunakan sebagai pakan untuk beberapa hewan peliharaan seperti reptil, tarantula, dan lain sebagainya. mereka memiliki exoskeleton yang keras untuk perlindungan, dan mereka dapat mengeluarkan suara bising yg cukup keras untuk mengusir predator. Rata2 kecoa madagascar dapat hidup 2 sampai 3 tahun. Kecoa Madagaskar sudah menjadi pet yang cukup digemari di belahan dunia ini, karena selain menarik, perawatannyapun sangat mudah.

Daerah asal
Madagascar (sebelah timur Afrika). Kecoa madagascar hidup di daratan hutan madagascar, dan makan tumbuh-tumbuhan apapun yang jatuh ke tanah. Mereka secara tidak langsung membantu penyuburan hutan lewat kotoran yang mereka keluarkan.

Ukuran dan sexing
Untuk jantan, rata-rata mencapai 6Cm, sedangkan betina lebih kecil. Pada jantan, ditemukan "tanduk" kecil di dekat kepala, dan antenanya memiliki rambut-rambut kecil.

Temperatur dan kelembaban
Rata-rata mereka dapat hidup pada temperatur apapun, dimungkinkan karena perbedaan temperatur yang drastis di hutan Madagaskar. Temperatur yang sangat tepat untuk mereka pada musim kawin adalah 85 derajat Fahrenheit.

Handling
Tidak seperti kecoa-kecoa yang kita temui pada umumnya, mereka tidak berlarian bila dipegang di telapak tangan kita. Selama tidak merasa terancam, mereka tidak akan berusaha untuk kabur dari tangan kita. Simpan kecoa Madagaskar pada telapak tangan terbuka, atau jepit mereka pada kedua sisi tubuhnya dengan menggunakan jari. Tapi jangan terlalu keras, karena akan mengakibatkan kecoa tersebut merasa bahwa anda adalah predator yang siap memangsanya.

Desain terarium
Kecoa Madagaskar bisa hidup di berbagai macam substrat, terrarium yang diisi oleh gravel atau pasir adalah yang terbaik, karena perbedaan kontras warna akan mengakibatkan semakin menariknya terrarium anda. Anda bisa mendesain terarium semirip mungkin dengan lantai hutan. Simpan potongan kayu atau batu sebagai tempat Kecoa Madagaskar bersembunyi. Ingat untuk menggunakan penutup berupa ram kawat pada bagian atas terarium, karena ingat, meskipun mereka tidak dapat terbang, tetapi mereka dapat merayap.

Makan dan minum
Sediakan air dalam mangkuk, simpan spons atau batu dalam mangkuk tersebut, dengan tujuan agar kecoa tidak tenggelam didalamnya. Spons atau batu tersebut berfungsi sebagai batu pijakan agar kecoa bisa keluar. Untuk makanan, anda bisa memberikan cat food atau dog food. Kecoa (tidak terkecuali kecoa madagaskar) sudah beradaptasi untuk dapat makan makanan apapun. makanan yang disarankan selain itu adalah wortel dan selada.

Comment Are Welcome...
 
wew kecoa dipiara jg yah /hmm
/swt mo miara kecoa aja repot /e4

tuh kecoa dirumah gw hidup ga usa di rawat :P

btw mang manfaatnya apa klo miara kecoa madagaskar? ada untung nya atau manfaat nya gt? atau cuma sekedar hobi?

sorry gw awam ni ma pet yg menjijikan gini ;))
 
:(( :(( :(( :((
myttttttttthhhhhhhhhhh kau membuat ku tertarik melihat threadnya cks.... gitu ga bilang2 klo ada gambar kecoaknya !!!!!!

kan aku gilo dan jijik abis ngeliat kecoakkkkkkkk....

ni lagi ada2 aja yah, kok kecoak dipelihara /sob /sob /sob
 
hahaha... =))

yg namanya hobi tuh emang aneh2... ini mau nunjukin aja, kalo variassi satwa untuk dipiara itu macem2, dan salah satunya ya ini.. hehehe...

hayo... yang gak kuat liat kecoa, jangan pingsan liat gambarnya.... =))
 
Yaiks Gedenya....
Di Indonesia ada yg jual ga ya /heh
Keknya unik jg miara kek ginian
btw om cks
itu kecoa sama kek kecoa yg dipake buat bikin film??
Kan pernah ada tuch film ttg kecoa2 yg bisa ngomong,nari,nyanyi dll (lupa judulna)
 
btw om cks
itu kecoa sama kek kecoa yg dipake buat bikin film??
Kan pernah ada tuch film ttg kecoa2 yg bisa ngomong,nari,nyanyi dll (lupa judulna)

wogh, jelas beda... itu khan kecoa biasa, yg kita sering temuin di rumah2...
gw pernah nonton tuh wkt gw SD... tpi lupa judulnya juga... yg pasti beda lah... hehehe..
 
gile ud ky kecoanya fear factor ><
kecoa gitu apa g susah tuh? khan klo bertelur bs puluhan >< lbh parah dr hamster
 
emang ini kan kecoa kesayangn Fear Factor hahaha....favoritnya Joe Rogan utk seksa peserta2 FF hehehe
 
ada2 aja nih.... kecoa dipelihara ;)) yang modelnya beginian lagi... bisa muntah tuh klo lagi makan liat yg beginian ;))
 
agak mengerikan yah pelihara ginian /... /...
kecoa dirumah aja udah diburu tuh ;))
 
ya yang model gini nih yg dimakan di fear-factor.
kalo dipelihara apa bisa dijual buat makanan ya nantinya :D
 
huehheheh
tul tuh..
kcoa fear factor tuh...
mao plihara ah...
mana tau bisa jadi supplier buat fear factor?!
huehehehehe
 
:(( :(( :(( :((
myttttttttthhhhhhhhhhh kau membuat ku tertarik melihat threadnya cks.... gitu ga bilang2 klo ada gambar kecoaknya !!!!!!

kan aku gilo dan jijik abis ngeliat kecoakkkkkkkk....

ni lagi ada2 aja yah, kok kecoak dipelihara /sob /sob /sob

cep2 cayang jgn nangsi donk sini bram peluk :x :x :x
 
info lagi, denger2, kecoa ini buat makanan juga di afrika, suku2 sana. katanya berkhasiat gitu deh... gatau dimakan cara apa. yang pasti agak mejijikan juga sih kalo kita orang2 kota makan gituan. hehehe..
 
ihhhhhhhhhhhhhh serem bgt deh kecoak na... Kayak yang sring liat di fear factor lo wkwkwkwk....
 
serius mau beli emngnya? hahaha
gw seh kurang tau yah dimana belinya, tpi klo mau pesen pun, pasti import punya, repot transportnya. lagian, masa import binatang: kecoa... /swt

/heh
 
^
^
Mayan kalo banyak importnya. Kalo 1 doang gmn tu??
Ntu kecoa dikandang??
Bs idup diair ga??
Kalo kecoa biasakan bs berenangkan, ini bs??
 
@Cks
yg ptg keren lah...hehehe...yg ini kan ngak jorok...
 
@Heaven Guardian:
wah, gw blm pernah tau deh klo urusan impor binatang ini, apalagi cuma 1 ekor.
iyap, bisa dikandangin, bisa di akurium yg biasa buat repotil juga, tpi lebih bagus di kandang gitu deh, biar sirkulasi udaranya bagus. setau gw ini bukan hewan yg doyan air, cuma air sbg tempat minum2 aja kali ya, jangan ampe dicemplungin. heheh...
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.