• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

[artikel] Gigi Anjing

cks2809

IndoForum Junior D
No. Urut
7702
Sejak
9 Okt 2006
Pesan
2.030
Nilai reaksi
104
Poin
63
GIGI ANJING


Pergantian Gigi Puppy dan Gigi Dewasa

Tidak dapat disangkal bahwa semua anjing lahir tanpa gigi.
Gigi pertama mulai bermunculan tumbuh pada saat puppy berumur 2-3minggu. Selanjutnya akan tumbuh gigi belakang atau geraham. Gigi geraham terakhir tumbuh pada umur 8 minggu. Trah anjing besar pertumbuhan giginya lebih cepat dari pada trah jenis kecil atau toy group.
Pada umumnya puppy mempunyai 28 Gigi bayi atau gigi sementara, diantaranya adalah gigi depan, taring dan geraham. Puppy tidak mempunyai gigi geraham yg paling belakang.
Gigi puppy ini adalah sementara dan hanya bertahan sekitar 7 bulan. Dimulai pd umur 3 bulan gigi depan akan mulai berguguran dan digantikan oleh gigi dewasa. Gigi taring, geraham dan geraham paling belakang dimulai pada umur 4 bulan sampai 7 bulan. Yang mana pada saat berumur 7-8 bulan puppy seharusnya gigi dewasa telah lengkap. Dimana juga dengan pergantian gigi kita juga bisa menerka umur sang puppy, jika kita tidak mengetahui umurnya.
Gigi Dewasa berjumlah 42. Gigi bawah berjumlah 22 dan gigi atas berjumlah 20. Gigi depan atas ada 6, 2 taring, 8 geraham. Bagian bawah ada 6 geraham belakang, tapi hanya 4 bagian atas, dari jumlah yg berbeda ini kita bisa menentukan usia si anjing saat dewasa.


Bagaimana cara gigi anjing dapat menunjukkan usia Anjing?


Pada anjing dewasa, usia dapat diketahui dari mengecek gigi gigi depan si anjing. Cara ini cukup jitu sampai saat anjing berumur 6 tahun, tapi tetap saja masih ada perbedaan dari setiap masing masing anjing.
Diujung gigi depan dinamakan puncak atau daun gigi ( Cusps )
Jumlah kerusakan daun gigi adalah yg paling penting untuk mengetahui faktor umur anjing. Gigi atas dan bawah berjumlah sama, kerusakan susunan gigi menunjukkan usia anjing, tetapi masing masing anjing tetap saja mempunyai variasi kerusakkan yg tidak sama. Setelah berumur 7 thn keatas sudah mulai sulit untuk menebak usia anjing.


Mempertahankan gigi puppy

Biasanya gigi puppy mulai goyang dan menekan kedalam kembali begitu gigi dewasa akan menggantikan tempat gigi puppy, ketika ini terjadi akan terlihat 2 gigi berdampingan.

Trah kecil biasanya jika terjadi kasus seperti ini, gigi puppy akan bertahan sampai gigi dewasa sepenuhnya sudah keluar.
Gigi dewasa akhirnya akan terdorong keluar dari jalur, maka akan menghasilkan susunan set gigit yang buruk.

Perawatan : Puppy berumur 3-4 bulan harus lebih sering diperiksa giginya, untuk melihat apakah gigi dewasa akan tumbuh dengan normal. Kapanpun setelah itu gigi puppy akan mengganggu pertumbuhan gigi dewasa, harus segera dicabut, jika sudah dilakukan pada umur 4-5 makan gigi dewasa akan tumbuh pada jalur yg seharusnya dan susunan gigit akan tumbuh dengan baik.


Jumlah gigi yang tidak normal

Jumlah gigi dewasa yg biasanya 42, tergantung trah jenis apa, anjing Bulldog atau jenis yg mulutnya dan bermuka pendek atau pesek, biasanya tidak mempunyai gigi geraham yg paling belakang. Beberapa anjing mungkin bermutasi karena tidak adanya beberapa jumlah gigi, contohnya Doberman mungkin mempunyai gigi samping ( geraham paling depan ) lebih sedikit yg normal setnya 8, ini biasanya kesalahan, apalagi jika masuk dalam hitungan dogshow, akan tetapi kesalahan ini bukan berarti adanya kesehatan anjing yg terganggu, variasi keturunan dari anjing biasanya yg menyebabkan kesalahan dari set gigi anjing ( contohnya in line breeding ).
Kita juga bisa menemukan gigi anjing kita yg kelebihan jumlah giginya, biasanya terjadi dengan jenis Spaniel dan Hound ( terutama Grey Hound ), gigi extra mungkin padat,menyamping, atau tumbuh didepan gigi normal, jika terjadi ini harus segera dicabut.


Set Gigit yang salah

Set gigi anjing yg salah adalah faktor problem utama para breeder dari pada semua problem dengan gigi. Set gigit yg buruk mengakibatkan terganggunya kemampuan si anjing menggigit, memotong dan mengunyah makanan. Gigi yg salah menggigit bisa melukai bagian mulut yg halus.
Set gigit anjing adalah dimana bagian atas dan bawah menyatu dan menutup mulut. Set gigit yg ideal adalah dimana set gigi depan atas lebih kedepan sedikit dari set gigi bawah.
Kita menyebutkannya Scissors Bite, jika keduanya berjejer sama kita namakan Level Bite, ujung gigi depan atas dan bawah menyentuh jika menutup, ini juga hal yg biasa akan tetapi tidak bisa dibilang ideal juga, set gigit yang benar juga karena tergantung dari standard trah anjing.
Hampir semua dari yg bermasalah gigi karena keturunan biasanya dagu ( jaw ) yg tumbuhnya tidak normal, yg atas maupun yg bawah. Tapi jika set gigit yg tidak normal biasanya karena gigi susu yg masih bertahan saat gigi dewasa tumbuh.


Overshot Bite

Kasus Overshot bite terlihat jika jaw bagian atas jauh lebih panjang dari yg bawah sehingga jaw yg bawah jauh dibelakang dan set gigi bawah sama sekali tidak menyentuh gigi atas, kasus ini disebut Parrot mouth ( mulut burung kakatua ) atau Prognasthism. Tapi set gigi yg benar bisa juga terjadi saat puppy dalam pertumbuhan sampai umur 10 bulan, dimana saat terlihat bahwa jaw akan berhenti pertumbuhannya.
Puppy dengan Overshot bite mungkin akan bermasalah, karena gigi dewasa yg tumbuh akan melukai bagian yg gum yg halus disekitarnya. Dibutuhkan perawatan.


Undershor Bite

Ini kebalikan dari Overshot Bite, yg mana jaw bagian bawah lebih panjang dari yg atas. Ini termasuk normal untuk beberapa trah anjing seperti Bulldog dan Pug, Undershot Bite dinamakan Brachygnathism.

Perawatan: Puppy harus segera diperiksa oleh dokter saat berumur 2-3 bulan, untuk melihat dimana kesalahan dari set gigi. Umumnya tidak memerlukan perawatan yg berarti.

cheers,
cks2809 :D
 
wah pet gw shih Tsu umur 13 bulan giginya nda beraturan tuh....
soalnya suka gigit2 dinding sampai dindingnya rusak dikit2
dengar2 gigi pet juga bisa dipasang braces ya ?
 
denger2 sih bisa pasang braces, tapi ampe sekarang blm liat langsung tuh gmana modelnya. hehe... agak aneh juga yah, ntar mulutnya jadi keliatan gede gitu. /heh
 
wah guguk gw shih tzu juga umurnya 10 bulan gigi na berantakan banget >_<
gak tau knapa isa gitu gigi na -__-"
katanya seh kalo mo bagus musti d bawa k dokter gigi
 
hmm.. bawa ke dokter gigi ya... usul gw, coba ke dokter hewan dulu, minta saran mesti ke dokter mana kalo masalah gigi anjing. yah, kita bedain lah dokter gigi khusus hewan ama dokter gigi buat manusia. hehehe... tpi umumnya dokter hewan sih bisa.
 
hmm.. bawa ke dokter gigi ya... usul gw, coba ke dokter hewan dulu, minta saran mesti ke dokter mana kalo masalah gigi anjing. yah, kita bedain lah dokter gigi khusus hewan ama dokter gigi buat manusia. hehehe... tpi umumnya dokter hewan sih bisa.

katanya seh ada dokter gigi khusus buat guguk, gw dah d kasi alamatnya juga d daerah tanjung duren kalo gak salah
 
Shih Tzu gue selain suka gigit2 tembok, juga suka gigit2 orang klo canda.
kenapa umur 13 bulan masih sering nakal yah ?
trus umur brapa anjing boleh hamil pertama kalinya ?
 
Shih Tzu gue selain suka gigit2 tembok, juga suka gigit2 orang klo canda.
kenapa umur 13 bulan masih sering nakal yah ?
trus umur brapa anjing boleh hamil pertama kalinya ?

sama shih tzu gw juga gt...nakal banget malah suka ngambekan juga
shih tzu biasanya jd diem ato gak nakal lg kalo dah mulai tua hehhe
kalo guguk min 1 taon br bole hamil...itu saran dr dokter
kalo d bawah 1 taon takutnya tar guguk na knapa2
 
wah gigi anjingku yang berumur 13 tahun udah rontok semua gak ada sisa, kasihan liatnya makan cuma bisa yg halus2x aja. kalau ada tulang cuma di emut aja. /heh

ow ya kata dokter hewan langganan aku sebaiknya gigi anjing di bersihkan 2 minggu sekali pake sikat gigi, hal ini untuk mengurangi plak dan bau mulutnya.
 
waduhh,
nice Info /no1

dah kayak manusia ,sampe2 gigi di cek /heh
 
anjing juga perlu di bawa ke dokter gigi yah /no1 /no1
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.