• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Apakah karma buruk bisa dikurangi atau dihapuskan?

w3i2

IndoForum Newbie F
No. Urut
16058
Sejak
24 Mei 2007
Pesan
28
Nilai reaksi
0
Poin
1
Hi teman2 sedharma,

Menurut kalian apakah karma buruk itu bisa dikurangi atau dihapuskan?
 
kalau menurutku pribadi sih (bukan dilihat dari buku atau apaun)
yg namanya karma buruk tidak bisa dikurangi/dihapus.ibarat air putih tersiram tinta,walau sedikit tapi tidak akan bisa menjadikan air tetap jernih.
tapi dengan air yg sudah tercemar tersebut,kita bisa membersihkannya lagi dengan cara berbuat karma baik untuk menetralizir apa yg terjadi :D
 
1. tidak dapat berkurang
2. tidak dapat dihapuskan

catatan : Bu = Buruk || Ba = Baik || K = Karma
perumpamaan : air = KBa || garam = KBu

pembahasan / pengertian / pemahaman :
1. anggap saja umur anda 100 tahun (di genapin gt biar gampang ngitungnya), misalkan anda melakukan KBu sebanyak 10x dan KBa sebanyak 90x, anda akan menderita sebanyak 10x dan bahagia sebanyak 90x maka buah karma yg akan anda terima adalah sebagai kejadian yg Bu sebanyak 10x dan Ba sebanyak 90x.
jadi disini yang saya maksudkan adalah perbandingan total kebahagiaan dan total kesengsaraan. karena apa ?? simak pernyataan nomor 2 ^.^v

2. anda memiliki air sebanyak 1/2 gelas, yang kemudian diberi garam sebanyak 1 sendok. (diaduk ampe rata yah)
kemudian air dlm gelas ditambahkan hingga penuh, apakah KBu anda pada kejadian pertama telah dihapuskan ? dengan adanya penambahan air tsb ??
kemudian bila air garam di dalam gelas (yg sdh penuh), itu di tuang ke dalam 1 galon air (air galon + air gelas = 1 galon penuh), apakah kadar garam didalam air tsb akan HILANG ?? ibaratkan ini sebagai perbuatan anda yg menghasilkan sebuah Karma !! okay ??

disini saya nda menuliskan "coba anda pikir, coba anda bayangkan, benar / tidak" karena disini saya hanya memberikan pengertian, dan anda sendirilah yang datang, melihat, dan membuktikannya (EHIPASIKO). okay ??

kalau menurutku pribadi sih (bukan dilihat dari buku atau apaun)
yg namanya karma buruk tidak bisa dikurangi/dihapus.ibarat air putih tersiram tinta,walau sedikit tapi tidak akan bisa menjadikan air tetap jernih.
tapi dengan air yg sudah tercemar tersebut,kita bisa membersihkannya lagi dengan cara berbuat karma baik untuk menetralizir apa yg terjadi :D

kalau tinta, bisa hilang (tidak terlihat) bila di beri air sebanyak 1 tangki (kendaraan SPBU).
bener nda ?
tapi kalo kadar garam spt penjelasan saya diatas ?
tetap akan ada walaupun diberikan air sebanyak apapun, kadarnya akan tetap ada walaupun hanya 0.000000000000000000001%
 
hahaha, mending ga usah tahu rumus hukum karma. biarkan berjalan apa adanya. rumus yang paling penting adalah :

"Apa yang kamu tanamkan itulah yang akan anda petik". Jika kita mengambil bagian dalam pembunuhan binatang, suatu hari nanti pasti kita akan mendapat balasan atas apa yang sudah kita perbuat.

* Ada sebab pasti ada akibat = Semua akibat Bermula dari sebab
Semua pembalasan karma = Bagaikan bayangan yang mengikuti benda
Yang bajik mendapat balasan bajik = Berupa berkah dan rezeki
Pahamilah Hukum karma = Amalkan kebajikan, jauhi kehajatan

* Maha Adil hukum karma = Maha Adil pembalasannya
Hukum alam maha terang = Semua pasti mendapat balasan
Bajik dibalas bajik = Jahat dibalas jahat
Sekarang belum di balas = Cepat atau lambat pasti dibalas

* Kebenaran bagai cermin = Sedikit pun tak dapat dikelabuhi
Manusia yang melakukan kejahatan = Hati Nurani tak akan tentram
Sang kebenaran Maha Adil = Menghukum dan memberkahi dengan adil
Baik dan jahat akan dibalas = Maha Adil pembalasannya

dosa karma kita yang kita tanam selama berkalpa-kalpa kehidupan tidak dapat di ketahui beberapa banyak. orang suci pernah berkata " dosa manusia sebesar gunung ".

yakinlah memang karma tidak dapat dihapus atau di hilangkan tetapi dengan kita membina diri, membabarkan dharma, melaksanakan tri amal, berbuat kebajikan. maka akan menanam karma baik untuk melunasi dosa karma kita.

menurut aliran maitreya pembayaran karma buruk dapat di bagi 3 yaitu :
- secara langsung misal di kehidupan lampau si A membunuh si B di kehidupan yang akan datang maka si B akan membunuh si B.

- membayar secara bersama-sama misal di kehidupan dulu kita berkelompot untuk membunuh orang mungkin di kehidupan yang akan datang bisa saja pada saat naik pesawat terbang kecelakaan.

- secara tidak langsung orang yang sedang berjalan ketimpa piano dari loteng dan masi banyak contoh lagi.
dan di aliran maitreya percaya maitreya akan membantu mengatur melunasi dosa karma dengan amal pahala kita.
 
Jadi bolehkah saya bilang begini dr statement darkmarket, shutdown dan glory french dan menyimpulkan :

"Karma buruk tidak bisa di kurangi atau di hapuskan (dlm arti bkn spt yang dipercaya kaum Kristiani, ada penghapusan dosa secara mudah/sekejab/cuma2setelah apa yang teleh di perbuat oleh manusia dgn darah Yesus), tapi karma buruk bisa di kurangi atau di hapuskan dgn karma baik (amal kebajikan yang berlimpah) spt contoh air garam dlm gelas di campur ke dlm air galon, walau kadar asin/garam masih ada, tp setidaknya telah berubah kearah sedikit hambar, berarti dosa telah di kurangi dgn amal kebajikan berlimpah.

Boleh saya menyimpulkan spt itu?
 
Menurut gw sendiri seh

karma buruk itu tidak bisa dikurangi atau dihapuskan.

Tp karma buruk itu tidak akan terlalu kuat berbuah jika kita mempunyai karma baik yg berlebih. Bukan berarti kekuatan karma menjadi berkurang tapi kita memiliki perlindungan karma baik yg kuat.

Namun karma buruk bisa jadi tidak akan berbuah (ahosi karma) jika seseorg itu telah mencapai nibana dan terbebas dari kelahiran dan kematian
 
Karma buruk tidak bisa di kurangi atau di hapuskan
tapi karma buruk bisa di kurangi atau di hapuskan dgn karma baik.
ini maunya ngomong apa seeeehhhh !?!?!??!?!?!?
sebentar ngom tdk bisa dihapus dan tdk bisa dikurangi, sbentar2 jg ngomong bisa d kurangi atau dihapuskan ~.~ nda fokus banget deh looo :P

statement/kesimpulan anda terhadap salah1 pernyataan saya tidak fokus, terbukti dari pernyataan diatas, sehingga terpaksa saya meluruskan kepada anda !!

karma buruk dapat tidak dapat dikurangi (maksud : dikuranginya bukan secara kuantitas, krn anda tetaplah harus menjalani seluruh karma, tetapi setelah itu anda juga akan menerima karma baik atas perbuatan anda yg lain, jadi dari keseluruhannya, kebahagiaan lebih byk diterima namun setelah menjalani kesengsaraan yang jumlahnya TETAP)
ok klo masi nda ngerti ttg penjelasan gw, gw kasi contoh lagi.....

CONTOH KASUS :
1. pertama2 anda berbuat karma buruk sebanyak 10x kemudian anda berbuat karma baik sebanyak 50x

kemudian anda panen karma anda, sebanyak 10x sengsara dan 50x bahagia, disini anda pasti akan merasakan kesengsaraan anda

2. namun apabila anda berbuat 10x karma buruk dan 1000x karma baik...
terasa nda kesengsaraan anda ?

inilah yg saya maksud dengan penambahan air dlm penjelasan saya diatas.

spt contoh air garam dlm gelas di campur ke dlm air galon, walau kadar asin/garam masih ada, tp setidaknya telah berubah kearah sedikit hambar, berarti dosa telah di kurangi dgn amal kebajikan berlimpah.

kalo bgitu apa bedanya dgn ajaran tetangga kita ?? (mksd : stelah melakukan puji2an dan doa, merasa bahwa dosa telah lenyap / hukuman dosanya kelak akan dikurangi)
 
darkmarket,

shutdown mengerti apa yang saya maksud, hanya anda yg tak mengerti.
baca baik2 statement yg terdapat di dlm kurung, ada yang tak jelas di pertanyakan lagi bukannya marah2.
Ini forum diskusi, bukan forum laga otot dan kekuatan.
kalau anda ingin berlaga dgn saya, maaf saya tak mempunyai waktu untuk melayani anda, cari saja yang lain.

apakah begini caranya, anda menerapkan dharma dlm kehidupan keseharian anda?

xie xie che bei
 
Sebagai tambahan , di awal pembuka kesimpulan saya, saya kan menyatakan "Jadi bolehkah saya bilang begini....." artinya kalau tidak boleh, ya sudah gak apa2, anda boleh menjelaskan baik2 dan tidak perlu marah2 kan? Saya tahu anda senior dan saya junior, tapi jgn lah menyebutkan ajaran agama org lain dgn "ajaran tetangga kita" kesannya spt memandang rendah.

Maksud saya di atas beda dgn agama Kristen, kalau agama Kristen kejahatan di perbuat dapat di bersihkan secara instant tanpa harus melakukan apa2, karena Yesus menyerap dan menebus dosa2 mereka, sdgkan maksud saya dosa karma bisa di kurangi DENGAN SYARAT harus mempunyai amal kebajikan yang berlimpah. Jadi inti statement saya, yang bisa mengurangi dosa karma kita adlh diri kita sendiri dgn amal kebajikan yang di perbuat, sdgkan di agama Kristen, itu seperti pengampunan dosa yang instant dan cepet.

Harap diskusi dgn tenang, disini bukan forum flame, ok?

xie xie che bei
 
Sebagai tambahan , di awal pembuka kesimpulan saya, saya kan menyatakan "Jadi bolehkah saya bilang begini....." artinya kalau tidak boleh, ya sudah gak apa2, anda boleh menjelaskan baik2 dan tidak perlu marah2 kan? Saya tahu anda senior dan saya junior, tapi jgn lah menyebutkan ajaran agama org lain dgn "ajaran tetangga kita" kesannya spt memandang rendah.

Maksud saya di atas beda dgn agama Kristen, kalau agama Kristen kejahatan di perbuat dapat di bersihkan secara instant tanpa harus melakukan apa2, karena Yesus menyerap dan menebus dosa2 mereka, sdgkan maksud saya dosa karma bisa di kurangi DENGAN SYARAT harus mempunyai amal kebajikan yang berlimpah. Jadi inti statement saya, yang bisa mengurangi dosa karma kita adlh diri kita sendiri dgn amal kebajikan yang di perbuat, sdgkan di agama Kristen, itu seperti pengampunan dosa yang instant dan cepet.

Harap diskusi dgn tenang, disini bukan forum flame, ok?

xie xie che bei

yah, disanalah letak kesalahannya
dimana bahasa yang kita gunakan adalah bahasa yang terbatas, tidak seluas dhamma. demikian pula yang terjadi pada kasus kita ini, dimana anda merasa bahwa saya dengan arogan (liat thread lain) dan saya marah kepada anda, padahal tidak demikian pada kenyataan disini (tmp real saya).

saya tidak pernah sekalipun menyebut anda junior dan sayalah seniornya, karena disini status kita smua adalah sama, satu saudara, satu aliran dari sebuah ajaran yg kita kenal dgn dhamma

setidaknya lebih baik daripada saya sebut langsung namanya khan ?
soalnya dlm kasus diatas, saya juga disalahkan krn menyebutnya secara lsg.
bahkan tak jarang, banyak bhante yg menggunakan istilah tsb utk menunjuk ajaran lain.

sekali lagi saya tekankan, bahwa karma buruk tidak dapat dihilangkan/pun dikurangi secara kuantitas !! melainkan perbandingan kuantitas (jumlah) dengan karma baik, membuatnya seolah2 tidak berasa. ingat, skali lagi karma tdk dapat dikurangi ^.^v
 
darkmarket,

shutdown mengerti apa yang saya maksud, hanya anda yg tak mengerti.
baca baik2 statement yg terdapat di dlm kurung, ada yang tak jelas di pertanyakan lagi bukannya marah2.
Ini forum diskusi, bukan forum laga otot dan kekuatan.
kalau anda ingin berlaga dgn saya, maaf saya tak mempunyai waktu untuk melayani anda, cari saja yang lain.

apakah begini caranya, anda menerapkan dharma dlm kehidupan keseharian anda?

xie xie che bei

disini memang bukan laga otot dan kekuatan, disini adalah thread buddhism yg mengakui adanya BDS, bkn aliran2 kepercayaan yg lain (skalian nyindir thread sebelah), krn klo laga otot dan kekuatan pastilah sudah saya posting di bagian sports

ow... ?
saya juga tak mengundang anda untuk mendengarkan dhammadesana (pembabaran dhamma) dari saya ~.~ anda sendiri yang datang kemari dan mengomentari posting saya ~.~"
 
^
^
Yg mengomentari dulukan anda.
Beda pendapat bole, tp jgn ngotot y.
Tau arti kata perumpamaan??
Yg dimaksud laga otot atau kekuatan yg disebutkan kk chineseculture adalah perumpamaan, bkn seperti yg anda pikirkan.
Ya karma menurut gw sendiri tidak bs dihilangkan, tp bisa ditutupi dengan karma baik, tp ya mengurangi bs juga dimaksudkan menutupi jika dipikirkan secara sekilas.
Jd intinya masih bisa diblg sama.
 
uda dibilang pemahaman lo nda sama ama gw koq ngotot jg ~.~"
 
Thanks Heaven Guardian...

Anda adlh orang yang cukup bijaksana yang bisa menerima perbedaan pendapat.
Dipikir2 intinya sama aja, seperti yang anda komentari di atas.
 
Wei pada ribut lagi gara2x beda pendapat.... Apakah anda tidak malu masih mengaku Buddhis...

Karma atau Kamma apapun bentuknya tidak bisa di hilangkan atau dimusnahkan.

karma tuh seperti konsep Kekekalan Energi... (Kalo yang pernah sekolah lewatin smp)

Energi tuh kekal tidak bisa dikurangi dan tidak bisa dimusnahkan hanya dapat diubah kedalam bentuk lain...

Konsep karma pun sama. Karma tidak dapat dimusnahkan atau dikurangi tapi dapat diubah menjdi bentuk lain...

Karma sebenarnya prosesnya sangat rumit... Tidak sesederhana yang kita pikirkan....

Misalnya kalo kita nyolong bukan berarti bahwa kita bakal menerima akibat kehilangan juga....

Setelah kita nyolong, akan terbentuk suatu kekuatan karma buruk.. dan kekuatan ini dapat menjadi buah karma sesuai dengan kondisi yang tengah kita alami...

Bahkan dalam ajaran Zen diungkapkan bahwa kekuatan karma setelah berbuah itu tidak hilang tetapi menjadi netral.. (SAMA SEPERTI KONSEP ENERGI)
 
Huehuehue.........
Kalo gw sih beda pendapat ngak bgt gw pikirin kyknya.
Nanya nih, dlkan gw pernah pacaran sama seorang ce, tp sbnrnya gw ngak cinta sama dia. Waktu itu gw cuman bercanda nembak dia, trus dia trima, trus gw blg bercanda, eh marah dia. Krn merasa bersalah gw beneran tuh nembak dia.
Kira-kira kalo begini kena karma buruk ga???
 
Kalo g, karma tu gak bisa dihapus...
Yang bisa tu, buat karma baru..
Tul, gak ???
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.