apa itu IRC....??

ArRay

IndoForum Senior C
Internet Relay Chat Atau Kata yang lebih kita kenal IRC

IRC diciptakan oleh Jarkko Oikarinen (nickname "WiZ") pada akhir Agustus 1988 untuk menggantikan program di BBS yang disebut MUT (MultiUser Talk), di Finlandia di sebut OuluBOX. Oikarinen menemukan inspirasi Bitnet Relay Chat yang beroperasi di dalam Jaringan Bitnet.

Khaled Mardam-Bey (bahasa Arab: خالد مردم بك) adalah pencipta mIRC, sebuah klien pesan instan IRC untuk Windows yang populer. Beliau dilahirkan pada 19 Maret 1968 di Amman, Jordan

Untuk info tentang Madam-Bey liat saja di alamat ini: http://www.mirc.com/khaled/about.html
1. Apa itu IRC?

IRC (Internet Relay Chat) menyediakan suatu cara untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang-orang di seluruh dunia. Terdiri dari bermacam-macam "network" (jaringan atau "nets") IRC server, mesin-mesin untuk menghubungkan pemakai dengan IRC. Nets yang terbesar adalah EFnet (IRC net yang pertama, yang kadang-kadang memiliki lebih dari 32000 pengguna IRC dalam satu saat), Allnetwork, IRCnet, DALnet, NewNet.

Sang pengguna (Anda misalnya) memiliki suatu program (yang disebut "client") untuk menghubungkan Anda dengan suatu server dari salah satu IRC nets tersebut di atas. Server-server tersebut yang anak menghantarkan informasi-informasi ke dan dari satu server ke server yang lain di dalam net yang sama.
Client-client yang direkomendasikan:

1. UNIX/Shell: ircII
2. Windows: mIRC or PIRCH
3. Macintosh: Ircle

Harap Anda membaca dokumentasi-dokumentasi yang ada mengenai client Anda.

Sekalinya Anda berhubungan dengan salah satu IRC server dalam suatu IRC network, Anda dapat bergabung ("join") dengan salah satu "channel" dan berkomunikasi dengan orang-orang yang ada di dalam channel tersebut. Di dalam EFnet ada lebih dari 12000 channel yang masing-masing memiliki keunikan dan topik tersendiri. Percakapan yang terjadi bisa merupakan percakapan umum ("public", di mana semua orang yang sedang berada di dalam channel tersebut dapat membacanya) atau pribadi ("private", antar dua orang yang bisa saja tidak di satu channel yang sama). IRC bukanlah suatu "permainan", dan saya sangat menganjurkan agar Anda saling menghormati satu dengan yang lain seperti halnya Anda bertemu muka dengan orang-orang tersebut (segala sesuatu dapat terjadi walaupun Anda tidak bertemu secara langsung).
 

Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact us untuk memulai.
Top