• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Angkernya Segitiga Masalembo

L999

IndoForum Junior E
No. Urut
44983
Sejak
31 Mei 2008
Pesan
1.587
Nilai reaksi
38
Poin
48
2Frdjyc6S6.jpg

Segitiga Masalembo (Screen Shoot: RCTI)

JAKARTA - Perairan Majene yang lebih dikenal sebagai kawasan segitiga Masalembo dikenal angker oleh para pelaut. Sudah banyak kejadian kecelakaan kapal di kawasan yang mirip segitiga Bermuda itu.

Sejumlah kecelakaan yang terjadi tepat di kawasan segita Masalembo antara lain, tenggelamnya KM Teratai Prima 11 Januari 2009, Kapal Kargo 8 Juli 2008, Kapal Ikan Sumber Awal 16 Agustus 2007, KM Fajar Mas 20 Juli 2007, Pesawat AdamAir 1 Januari 2007, KM Mutiara Indah 19 Juli 2007, dan KM Tampomas II pada 27 Januari 1981. (lihat video)

Sejak lama perairan Majene atau segitiga Masalembo dikenal sebagai kawasan yang rawan. Pulau Masalembo adalah pulau kecil yang terletak di pertigaan laut Jawa dan laut Makassar di mana di kedalaman laut membentuk segitiga yang nyaris sempurna yakni segitiga sama sisi.

Berbeda dengan segita Bermuda yang dikaitkan dengan intensitas magnetik yang tinggi, maka segitiga Masalembo memiliki intensitas magnetik yang rendah. Namun, kawasan ini sudah terlanjut dianggap angker oleh para pelaut. Padahal keangkeran laut Majene lebih disebabkan oleh gangguan alamiah bukan mistis.

Kawasan ini menjadi rawan karena merupakan pertemuan arus dan tanjung serta pusaran angin. Arus dari laut Flores dan Sulawesi bertemu di sana. Di kawasan ini juga sering terjadi perubahan cuaca mendadak. Pusat tekanan laut berubah rendah secara mendadak sehingga mengubah arah gelombang. Akibatnya ombak memukul dari arah samping kapal. Hal inilah yang menyebabkan kapal terbalik atau terhembas.

Melihat rawannya kawasan segitiga Masalembo dan perlunya menekan angka kecelakaan maka perlu dipasang rambu lalu lintas laut yang canggih seperti mercusuar atau radar pemantau. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah penelitian tentang perilaku arus laut dan cuaca di kawasan tersebut.
 
tapi gak ngetop nih di luar negeri
 
adeknya segitiga bermuda tuh....kebetulan tinggal dikampung jadi ga terkenal..ga kaya abangnya .../gg
 
^
kebetulan di negara yang gak serame AS
 
mau terkenal harus banyak makan korban dulu ya?wah gawat donk
 
^
setuju bos..
jangan sampai makan korban banyak,masa gara2 mau terkenal harus makan korban dulu :( serem :(
 
ktnya scara logika karna emg perairanya itu nubruk ato gmn gw lupa... waktu itu djelasin scara logika
____*air kebawah
___*_*
__*___*
_******air kekiri
air kekanan

jadi tubrukan gitu airnya
 
lha emangnya segitiga bermuda koq bisa angkernya begitu gimana yak?
pdhalkan ya sama2 laut biasa
 
nanti lama2 bakal bnyk yg tahu nich..........
 
gw ga ngerti gambarnya.... bisa dijelasin lagi maksudnya ke kiri ke bawah ke kanan???
 
eh ada kalina

pangkalan alien di indonesia itu segitiga masalembo
 
eh, ada den lolo..

masalembo di mana tuh, den?? di prabumulih, ya? ;))
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.