• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Alteernatif Hidup Di Luar Bumi

effie

IndoForum Staff Personnel
No. Urut
601
Sejak
17 Apr 2006
Pesan
8.576
Nilai reaksi
353
Poin
83
Planet Mars kini mulai di perbincangkan banyak orang. Obyek cakrawala yang dijuluki planet merah ini jadi obyek penelitian ambisius program luar angkasa Eropa dan AS. Semua negara dan lembaga penelitian berlomba menyelidiki planet ini dengan sasaran mencari jejak2 kehidupan.

Hasil penelitian terbaru yang cukup menghebohkan adalah saat 2 wahana penelitian ruang angkasa berawak milik AS, Mars Global Surveyor dan Mars Odessey melaporkan, bahwa di Planet mars ternyata pernah atau masih terdapat cadangan air dalam jumlah besar.

Ditemukan lokasi berair.

Akhir tahun lalu lembaga ruang angkasa Eropa / ESA meluncurkan program Mars Express yang mendarat di Mars, untuk melakukan eksplorasi dan meneliti Planet Merah itu dari atas. mereka mengadakan pengecekan, apakah di Planet Mars terdapat kehidupan. Hasil penelitian sementara dikatakan, bahwa ada 3 kemungkinan yang diperkirakan para peneliti.

Pertama di Planet mars sama sekali tidak pernah ada kehidupan.
Kedua mungkin pernah ada kehidupan, tetapi sudah musnah beberapa ratus juta tahun yang lalu. Ketiga masih ada kehidupan di Mars. dari hasil kesimpulan ini masih berlanjut pertanyaan, jika di Mars ada kehidupan lantas dimana lokasinya ? Sebab permukaan Planet Mars yang nyaris tanpa atmosfir pelindung serta langung terkena pancaran sinar matahari, atau gelombang Kosmis lainnya, secara teoritis tidak cocok untuk keberadaan makluk hidup.

Peralatan yang dibawa Mars Express ditujukan untuk mencari lokasi air atau bekasnya, diPlanet Merah itu. Mereka melacak tentang kondisi Planet Mars yang konon dimasa lalu tersedia dalam jumlah besar. Sebuah radar altimeter melacak strukture lapisan tanah beberapa kilpmeter dibawah permukaan untuk melacak kandungan air, yang tersisa di atmosfir yang nantinya akan menjelaskan, apakah di Mars tetap terdapat sistem sirkulasi air yang masih berfungsi.

Ketua proyek ilmiah Mars Express, Agustine Chicarro mengatakan dari data yang dikumpulkan, di indikasikan adanya air diPlanet Merah tersebut. Asumsi nya, jika terdapat air kemungkinan juga terdapat mahluk hidup disana. Tugas Beagle2 yang diturunkan ke permukaan Mars, terutama meneliti lebih lanjut strukture biologi, serta cuaca di permukaan Planet Merah tersebut, yang hasil akhirnya adalah juga untuk melacak adanya kehidupan atau jejak kehidupan di masa lalu, jik apernah ada dan musnah.

Alternatif selain Bumi

Penelitian dipermukaan Mars juga punya misi melacak jejak mineral karbonat dan Gas Methan. JIka terdapat sisa mineral karbonat penelitian akan dilanjutkan dengan pelacakan, sejauh mana unsur karbon itu dapat mendukung munculnya kehidupan. Juga melacak Gas Methan, Mars bisa menunjukkan adanya kehidupan, sebab Gas ini hanya dapat dipruduksi oleh mahluk hidup.

Keoptimisan para ahli bahwa di Planet Mars terdapat air atau dijaman Purba pernah terdapat air, semata-mata karena hasil pemotretan wahana penelitian tidak berawak milik AS. Global Surveyor yang menunjukkan Mars yang di duga pernah mengalami Abrasi oleh air. Bahkan di kawasan utara Planet Mars, terlihat gambaran seperti garis pantai. Analisis gambar menggunakan komputer, mengisyaratkan kawasan tersebut beberapa milyar tahun lalu kemungkinan memang danau atau lautan yang cukup besar.

Asal air di Planet Mars itu sesuai penelitian gambar komputer, dinyatakan sudah ada sejak jaman 3 milyar tahun lalu. saat itu air menutupi Planet Mars, mulai dari kawasan katulistiwa sampai batas dataran tinggi di utara dan selatan. Para peneliti Mars memperkirakan, air tercipta karena tabrakan meteorit. Dari penelitian tercatat sekitar 25 kawah besar bekas tumbukan meteorit dipermukaan Mars. Tumbukan ini melepaskan air yang dikandung meteorit. Diperkirakan tumbukan dengan meteorit berdiameter 100 km, melepaskan gas uap air jika mencair mampu menutupi permukaan Mars dengan air sedalam 40 cm.

Perubahan poros rotasi Mars dalam beberapa milyar tahun terkahir. Menyebab kan permukaan iklim drastis di Planet tersebut, termasuk intensitas pancaran sinar matahari menjadi lebih besar. Akibat adanya hal itu, hampir setiap cadangan air dipermukaan Mars menguap. Diduga cadangan air berupa Es masih tetap ada dibawah permukaan yang suhunya lebih dingin. Jika terbukti di Planet Mars terdapat cadangan air, para peneliti ruang angkasa membuat kesimpulan sementara, yakni dalam waktu 15-20 tahun mendatang, kemungkinan planet merah ini bisa banyak dikunjungi, bahkan dijadikan tempat tinggal tetap bagi manusia dan mahluk hidup lainnya.
 
ntar mesti dibuat kubah2 gt kalo mo tgl disana toh skalinya panas2 bgt gt sampe airnya menguap semua /swt
 
berarti manusia harus mulai menyesuaikan dengan keadaan alam d planet yang akan d tuju dunk /sob
 
susah juga yah,apalagi belom ada manusia yg coba tinggal di planet lain...

yg di tinggalin manusia space station atau di bulan saat ini,itu pun di dalem kubah buatan dan bukan tempat terbuka....

kalau di planet lain,wah susah juga yah,siapa presiden nya yah kira2 ? /hmm
 
ayooo sapa yg mau ditest ke planet mars...
kl loe nya hidup...jadi planetnya bisa dihuni...
kl gak..yaa loe "berangkat" deh
gampang kl mau buktiin...
ga perlu pake mesin2 yg biayanya mahal..
cukup kirim 1 manusia aja kesana
tul khan?
 
wa kasih gambar air nya ya

water on mars
mars-water.jpg
 
^
^
^
^
^
thx pic nya,tapi aer nya aneh kgk spt di bumi /heh /hmm
tapi segitu juga masih ngak cukup,apalagi manusia kan boros pemakaian terhadap air,

kalo sampe mau tumbuh hutan2,dan terbentuknya samudera,butuh waktu lama....paling yg pertama air dulu,dah gitu paling tumbuhan kecil kek rumput,lumut2 /heh
kayak dulu aja bumi pertama kali benua nempel smua sampe akhirnya terpisah...
butuh waktu jutaan~miliaran tahun.

paling kalau mau yah di bantu dgn bertani,berternak,dll
 
itu aer yah?
kok aq liatnya kyk mercury ya?
kk mo nanya, itu gmbrnya di ambil dari jrk jauh kan? kok ada byngn di air mars yg agak aneh dikit...
 
hmm emank itu cukup ga ya buat manusia sebumi /sob /sob ooo ga ada yang enak selain d bumi kok /sob /sob /sob
 
lagian kan tuh air nya membeku....
cairin dulu sana =))
 
masa itu air di mars...
kaga percaya ahh...
NASA aja baru mencari bukti aliran air..
air belum diketemukan di mars...tuh mank foto di daerah mana kk??
no offense ^^
 
susah untuk mencari tempat hidup buat manusia d luar bumi deh /sob /sob emank Tuhan untuk menciptakan bumi denagn segala isinya hanya untuk makhluk hidup /no1
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.