• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Alergi Hewan Peliharaan

rosa89

IndoForum Junior A
No. Urut
77770
Sejak
13 Agt 2009
Pesan
2.699
Nilai reaksi
165
Poin
63
Deskripsi
Alergi hewan peliharaan terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap protein hewani tertentu. Reaksi ini memicu peradangan di lapisan hidung sehingga menyebabkan bersin, pilek dan tanda-tanda dan gejala lain yang biasanya berhubungan dengan demam jerami.

cute-cat-sleep.jpg_thumb.jpg


Bagi sebagian orang, hewan peliharaan alergi mungkin menjadi penyebab utama peradangan dan kontraksi dari saluran udara paru-paru (asma), mengakibatkan mengi, sesak napas dan kesulitan bernapas lainnya.

Binatang berbulu yang dapat menjadi sumber alergi antara lain kucing, anjing, tikus dan kuda. Meskipun alergi hewan peliharaan menjadi "masalah rumah tangga," bisa juga mempengaruhi orang-orang yang bekerja dengan binatang di pertanian, laboratorium atau di kebun binatang.

Reaksi alergi binatang peliharaan seperti kasus kesalahan identifikasi yang dilakukan sistem kekebalan tubuh. Biasanya, sistem kekebalan tubuh menghasilkan antibodi untuk melindungi tubuh terhadap bakteri, virus atau zat-zat beracun. Dengan kata lain, sistem kekebalan keliru mengindentifikasi protein ini sebagai sesuatu yang dapat membahayakan. Setelah tubuh mengembangkan antibodi penyebab alergi ke agen tertentu (alergen) - dalam kasus ini, sebuah protein hewani - sistem kekebalan akan peka terhadap hal itu. Ketika menghirup alergen atau bersentuhan dengan itu, sistem kekebalan tubuh merespon dan menghasilkan respons peradangan di hidung atau paru-paru.

Gejala
Gejala alergi binatang peliharaan antara lain:
* Bersin
* Pilek
* Gatal, merah atau mata berair
* Hidung
* Hidung gatal, langit-langit mulut atau tenggorokan
* Batuk
* Sering terbangun
* Mata bengkak

Jika hewan peliharaan menyebabkan asma, akan muncul gejala:
* Kesulitan bernapas
* Dada sesak atau sakit
* Suara mengi saat menghembuskan napas
* Sulit tidur disebabkan oleh sesak napas, batuk atau mengi
*Serangan batuk atau mengi yang diperburuk oleh virus pernapasan seperti pilek atau flu

Perawatan

Usaha pengobatan untuk mengendalikan alergi adalah dengan menghindari hewan peliharaan. Ketika penderita mengurangi bertemu hewan peliharaan, reaksi akan berkurang. Namun, seringkali sulit atau tidak mungkin untuk menghilangkan sepenuhnya ekspos terhadap alergen binatang. Bahkan jika penderita tidak punya binatang peliharaan sekalipun, kemungkinan mengalami alergi hewan peliharaan dapat terjadi. Hal ini diakibatkan bulu yang tersangkut di pakaian orang lain dan kemudian terhirup penderita.

Sumber: mayoclinic.

--------------------------------------------------------------------------
Source, kalau repost :D mohon dimaafkan /sry.
 
hohoho..nice info cc :-bd kasihan juga ya kalau ada orang alergi sama petz...soalnya mereka kan adorable ^_^
 
Setuju sis :D, Q enggak ada pet rasanya sepi buanget /sob. Jadi Q import kucing Q dari sukabumi /heh, dulu Q alergi pas kecil tapi lupa pake apa sembuhnya /hmm.
 
^^ pake jampi2 kali sembuhnya :p aku malah paling alergi ama orang yg benci hewan piaraan seperti anjing & kucing :D
 
Hush, mau Q jampi-jampi nih? >:).

BTT...
Sebetulnya banyak yang anti binatang peliharaan, bukan alergi /gg.
 
BTT...
Sebetulnya banyak yang anti binatang peliharaan, bukan alergi

Yoo~ setahu ak alasan utama nya mreka gitu si,,karena ssah di plihara n menambah biaya hidup.. /wah
 
Menambah beban hidup mungkin ya bagi beberapa orang ;), tapi susah dipelihara?. Peliharaan itu mudah dipelihara selama Qt melakukannya dengan tulus /no1, pasti Qt tidak akan terbebani :D.
 
kalo kita sudah suka & sayang ama hewan piaraan,beban itu malah menjadi suatu semangat buat kita koq :)

jauh lebih banyak keuntungan yg kita dapet sewaktu kita memelihara hewan kesukaan kita :)
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.