• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Alasan Telkomsel 'Sunat' Kuota Bandwidth

semutsedeng

IndoForum Senior C
No. Urut
69471
Sejak
27 Apr 2009
Pesan
5.596
Nilai reaksi
138
Poin
63
Telkomsel akhirnya menjelaskan mengapa bandwidth layanan internet Telkomsel Flash miliknya, diturunkan kuotanya sedemikian besar, seperti yang dikeluhkan banyak pelanggan. Operator seluler ini baru saja mengirimkan penjelasannya--atau lebih dari dua pekan berselang sejak mereka memberlakukan penurunan kuota melalui paket sistem Fair Usage baru tersebut 1 September 2009 lalu.

"Pemberlakukan ini didasarkan pada data perilaku pengguna Telkomsel Flash, di mana 60% rata-rata menggunakan data 500 MB per bulan," sebut Manager Data and Broadband Service Telkomsel, Arief Pradetya, dalam rilis yang dikutip detikINET, Rabu (16/9/2009).

Dalam keterangannya Telkomsel menyebutkan: untuk Paket Basic, pelanggan diberi kuota 500 MB dengan kecepatan maksimum 256 kbps dan Paket Advance 1 GB kecepatan maksimum 512 kbps, serta Paket Pro kecepatan maksimum 3,6 Mbps untuk 2 GB.

"Bila penggunaan melebihi kuota, maka tetap tidak dikenakan biaya tambahan. Hanya secara otomatis kecepatan menjadi internet biasa. Paket Pro menjadi 128 kbps dan paket basic serta advance menjadi 64 kbps," masih kata Arief.

Telkomsel tidak menyebutkan secara langsung adanya penurunan kuota besar-besaran seperti yang ramai diributkan di milis dan forum diskusi di internet. Namun operator ini secara tidak langsung mengakui adanya 'penyunatan' kuota bandwidth melalui kalimat pernyataan: Pemberlakukan ini didasarkan pada keinginan untuk membatasi 10% abusive user yang secara dominan menghabiskan resources network dengan penggunaan hingga puluhan bahkan ratusan GB yang mengakibatkan gangguan terhadap pengguna lain karena menyebabkan penurunan kualitas secara signifikan.

Kata Arief, hal ini terjadi mengingat mobile network merupakan shared network alias jaringan yang dipakai bersama dengan pengguna lain.

"Sebenarnya data sebesar 500 MB sudah cukup untuk penggunaan normal pelanggan, baik untuk keperluan browsing, chatting maupun downloading secara terpisah," ujarnya.

"Sebagai gambaran, pelanggan dapat melakukan browsing 1000 halaman web (rata-rata 500k), download 1000 lagu (rata-rata 5MB), 10.000 e-mail (rata-rata 50 kB), chatting 500 ribu baris atau mengunduh 500 foto (rata-rata 1 MB)," papar dia lebih lanjut.

"Jika dirasa 500 MB tetap kurang, Telkomsel juga menyediakan Paket Advance dan Pro dengan Fair Use 1GB dan 2GB. Pelanggan dapat memilih sesuai pola pemakaiannya," demikian Arief menambahkan.

Dengan pemberlakukan fair usage baru dan tambahan frekuensi 3G, Telkomsel menyatakan harapannya dapat melayani lebih banyak pelanggan internet dengan layanan mobile broadband. Pelanggan Telkomsel Flash kini berjumlah 1,2 juta atau meningkat 500% dibanding akhir 2008 lalu. Telkomsel mengklaim telah menghadirkan bandwidth dengan kapasitas yang mampu melayani tiga juta pelanggan Flash hingga akhir tahun ini.

Sumber :
Kode:
http://id.news.yahoo.com/dtik/20090916/ttc-alasan-telkomsel-sunat-kuota-bandwid-f0a1c5d.html
 
telkom flash F*CK...........
bener2 keterlaluan dy...
masa gw cm dikasih 4,4 kbps...
gw doain semoga byk operator swasta byar cepet bangkrut tuh makhluk
 
emang flash parah..sebaiknya hentikan sebelum makin dirugikan

Alhamdulillah udah tak hentikan/putus hubungan dengan telkomsel flash mulai akhir bulan lalu .... jd sekarang tak perlu maki2 lg (krn sejak juli udah ngesot aja jalannya telkomflash... bikin emosi)
 
telkom flash F*CK...........
bener2 keterlaluan dy...
masa gw cm dikasih 4,4 kbps...
gw doain semoga byk operator swasta byar cepet bangkrut tuh makhluk

Hahaha, sabar-sabar bro, hati boleh panas kepala tetep dingin :D

Alhamdulillah udah tak hentikan/putus hubungan dengan telkomsel flash mulai akhir bulan lalu .... jd sekarang tak perlu maki2 lg (krn sejak juli udah ngesot aja jalannya telkomflash... bikin emosi)

Naah, ini contoh konsumen yang baik, dari pada emosi trus mending pindah provider, tul ga bro /heh

Lain kali klo mau pilih provider, pahami dulu kelebihan dan kekurangannya. Supaya nanti ga manis di depan tapi malah pait di belakang nya :)
 
klo telkomsel kan awalny bgs eh pas ke sininy speedny di cekek jd memang sengaja di cekek kan itu nipu bgt....
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.