• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

8 Hal tak terduga yang menyebabkan bau mulut

facebookeb

IndoForum Senior A
No. Urut
210735
Sejak
9 Jan 2013
Pesan
7.471
Nilai reaksi
96
Poin
48
Bau mulut bukan hanya masalah kesehatan, namun juga bisa merusak rasa percaya diri seseorang, serta merusak pergaulan Anda. Tentunya Anda akan sangat malu jika dikenal sebagai orang yang memiliki bau mulut tak sedap.

Bau mulut biasanya disebabkan oleh beberapa masalah kesehatan mulut seperti gigi berlubang, gingivitis, makanan yang tersisa di mulut, dan lainnya. Namun bau mulut tak sedap tak hanya berkaitan dengan kebersihan mulut dan gigi. Ada banyak hal lain di luar kebersihan mulut yang tanpa disadari bisa menyebabkan bau tak sedap.

Berikut adalah beberapa hal tak terduga yang bisa menyebabkan bau mulut, seperti dilansir oleh Boldsky (06/05).

1. Mulut kering
Mulut yang kering sangat memungkinkan menyebabkan bau napas tak sedap. Ini biasanya terjadi jika Anda bernapas lewat mulut, tidur dengan mulut terbuka, atau jika Anda memiliki kebiasaan mendengkur yang parah. Sebaiknya jangan biasanya diri untuk bernapas lewat mulut, kecuali sangat terpaksa, seperti ketika sedang pilek atau mengalami hidung buntu.

2. Mouthwash
Mouthwash atau obat kumur memang dibutuhkan untuk membantu menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Selama ini obat kumur justru dikenal sebagai cairan yang bisa digunakan untuk melawan napas tak sedap. Namun jika Anda menggunakan obat kumur yang salah, Anda justru akan menyebabkan mulut menjadi kering dan menyebabkan bau mulut.

3. Pilek
Jika Anda sedang terkena pilek dan hidung meler, biasanya seseorang akan cenderung bernapas lewat mulut. Begitu juga ketika Anda mengalami demam. Biasanya ini yang akan memicu masalah bau mulut yang tak sedap.

4. Sarapan
Perhatikan juga sarapan yang Anda konsumsi ketika mengalami masalah bau napas tak sedap. Sering melewatkan sarapan juga bisa menyebabkan bau mulut tak sedap. Untuk itu, jangan biasakan melewatkan sarapan dan konsumsi sarapan yang sehat.

5. Diet rendah karbohidrat
Generasi saat ini banyak yang terobsesi dengan berat badan dan diet. Salah satu diet yang dilakukan adalah diet rendah karbohidrat. Namun jika diet ini dilakukan secara berlebihan, bisa menyebabkan seseorang kekurangan karbohidrat. Kurang karbohidrat bisa mempengaruhi napas seseorang dan menjadi salah satu penyebab bau napas tak sedap.

6. Alkohol
Kebiasaan minum alkohol juga bisa memicu tak hanya masalah kesehatan tapi juga masalah bau mulut. Alkohol akan menyebabkan mulut kering dan menjadi tempat yang cocok bagi bakteri penyebab bau mulut untuk berkembang.

7. Makanan yang dikonsumsi
Makanan yang Anda konsumsi pun bisa menyebabkan bau mulut. Beberapa di antaranya adalah makanan seperti bawang putih, bawang merah, dan lainnya yang bisa menyebabkan bau mulut. Untuk mengatasinya, coba kunyah daun mint untuk menghilangkan bau mulut tak sedap.

8. Kurang minum
Minum cukup air tak hanya menjaga kebugaran dan mencegah dehidrasi, melainkan juga bisa mengatasi masalah bau mulut. Banyak minum air akan meningkatkan produksi saliva yang membantu menghilangkan bakteri yang menyebabkan bau mulut. MInum air juga mencegah mulut terlalu kering yang menjadi salah satu penyebab bau mulut.

Itulah beberapa hal tak terduga yang bisa menyebabkan masalah bau mulut. Jangan hanya menjaga kebersihan mulut, tetapi juga perhatikan beberapa hal di atas. Hindari melakukan hal tersebut untuk menjaga mulut tetap segar dan terhindar dari bau tak sedap.
 
iya bener tuh mouthwash klo terlalu tinggi kadar alcohol nya malah bikin mulut kering, alhasil bau lagi deh :-q
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.