• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

7 Alasan Jadi Vegetarian

yanla

IndoForum Senior C
No. Urut
19339
Sejak
24 Jul 2007
Pesan
5.492
Nilai reaksi
276
Poin
83
Ada banyak alasan seseorang memilih menjadi vegetarian. Salah satunya mungkin sama atau malah menginspirasi Anda.

1. For Animal’s Sake
Anda penyayang binatang? Ini bisa jadi salah satu alasan menjadi vegetarian. Banyak orang memutuskan menjadi vegan karena tak tega melihat binatang disembelih untuk dimakan. Inilah alasan etika yang banyak digembar-gemborkan orang-orang Barat.

2. Hidup Lebih Berwarna
Sayur dan buah memiliki banyak warna. Semakin berwarna semakin sehat makanan Anda. Misalnya, sayur dan buah berwarna oranye dan hijau, kaya akan beta karoten. Manfaatnya, tak hanya ampuh menangkal radikal bebas, tapi juga menjauhkan tubuh dari sel kanker. Sementara, sayur dan buah berwarna kemerahan, kebiruan dan keunguan seperti plums, ceri, paprika, blueberry, dan kedelai hitam, mengandung antisianin. Manfaatnya, mencegah proses oksidasi yang terjadi secara dini dan menimbulkan penyakit degeneratif.

3. Sehat Lebih Lama
Dengan menjadi vegetarian, kita terhindar dari semua lemak hewani. Kita tahu, lemak hewani merupakan sumber kolesterol yang jadi salah satu pemicu penyakit jantung dan kanker. Selain itu, tubuh juga akan mendapat banyak serat dari sayuran dan buah. Bahan makanan ini sumber antioksidan yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Oh ya, meski hanya mengonsumsi sayuran, buah dan kacang-kacangan, tak perlu takut terkena osteoporosis. Asupan kalsium bisa dicukupi dari kacang-kacangan, tempe, tahu, susu kedelai dan sayuran berwarna gelap seperti bayam dan brokoli.

4. Berat Badan Stabil
Karena asupan lemak dari hewani berkurang, Anda tak perlu lagi takut kegemukan. Namun, jangan takut kelaparan juga. Makanan sehat seperti sayur-sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian dan buah-buahan cukup kok memenuhi semua kebutuhan tubuh. Bahkan bisa membantu Anda mendapatkan berat tubuh ideal. Dengan rajin makan sayur dan buah, otomatis tubuh kita mengonsumsi banyak serat. Dijamin, pencernaan akan lancar dan racun-racun di tubuh pun bisa keluar setiap hari.

5. Hemat
Kita tahu produk daging dan olahannya termasuk bahan makanan yang harganya mahal. Mengurangi konsumsi daging dan menggantinya dengan sayuran dan kacang-kacangan, artinya Anda telah menghemat pengeluaran belanja harian atau jatah uang makan siang. Coba bandingkan ketika Anda makan di warung makan dengan mengunakan daging sebagai lauk dan menggunakan tahu atau tempe sebagai lauk. Pengeluaran Anda pasti jauh beda.

6. Cegah Global Warming
Jangan kaget dulu, apalagi tertawa! Fakta yang diungkap FAO tahun 2006 menjelaskan bahwa daging merupakan komoditi penghasil emisi karbondioksida paling tinggi (20%). Ini bahkan melampaui jumlah emisi gabungan dari semua kendaraan di dunia. Kok bisa? Ternyata industri ternak telah menghasilkan 9% racun karbondioksida, 65% nitrooksida, dan 37% gas metana. Selain itu, industri ternak juga memerlukan banyak energi untuk mengubah ternak menjadi daging siap konsumsi. Untuk memproduksi 1 kg daging saja misalnya, dihasilkan emisi karbondioksida 36,4 kilo. Wah!

7. Save Energy
Saat ini krisis energi dan pangan merebak ke seantero muka bumi. Ingin hemat energi? Salah satunya dengan menjadi vegetarian atau setidaknya kurangi sumber makanan hewani. Seperti dijelaskan di atas, bahan makanan hewani membutuhkan lebih banyak konsumsi energi dalam produksi dan suplainya dibanding makanan nabati. Menurut U.S. Geological Survey, untuk membuat satu tangkup hamburger, misalnya membutuhkan setidaknya 1.300 galon air. Jadi, tidak heran jika produk pangan hewani dan junk food memerlukan lebih banyak energi dibanding dengan mengolah sayuran, buah dan beras.


Sumber: kompas
 
Hehheeh itu toh alasannya...

Hmm aku mah g vegetarian, abs kayanya bosen bgt makananya rasanya itu2 aj ^^.. mang dasarnya aj pemakan semuanya..(yang bnr2 makanan tapi) ;))
 
heuheuheue.. campur2 dah ^^
 
Gw sih masih mau makan daging, soalnya enak kan....
 
Syalom.............
Susah ah nggak makan daging. Apalagi kalau lagi ada pesta, pasti sebagian besar menunya danging, terutama daging ****(maaf, anda pasti mengetahuinya. Saya takut menyinggung perasaan saudara-saudara yang beragama seberang).
 
gw seh doyan sayuran2 tapi gw lbi suka daging...
tapi dimana2 daging smua sih.... susah jg
 
semua yang berkaki ampat boleh dimakan, kecuali kursi dan meja, itupun keras....

semua yang merayap boleh dimakan, kecuali kereta api... itupun keras...
 
@atas
yg bnr itu makhluk hiduplah...
br X ni ad org yg mw mkn kereta api,walaupun itu keras.../swt /swt
 
THE WORLD MEATLESS DAY, 25 Nov 2008,Teman2 mari kita sambut hari tanpa daging, hayoo, jangan makan daging, satu hariiii ajaaa, bisa kan????
thx all
 
gw lebih suka daging dari pada sayur.. sayur itu rasanya ga ngeh ama lidah.. ehehe..

kebayang kalo gw jadi vegetarian makin kurus aja nie badan
 
yap..
ini gaya hidup gw..
jarang2 lo isa dpt member IF yang vege kayak gw..
hihihiihhi,,
 
yap..
ini gaya hidup gw..
jarang2 lo isa dpt member IF yang vege kayak gw..
hihihiihhi,,

ui..salut...

bro Rey uda hidup vege yah...>:D<

salut dah gw...

gw blom mampu...

bis drumah pada masak daging:D
 
aq vege iqt ajarn agama soale..
hehehehe..
 
aq vege iqt ajarn agama soale..
hehehehe..

ajaran agama REYz pasti agama buddha kan???

sama dengan gw donk klo gitu...

tapi gw blom jalanin vege tuh>:D<
 
oooowwww...
q ks tw aj d..
vge itu selain bikin sehat, juga bikin seger loo...
psti peemikiran org awam vege bikin malah cpt kurus..
buktinya aq nih..
udah vge 10th lbih, tp berat bdn q 90kg..
ap namanya itu klo bukan gmuk??
makan vege jg bukan makan sayur doank..
ada daging palsu juga..
saran gw sih vege aja..
 
oooowwww...
q ks tw aj d..
vge itu selain bikin sehat, juga bikin seger loo...
psti peemikiran org awam vege bikin malah cpt kurus..
buktinya aq nih..
udah vge 10th lbih, tp berat bdn q 90kg..
ap namanya itu klo bukan gmuk??
makan vege jg bukan makan sayur doank..
ada daging palsu juga..
saran gw sih vege aja..

gile bro uda 10 taon=D>

katanya ci klo orang uda vege pasti bgus nasibnya...

trus klo nyium aroma daging bikin perut mual kepengen hoax......

CMIIW
 
iya..
btul..
aq klo d ajak nenek q k pasar, pasti tutup idung..
baunya gk nahan..
 
klo untuk memulai mengurangi hingga tidak makan daging, sebaiknya mulai dengan menu hidangan jamur. Cara ini saya pernah coba dan berhasil. Jamur sangat mudah memasaknya, cukup bawang putih & bawah merah, garam, sedikit minyak sudah jadi. Sebagai pendukung utama mie instan juga sangat pass! Jadi pingin nyoba....
 
klo untuk memulai mengurangi hingga tidak makan daging, sebaiknya mulai dengan menu hidangan jamur. Cara ini saya pernah coba dan berhasil. Jamur sangat mudah memasaknya, cukup bawang putih & bawah merah, garam, sedikit minyak sudah jadi. Sebagai pendukung utama mie instan juga sangat pass! Jadi pingin nyoba....

setau aq bawang merah, bawah putih, mi instant ( exm : indomie rasa kaldu ayam) ga bleh dikonsumsi bt yg vege.
note : mie instant bt orang vege ada yg khusus. jadi, byak mie2 instant yg dijual ditoko bkan bt vege:)
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.