• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

5 Jenis Guru yg Ada Saat Ini, Pernahkah Menemui?

Angela

IndoForum Addict A
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
41.357
Nilai reaksi
23
Poin
0
Menjadi Guru Idaman yg Sesungguhnya

5 Jenis Guru yg Ada Saat Ini, Pernahkah Menemui?


ilustrasi

Assalamualaikum warahmatullah​

Guru adalah sebuah nama yg disematkan bagi seseorang yg menyampaikan ilmu untuk para murid atau peserta didik.

Sejatinya, peran guru adalah peran mulia yg sama dengan peran para nabi. Segenap nabi & rasul diutus untuk menyampaikan risalah, mengajarkan ilmu. Untuk para nabi, ilmu ilahiyah-lah yg diajarkan untuk segenap umat.

Jika hari ini, ada guru yg benar-benar menauladani para Nabi, tidak dapat dipungkiri, para muridnya akan selamat tidak cukup di dunia, tetapi hingga di akhirat kelak.

Hanya saja, semakin kemari, peran ini bukan lagi jadi peran panggilan hati, tetapi jadi sebuah profesi yg berorientasi pada duniawi & materi semata.

Berikut ini ada beberapa ragam guru yg dapat kita temui di instansi-instansi pendidikan:

1. Guru Anyar
Guru anyar atau guru baru adalah guru yg mencoba mempraktekkan ilmu yg diperolehnya saat mengenyam pendidikan tentang ilmu keguruan yg dimiliki.

Karena masih anyar atau baru, tentu saja masih belum memiliki banyak pengalaman saat mengajar, apalagi dengan beragam tipe murid yg ditemui saat berada di ruang-ruang kelas.

Mungkin secara semangat, masih menggebu-gebu karena masih baru. Hal tersebut memang jadi point tersendiri bagi guru-guru anyar.

Sayangnya, akan jadi pertimbangan tersendiri kalau masih belum memiliki pengalaman, otomatis ia butuh lebih banyak lagi belajar saat berada lapangan.

2. Guru Saudagar
Tidak salah kalau seorang guru, selain sibuk mengajar, ia sibukkan dirinya dengan berdagang atau jadi saudagar.

Hanya saja, akan jadi sebuah kesalahan kalau seorang guru itu tidak dapat menempatkan dirinya & tidak dapat mengatur waktu.

Jangan hingga ketika berada di kelas, saat kewajibannya menyampaikan ilmu di ruang belajar, tetapi pikirannya tidak dapat konsentrasi dengan sebab sibuk memikirkan orderan yg masuk.

Boleh jadi, dengan keadaan seperti itu, maka justru akan sulit memperoleh keberkahan.

3. Guru Gusar
Guru gusar adalah salah satu tipe guru yg sering saja bingung dengan posisi & kedudukan.

Guru semacam ini mana mungkin dapat mengajar dengan sepenuh hati, apalagi dapat mengajar dengan sepenuh jiwa raga. Hati & pikirannya sering saja bingung dengan hal-hal yg tidak penting.

4. Guru Nyasar
Guru nyasar atau guru salah alamat, hari ini semakin banyak ditemui. Guru-guru nyasar adalah guru yg pada akhirnya terpaksa jadi guru karena instansi-instansi tempat berlabuhnya surat lamaran yg linier dengan ijazahnya, tidak dapat menerima mereka, bahasa kasarnya mereka-mereka tidak masuk kualifikasi jadi pegawainya.

Karena sudah ke sana kemari tidak ada yg menerimanya, opsi terakhir mereka berlabuh pada profesi guru. Padahal jadi guru setidaknya memiliki ilmu keguruan yg harus dimiliki.

Pada akhirnya, tidak sedikit kita temui guru-guru yg cuma mentransfer ilmu, tidak mendidik apalagi membimbing & mengarahkan jadi manusia beradab.

Hati-hati peserta didik yg gersang karena cuma otak yg diisi tidak pada hati mereka. Banyaknya murid berilmu tetapi krisis adab.

5. Guru Sabar
Dari beberapa macam guru yg kerap kita jumpai, mungkin pada tipe guru kelima ini, yaitu guru sabar, kita akan kesulitan menemukannya.

Karena memang kesabaran itu karunia yg tidak semua dapat memilikinya. Hanya beberapa kecil orang saja yg dapat menjalaninya ditambah pula karena memang orang-orang yg memiliki niatan yg benar dalam menjalani perannya.

Begitulah beberapa ragam pendidik yg sering kali kita temui di sebuah lembaga pendidikan. Semoga tidak akan kita temui lagi guru-guru yg tidak berjalan pada jalurnya.

Wassalamualaikum warahmatullah

Tulisan: NovellaHikmiHas
Narasi: Narasi pribadi​


Hari ini 21:08
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.