• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

3 Racun Paling Berbahaya Yang Berasal Dari Lautan

Angela

IndoForum Senior A
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
7.075
Nilai reaksi
2
Poin
0
Quote:
3 Racun Paling Berbahaya Yang Berasal Dari Lautan



SELAMAT DATANG DI THREAD S.O.S.
emoticon-Ultah


Selamat siang semuanya
emoticon-Hai

Apa kabar kalian semuanya? Sehat kah?
emoticon-Shakehand2

Semoga kalian semua dalam kondisi yg sehat walafiat tanpa kekurangan suatu apapun
emoticon-Smilie
.


Well, gue menulis thread ini karena ada mata pelajaran tentang ilmu kelautan di sekolah gue
emoticon-Malu (S)
.



Siapa di sini yg menyukai makanan laut? Kalau ada yg suka, selamat!
emoticon-Jempol

Berarti Anda sayang kepada NKRI
emoticon-I Love Indonesia
.



Indonesia merupakan negara yg menduduki peringkat perdana sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Menurut data BPS tahun 2019, jumlah pulau di Indonesia tercatat berjumlah 16.056 pulau.

Selain itu, menurut situs resmi WorldAtlas.com, Indonesia juga memperoleh peringkat kedua sebagai negara dengan garis pantai terpanjang di dunia setelah negara Kanada.

Sehingga, tidak perlu diragukan lagi apabila beberapa akbar wilayah Indonesia terdiri dari lautan. Bahkan, 84 persen wilayah negara Indonesia terdiri dari lautan (SUMBER 2). Enam belas persen sisanya merupakan wilayah daratan.





Ngomong-ngomong soal laut nih, tahukah kalian, bahwa ada beberapa racun dari laut yg berbahaya & dapat menyebabkan kita mengalami keracunan apabila kita mengonsumsinya? (SUMBER 3)

Hmmm.... kedengarannya menakutkan ya
emoticon-Takut


Oke oke, nggak usah banyak omong lagi
emoticon-Shutup
.
Langsung saja kita ke topik pembahasannya
emoticon-Smilie
.


Berikut adalah 3 racun paling berbahaya yg banyak terdapat pada makanan laut:

Spoiler for Silakan menyimak:
1. Saxitoxin



Saxitoxin merupakan racun berbahaya yg dapat menyebabkan keracunan kerang paralitik (keracunan kerang yg disertai kelumpuhan). Racun saxitoxin diproduksi oleh ganggang laut tipe dinoflagellatae. Racun yg diproduksi oleh ganggang tersebut akan terakumulasi di dalam tubuh beberapa spesies kerang-kerangan, seperti kerang hijau, remis & scallop.

Keracunan kerang paralitik memang tidak biasa, namun sudah terjadi di berbagai belahan dunia. Keracunan ini terjadi setelah mengonsumsi kerang yg mengandung saxitoxin. Setelah memakan kerang yg mengandung racun tersebut, racun saxitoxin akan mengacaukan sistem saraf. Hal ini dapat menyebabkan gejala mati rasa di bagian mulut, lidah & badan yg disebabkan karena gangguan sistem saraf.

Pada kasus keracunan saxitoxin yg paling serius, dapat terjadi kelumpuhan otot & henti napas yg dapat mengakibatkan kematian.


2. Tetrodotoxin



Tetrodotoxin adalah sejenis neurotoksin yg sangat berbahaya. Racun ini banyak terdapat di dalam tubuh ikan buntal (ikan fugu).

Tetrodotoxin merupakan racun yg mengganggu kinerja serabut-serabut saraf, khususnya pada bagian lidah & bibir. sehingga dapat menyebabkan pusing & muntah-muntah, yg disertai dengan mati rasa (kebas) & sensasi seperti ditusuk-tusuk jarum pada tubuh. Gejala keracunan tetrodotoxin yg lainnya, antara lain kesemutan, denyut nadi sangat cepat, penurunan tekanan darah & kelumpuhan otot.

Tetrodotoxin dapat melumpuhkan otot diafragma & mengacaukan kerja sistem pernafasan. Seseorang yg keracunan ikan buntal biasanya masih sanggup untuk bertahan hidup, walaupun kemungkinan dapat mengalami koma selama beberapa hari.


3. Brevetoxin



Brevetoxin merupakan racun berbahaya yg dapat menyebabkan keracunan kerang neurotoksik. Brevetoxin dihasilkan oleh ganggang laut tipe dinoflagellate.

Konsumsi kerang-kerangan yg terkontaminasi oleh brevetoxin dapat mengakibatkan gangguan pada sistem pencernaan & sistem saraf.

Gejala keracunan brevetoxin yg timbul pada sistem pencernaan, antara lain nyeri perut, muntah & diare. Sedangkan gejala yg timbul pada sistem persarafan, antara lain sensasi geli di mulut, tangan & kaki, kekacauan koordinasi, pembalikan sensasi suhu panas & dharap, serta vertigo.




Cukup sekian tulisan dari gue
emoticon-Smilie
.

Apabila ada salah mengatakan atau ada kata-kata gue yg kurang berkenan, gue mohon maaf
emoticon-Malu
.

Selamat siang
emoticon-Matahari
.


Quote:
Pesan dari gue:

Menyukai makanan yg berasal dari laut (seafood) memang merupakan bukti nyata kalau Anda mensayangi negara Indonesia, tetapi Anda harus berhati-hati pada saat Anda mengonsumsi makanan laut. Jangan hingga nyawa Anda harus melayang sia-sia cuma karena racun yg terdapat pada makanan laut.​




Quote:
Sumber:


1. Pemikiran gue sendiri
emoticon-Big Grin
.
2. https://m.fimela.com/lifestyle-relat...cunan-kerang-i
3. https://www.radarcirebon.com/2016/12...cun-mematikan/
4. https://news.detik.com/berita-jawa-t...nsumsi-manusia
5. https://emergency.cdc.gov/agent/brev...in/casedef.asp
6. Dan sumber-sumber lainnya yg tercantum di thread ini.
Hari ini 14:48
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.