• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

3 Jurus Marketing Atasi Beban Krisis

tommy-ch

IndoForum Newbie A
No. Urut
11387
Sejak
11 Feb 2007
Pesan
306
Nilai reaksi
36
Poin
28
gunjE7MyUU.jpg


JAKARTA - Mendekati kondisi ekonomi yang semakin berat di awal tahun, pelaku pasar perlu mengedepankan pendekatan low budget high impact. Yakni strategi marketing yang murah tetapi efektif dalam menggaet pelanggan.

Adapun dengan cara tersebut akan lebih mudah untuk meminimalisir beban yang lebih besar lagi akibat krisis finansial global yang terjadi.

Hal tersebut disampaikan Chairman and Founder MarkPlus Hermawan Kartajaya, kepada wartawan, di Hotel Ritz Carlton, Pasific Place, Kawasan SCBD, Jakarta, Kamis (11/12/2008).

"Menghadapi ekonomi yang makin sulit, pelaku marketing dituntut melakukan segala bentuk efisiensi dan lebih inovatif," ujarnya.

Hermawan menuturkan, ada tiga hal yang harus diperhatikan para pelaku pasar di tahun depan. Pertama, resesi ekonomi global yang menuntut pasar untuk melakukan konsolidasi agar tidak tersungkur di tengah persaingan.

Kedua, perlunya intergrasi antarnegara ASEAN. Ketiga, memasuki pemilu tahun depan diperlukan adanya retribution how wealth, di mana para politisi akan mengalirkan dananya ke grass root yang membuat kondisi market semakin membesar.

Outlook 2009

Dia pun memperkirakan, outlook di tahun 2009 nanti akan memasuki beberapa fase, di antaranya kuartal pertama memasuki periode emergency. Kuartal kedua dan ketiga masa critical point yang merupakan masa paling penting bagi pelaku pasar untuk mendapat pelanggan baru.

Sementara kuartal terakhir adalah masa yang merupakan kesempatan bagi sebuah brand untuk menjadi lebih menarik dan menunjukkan keunggulannya.

Intinya, lanjut Hermawan, para pelaku pasar di tahun depan bukan lagi mengedepankan strategi get, keep, and growth, melainkan keep, get, and growth.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.