• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

[17K Post Celebration]A lot about FIFA World Cup 2010

AzV

IndoForum Activist A
No. Urut
58206
Sejak
30 Nov 2008
Pesan
21.205
Nilai reaksi
306
Poin
83
2010 FIFA World Cup akan menjadi ke-19 FIFA World Cup, turnamen sepakbola internasional yang akbar. Pesta rakyat ini dijadwalkan akan berlangsung antara 11 Juni dan 11 Juli 2010 di Afrika Selatan. 2010 FIFA World Cup akan menjadi puncak dari proses kualifikasi yang dimulai pada Agustus 2007 dan melibatkan 204 dari 208 tim nasional FIFA.

Ini akan menjadi pertama kalinya bahwa turnamen ini telah diselenggarakan oleh negara Afrika, setelah mengalahkan Afrika Selatan Maroko dan Mesir di Afrika yang semua proses penawaran. Italia adalah juara bertahan. Yang menarik untuk final berlangsung pada tanggal 4 Desember 2009 di Cape Town.

Afrika dipilih sebagai tuan rumah untuk Piala Dunia 2010 sebagai bagian dari kebijakan baru untuk memutar acara antara football konfederasi (yang kemudian ditinggalkan pada Oktober 2007). Lima negara Afrika ditempatkan tawaran untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2010:
Mesir
Libya / Tunisia (co-hosting)
Maroko
Afrika Selatan

Menyusul keputusan Komite Eksekutif FIFA tidak memperbolehkan co-host turnamen, Tunisia mundur dari proses penawaran. Komite juga memutuskan untuk tidak mempertimbangkan tawaran solo Libya karena tidak lagi memenuhi semua ketentuan yang ditetapkan dalam Persyaratan Daftar resmi.

Setelah satu putaran pemungutan suara, tawaran yang menang diumumkan oleh Presiden FIFA Sepp Blatter pada sebuah konferensi pers pada tanggal 15 Mei 2004 di Zürich. Afrika Selatan dianugerahi hak untuk menjadi tuan rumah turnamen, mengalahkan Maroko dan Mesir

Hasil Voting
Afrika Selatan 14
Maroko 10
Mesir 0

Tunisia mundur pada 8 Mei 2004 setelah bersama penawaran tidak diizinkan
Tawaran Libya ditolak: tawaran tidak memenuhi persyaratan dan daftar penawaran bersama tidak diizinkan

Kompetisi kualifikasi untuk Piala Dunia FIFA 2010 adalah serangkaian turnamen yang diselenggarakan oleh FIFA enam konfederasi. Masing-masing konfederasi - AFC (Asia), CAF (Afrika), CONCACAF (Amerika Utara), CONMEBOL (Amerika Selatan), OFC (Oseania), dan UEFA (Eropa) - dialokasikan sejumlah tertentu dari 32 tempat di turnamen. Sebanyak 204 tim memasuki proses kualifikasi, dengan Afrika Selatan, sebagai tuan rumah, kualifikasi secara otomatis. Kualifikasi pertama pertandingan dimainkan pada tanggal 25 Agustus 2007 dan kualifikasi menyimpulkan pada 18 November 2009. Secara keseluruhan, 2.337 gol itu dicetak lebih dari 848 pertandingan.

Group A
1.South Africa
2.Mexico
3.Uruguay
4.France

Group B
1.Argentina
2.Nigeria
3.Korea Republic
4.Greece

Group C
1.England
2.USA
3.Algeria
4.Slovenia

Group D
1.Germany
2.Australia
3.Serbia
4.Ghana

Group E
1.Netherland
2.Denmark
3.Japan
4.Cameroon

Group F
1.Italy
2.Paraguay
3.New Zealand
4.Slovakia

Group G
1.Brazil
2.Korea DPR
3.Cote D'Ivore
4.Portugal

Group H
1.Spain
2.Switzerland
3.Honduras
4.Chile

Maskot resmi untuk Piala Dunia FIFA 2010 adalah Zakumi (lahir 16 Juni 1994 (umur 15)), sebuah anthropomorphised macan tutul dengan rambut hijau. Namanya berasal dari "ZA", singkatan internasional untuk Afrika Selatan, dan "kumi", sebuah kata yang berarti "sepuluh" dalam berbagai bahasa Afrika. dengan warna maskot mencerminkan dari negara tuan rumah bermain strip - kuning, dan hijau .

Zakumi's lahir bertepatan dengan hari yang dikenal dan diperingati sebagai Hari Pemuda di Afrika Selatan dan kelompok kedua pertandingan. Tahun 1994 menandai non-rasial pertama pemilihan nasional di Afrika Selatan. Dia akan usia 16 pada tahun 2010.

Zakumi resmi yang moto adalah: "Zakumi adalah permainan Fair Play." Moto terlihat di papan iklan digital selama Piala Konfederasi FIFA 2009, dan juga akan muncul dalam tahun depan Piala Dunia FIFA

Pada hari Final Draw untuk Piala Dunia FIFA 2010 Afrika Selatan, bola resmi untuk kompetisi telah meluncurkan. Itu adalah Adidas Jabulani, yang berarti 'Untuk merayakan' dalam Ilokano, adalah edisi 11 adidas yang bola Piala Dunia FIFA.

11 warna yang terdapat pada Jabulani merupakan penghormatan baik kepada sepak bola itu sendiri dan negara di Afrika yang pertama kalinya Piala Dunia FIFA akan diadakan. Mereka mewakili warna untuk jumlah pemain dalam setiap tim, setiap bahasa resmi Afrika Selatan dan untuk masing-masing dari 11 suku Afrika Selatan yang akan menyambut dunia tahun depan. Desain merayakan dua aspek yang paling penting dari negara Afrika Selatan, keragaman dan harmoni, seperti prinsip-prinsip inilah yang membuatnya seperti bangsa berwarna-warni dan ramah.

Grip dan alur
Jabulani mengantar di beberapa kemajuan besar dalam sepakbola teknologi. Menjalankan tangan di atas bola, kesan pertama adalah grip'n'groove tekstur, yang memungkinkan untuk kontrol yang maksimum, stabil pegangan penerbangan dan sempurna dalam segala kondisi.

Cengkeraman dan alur profil lingkaran berputar mengelilingi seluruh bola di jalan aerodinamis yang optimal dan terpadu alur penerbangan memberikan karakteristik yang tak tertandingi, membuat ini yang paling stabil dan paling akurat bola adidas pernah.

Minimal jahitan, lebih sempurna
Sebagai lawan dari flat-panel bingkai bola adidas sebelumnya, terdiri dari delapan termal Jabulani berikat panel 3D yang telah, untuk pertama kalinya, bola dibentuk untuk membuat bola ini bulat sempurna sepak bola yang lebih akurat daripada sebelumnya.

"Menurut FIFA ketat rentang spesifikasi untuk bola, kami telah menciptakan sebuah bola yang kecil dan berat maksimum yang memungkinkan untuk akurasi, sempurna dan sangat stabil pegangan penerbangan," kata Thomas Van Schaik, yang adidas Kepala Hubungan Masyarakat Global.

Sejumlah pemain terbaik dunia telah bergema Thomas sentimen. Frank Lampard berkomentar: "Itu bola yang sangat kuat, benar untuk memukul." Sementara pihak yang menerima salah satu pemogokan Lampard kiper Petr Cech kata "Anda dapat merasakan energi yang datang ke arah Anda, seperti tembakan."

Argentina dan Jerman adalah dua di antara 12 tim kontestan Piala Dunia 2010 yang kostumnya dilengkapi fitur-fitur canggih buatan produsen aparel asal Jerman, adidas.

Fitur canggih terbaru yang ditanamkan adidas dalam seragam-seragam itu disebut sebagai Techfit. Teknologi Techfit memungkinkan pemain melakukan gerakan yang lebih baik dalam kondisi cuaca apa pun.

Secara umum, seragam Techfit dibuat dengan sistem kompresi sehingga membuat pakaian itu melekat lebih ketat ke badan pemain. Dengan demikian, pemain dapat mencapai tenaga, kecepatan dan daya tahan yang maksimum, mengurangi getaran otot dan memperbaiki postur tubuh pemain.

Teknologi ini meningkatkan kekuatan pemain 5,3 persen, kekuatan lompatan bertambah 4 persen, kecepatan lari naik 1,1 persen dan daya tahan otot meningkat 0,8 persen.

Sony bersama dengan FIFA mengumumkan langkah yang baru pertama kalinya dilakukan. Perusahaan elektronik dari Jepang bersama dengan badan sepak bola dunia ini akan memanjakan para penggila bola dengan membawa ajang World Cup 2010 dalam bentuk tiga dimensi (3D).

Ini berarti, setiap orang yang memiliki piranti tertentu dapat merasakan sensasi seperti di dalam stadion dengan hadirnya teknologi tersebut. Sony akan merekam pertandingan piala dunia menggunakan kamera profesionalnya, sehingga dijamin tampilan yang dihasilkan sangat memuaskan.

Dikutip dari TechRadar, Jumat (4/12/2009), sebanyak 25 pertandingan yang digelar di Afrika Selatan ini akan bisa dinikmati via sejumlah produk seperti Bravia LCD TV, perekam dan pemutar Blu-ray, VAIO dan PS3.

Selain akan ditayangkan melalui sejumlah piranti tersebut, Sony dan FIFA juga akan mempertontonkannya di lokasi yang mereka beri nama 'Fan Fest'. 7 kota yang beruntung disambangi 'Fan Fest' ini ialah London, Berlin, Meksiko, Paris, Rio De Janeiro, Roma dan Sidney.

Sony pun turut mengemas ajang empat tahunan itu dalam format film (Official 3D Film) di mana perilisannya dilakukan usai gelaran tersebut. Untuk trailernya, Sony mempersilakan mereka yang mengunjungi sejumlah toko retailer yang menjual produk Sony, termasuk Sony Stores untuk mencicipinya lebih dahulu.

Sony memang serius dengan teknologi 3D-nya. Mereka yakin 3D akan menjadi preposisi yang kuat di tahun 2010.

"Transisi ke 3D sedang berlangsung, dan kami berniat untuk menjadi pemimpin dalam setiap aspek. Sponsor kami dari piala dunia memungkinkan Sony untuk menjelajah teknologi cutting-edge 3D dan produk premier Sony dengan konten yang luar biasa, guna menghasilkan pengalaman menonton yang unik dan menarik," ujar Sir Howard Stringer, Chairman, CEO dan Presiden Sony Corp.



lirik lagunya
Ooooooh Wooooooh

Give me freedom, give me fire, give me reason, take me higher
See the champions, take the field now, you define us, make us feel proud
In the streets are, exaliftin , as we lose our inhabition,
Celebration its around us, every nations, all around us

Singin forever young, singin songs underneath that sun

Lets rejoice in the beautifull game.

And together at the end of the day.

WE ALL SAY

When I get older I will be stronger

They'll call me freedom Just like a wavin' flag

And then it goes back
And then it goes back
And then it goes back

When I get older I will be stronger
They'll call me freedom
Just like a wavin' flag

And then it goes back
And then it goes back
And then it goes

Oooooooooooooh woooooooooohh hohoho

Give you freedom, give you fire, give you reason, take you higher
See the champions, take the field now, you define us, make us feel proud
In the streets are, exaliftin, every loser in ambition,
Celebration, its around us, every nations, all around us

Singin forever young, singin songs underneath that sun

Lets rejoice in the beautifull game.

And together at the end of the day.

WE ALL SAY

When I get older, I will be stronger
They'll call me freedom
Just like a wavin' flag

And then it goes back
And then it goes back
And then it goes back

tambahan
Dari Piala Dunia ke Piala Dunia, nilai kontrak untuk hak siar bertambah mahal. Untuk Piala Dunia 2010, berapa kira-kira dana yang harus dikeluarkan untuk sebuah hak siar?

Setelah beberapa tahun sebelumnya hak siar Piala Dunia 2010 dipegang oleh perusahaan TV atau broadcaster, maka baru untuk Piala Dunia 2010 hak siarnya dimiliki oleh sebuah perusaahaan entertainment.

Adalah Electronic City Entertainment (ECE) yang menjadi pemenang hak siar Piala Dunia 2010 untuk wilayah Indonesia. ECE adalah perusahaan satu grup dengan Electronic City Indonesia yang merupakan perusahaan ritel dan distribusi barang elektronik.

ECE kemudian menjual siaran pertandingan secara mutlak kepada RCTI dan Global TV. Kedua tasiun televisi swasta nasional inilah yang bakal menyiarkan pertandingan-pertandingan Piala Dunia kepada seluruh pencinta sepak bola di tanah air.

Lalu, muncul pertanyaan. Berapakah biaya yang harus dikeluarkan ECE untuk memegang hak siar tersebut? ECE enggan memberitahu hal ini lantaran ada perjanjian dengan FIFA.

"Nilai kontrak itu tidak bisa diberitahukan karena terikat kontrak dengan FIFA," tukas Direktur Sales & Marketing ECE, Fary Farghob.

Sebagai perbandingan, SCTV yang memegang hak siar Piala Dunia 2006 dikabarkan harus mengeluarkan dana sebesar US$ 10 juta atau setara sekitar Rp 90 miliar saat itu. Angka itu dua kali lipat nilai hak siar Piala Dunia 2002 yang hanya sebesar US$ 5 juta.

Jadi, silakan dikira-kira sendiri berapa harga hak siar yang dirogoh RCTI untuk Piala Dunia kali ini
Stadion Greenpoint, Afrika Selatan yang telah dipilih FIFA untuk menjadi tempat bertanding semi final Piala Dunia 2010, pada hari Senin kemarin telah dinyatakan siap digunakan.

Dalam pidato upacara pembukaannya, Walikota Cape Town Dan Plato mengungkapkan “Ini merupakan sesuatu yang membanggakan yang sudah kita tunggu sekian lama. Masyarakat Cape Town, ini stadion kita, dan kini telah siap untuk dunia,”

Stadion dengan tempat duduk 68.000 sekaligus mampu membuat pandangan penonton untuk langsung melihat icon Table Mountain dan tempat bersejarah Robin Island, tempat dimana Nelson Mandela pernah dipenjara.

Proses pembangunan Stadion Greenpoint ini sendiri sempat terhenti selama 32 bulan akibat pemogokan buruh dan juga menghadapi perlawanan sengit dari kaum enviromentalists yang mengklaim bahwa keberadaan stadion tersebut akan merusak pemandangan kota.

Biaya pembuatan stadion Greenpoint diperkirakan menelan biaya sebesar 4,5 milyar Rand atau sekitar 605 juta dolar. Dan ini merupakan satu dari sepuluh tempat yang disediakan tuan rumah untuk pertandingan bola pada Piala Dunia 2010 mendatang. Stadion lain yang sudah selesai dan siap digunakan diantaranya termasuk Musa Mabhida di Durban dan Soccer City di Johannesburg.

1. Moses Mabhida Stadium​





2. Ellis Park Stadium




3. Soccer City Stadium​





4. Green Point Stadium​








5. Loftus Versfeld Stadium​






6. Free State Stadium






7. Royal Bafokeng Stadium​






8. Mbombela Stadium





9. Peter Mokaba Stadium​






10. Nelson Mandela Stadium








Nike memperkenalkan Nike supercharged sepatu sepak bola Seri Elite memberikan tingkat kinerja baru, yang akan tersedia melalui FSC Shop.

Nike Mercurial Vapor Superfly II, CTR360 Maestri, Total90 Laser III dan III Legend Tiempo semua fitur kinerja baru atas untuk meningkatkan visibilitas di-lapangan dan outsole direkayasa ulang untuk memberikan kinerja yang ringan untuk setiap gaya pemain.

Desainer Nike telah mengurangi berat boot masing-masing sehingga pemain dapat melakukan yang terbaik. Ringan konstruksi, teknik rumit, karbon-enforced kekuatan dan warna kontras tinggi membedakan sepatu bot.

Warna-warna kontras tinggi (logam Mach dan Total Orange Purple) yang direkayasa bersama untuk meningkatkan visibilitas. Untuk pemain bola kombinasi unik ini dirancang untuk meningkatkan kinerja visual yang memungkinkan mereka dengan cepat tempat rekan mereka dan melakukan permainan pass-berubah.

"Di Nike, kita memiliki fokus pada inovasi produk yang tiada henti untuk memberikan keunggulan kompetitif atlet nyata dan menghasilkan produk-produk terbaik di dunia," kata Andrew Caine, Direktur Desain Nike Football Alas Kaki. "The Nike Elite Seri memberikan ringan dan sangat rekayasa sepatu untuk para pemain terkemuka di dunia untuk tampil di panggung terbesar musim panas ini."

Ringan kinerja dan ditingkatkan di-lapangan visibilitas
Penelitian menunjukkan bahwa pengeluaran energi rata-rata pemain elite lebih dari 1.000 Kilo Kalori per game player 75kg. Mengurangi berat yang dibawa oleh pemain membantu mengurangi energi yang dibutuhkan selama 90 menit. Dengan memberikan kinerja supercharged ringan untuk semua tingkat empat sepatu bot Nike pernyataan tujuannya adalah untuk memberi pemain keunggulan pada tahap akhir permainan.

Super-kuat, pelat serat karbon ringan berarti Mercurial Vapor Superfly II adalah 5% lebih ringan. The Maestri CTR360 adalah 19% lebih ringan. Baik Total90 Laser III dan III Legend Tiempo 16% lebih ringan.

Dengan hampir empat tahun analisis permainan, studi biomekanik dan pengujian pemain tim desain dan Nike Sports Research Lab (NSRL) bekerja sama untuk memahami bagaimana memberikan inovasi produk baru termasuk menggabungkan manfaat kinerja visual ke dalam desain boot.

1. Mercurial II ELITE SERIES


2. T90 Shoot III ELITE SERIES


3.CTR 360 ELITE SERIES


4. Tiempo ELITE SERIES
kalo menarik dan puas GRP yah
kalo belum puas
tinggal bilang kurang apa
bisa diupdate kok
 

Vans eiger

IndoForum Senior C
No. Urut
69130
Sejak
22 Apr 2009
Pesan
5.332
Nilai reaksi
212
Poin
63
Kayaknya lebih cocok dimoved ke subforum soccer zone nih. :)

BTW, congrat'z yah brader atas prestasimu ini.. dan teruslah meroket..! /no1
 

AzV

IndoForum Activist A
No. Urut
58206
Sejak
30 Nov 2008
Pesan
21.205
Nilai reaksi
306
Poin
83
gw sengaja gak bikin di soccer room
soalnya penggemar bola kan gak cuma di soccer room
gw bikin disini supaya semua anak2 bisa baca
lagipula kan banyak juga penggemar 'dadakan' yang cuma demen bola pas piala dunia
 

Revelation

IndoForum Senior A
No. Urut
80589
Sejak
20 Sep 2009
Pesan
7.499
Nilai reaksi
220
Poin
63
Ternyata bolanya Adidas lagi yah /hmm mmg langganan
Tapi apakah di sampe sebagus Adidas Fevernova yg dikalim sebagai bola terbaik untuk PD ? /hmm kabarnya saking bagusnya bola itu bisa ditendang hingga kecepatan 180km/jam kata Zidane /hmm Sebab waktu PD 2006 itu Adidas Teamgeist ternyata tidak sebagus Fevernova...

Ternyata teknologi pada Baju berpengaruh jga yah /hmm hehehe /gg selama ini Baju prasaan gw cma buat pelengkap aja /hmm
 

AzV

IndoForum Activist A
No. Urut
58206
Sejak
30 Nov 2008
Pesan
21.205
Nilai reaksi
306
Poin
83
^
baju belakangan ada teknologinya juga
kayak misalnya baju timnas senegal juga kan dibikin supaya bentuk badan mereka yang berotot keliatan
terus baju nike buat tim2 bola biasa ada ventilasinya
dll
 

Revelation

IndoForum Senior A
No. Urut
80589
Sejak
20 Sep 2009
Pesan
7.499
Nilai reaksi
220
Poin
63
^
^
^
Iya bener gw juga liat itu ttg ventilasi dan bentuk yg memungkinkan mereka bisa bergerak bebas kaya waktu launching seragambaru Spanyol ama Rusia
 

AzV

IndoForum Activist A
No. Urut
58206
Sejak
30 Nov 2008
Pesan
21.205
Nilai reaksi
306
Poin
83
kaos MU juga ada semacam ventilasi lubang2 kecil gitu kok
kalo dipake nyaman
 

Revelation

IndoForum Senior A
No. Urut
80589
Sejak
20 Sep 2009
Pesan
7.499
Nilai reaksi
220
Poin
63
sama kaya kaos Nike gw juga ada jadi adem /gg
 

r3ck0rd

IndoForum Activist E
No. Urut
35305
Sejak
6 Mar 2008
Pesan
10.527
Nilai reaksi
117
Poin
63
^ kaos gw malah dingin... /omg

btw indonesia ga lolos kualifikasi yah...
kalo taon 2022 Indonesia mau jadi tuan rumah tapi ga lolos kualifikasi gmn yah...
 

Revelation

IndoForum Senior A
No. Urut
80589
Sejak
20 Sep 2009
Pesan
7.499
Nilai reaksi
220
Poin
63
yah gagal kualifikasi = kubur ambisi donk /gg lagian juga nekad banget kondisi stadion aja masih kek sisa - sisa perang gitu... tar jagoan kalah dilemparin lagi ama supporter =))

nggak juga vin tergantung baju lo lubangnya segede apa... kalo Nike itu biasanya nggak dingin tapi adem soalnya pas banget
 

efflux

IndoForum Newbie C
No. Urut
81124
Sejak
28 Sep 2009
Pesan
136
Nilai reaksi
1
Poin
18
wah.. nice infoo yah... nice share.. /no1
 

AzV

IndoForum Activist A
No. Urut
58206
Sejak
30 Nov 2008
Pesan
21.205
Nilai reaksi
306
Poin
83
^ kaos gw malah dingin... /omg

btw indonesia ga lolos kualifikasi yah...
kalo taon 2022 Indonesia mau jadi tuan rumah tapi ga lolos kualifikasi gmn yah...
kalo piala dunia 2018 di eropa
piala dunia 2022 kemungkinan besar di asia
Indonesia punya keunggulan diantara pesaing2nya di Asia
karena Indonesia merupakan negara yang memiliki ciri khas
terdiri dari puluhan suku bangsa
ini jadi nilai +
 

Revelation

IndoForum Senior A
No. Urut
80589
Sejak
20 Sep 2009
Pesan
7.499
Nilai reaksi
220
Poin
63
tp kalo stadionnya blm mendukung mana bisa.. itu kan unsur utama /hmm
 

r3ck0rd

IndoForum Activist E
No. Urut
35305
Sejak
6 Mar 2008
Pesan
10.527
Nilai reaksi
117
Poin
63
yah gagal kualifikasi = kubur ambisi donk /gg lagian juga nekad banget kondisi stadion aja masih kek sisa - sisa perang gitu... tar jagoan kalah dilemparin lagi ama supporter =))

nggak juga vin tergantung baju lo lubangnya segede apa... kalo Nike itu biasanya nggak dingin tapi adem soalnya pas banget
yah yang nonton juga bukan orang Indonesia doang :D
 

tusuksate

IndoForum Activist A
No. Urut
48279
Sejak
14 Jul 2008
Pesan
20.342
Nilai reaksi
397
Poin
83
Itu yg baju bisa meningkatkan performa emang beneran, sama kaya baju renang dan sepatu buat atlit lari marathon....
makanya karena semakin tinffi teknologi rekor2 olahraga jaman dahulu bisa di kalahkan dengan rekor2 baru, walaupun ga adil buat org yg jaman dulu teknologinya masih rendah...
 

byakuya

IndoForum Activist C
No. Urut
46894
Sejak
25 Jun 2008
Pesan
14.460
Nilai reaksi
288
Poin
83
wah selamat ya.............
semua bener2 ttg wc 2010........./no1
 

khoe

IndoForum Senior A
No. Urut
57222
Sejak
16 Nov 2008
Pesan
8.672
Nilai reaksi
198
Poin
63
palingan indonesia klo maw jd tuan rmah musti kyak piala asia kmarin....
digabung dg be2rapa negara......
soalna stadion yg dipake piala dunia kan musti banyak......
 

AzV

IndoForum Activist A
No. Urut
58206
Sejak
30 Nov 2008
Pesan
21.205
Nilai reaksi
306
Poin
83
^
dan berkualitas tentunya
serta gak bakalan mati lampu lagi kayak piala asia dulu
 

Empty

IndoForum Senior A
No. Urut
39566
Sejak
8 Apr 2008
Pesan
6.934
Nilai reaksi
173
Poin
63
Selamat yo bro~ /no1
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.