• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

1 Liter = ? km ?

666

IndoForum Junior B
No. Urut
19114
Sejak
19 Jul 2007
Pesan
2.522
Nilai reaksi
67
Poin
48
Motor kalian 1 liter bisa brp km ?

kok punya saya 1 = 30 yah, padahal motor baru, dan dari dealernya blg 1 = 60 itu standart /swt
 
crypton 98, standar, oversize 0,25
bensin 1:35

bensin, tergantung pemakaian. bukaan gas, kemacetan, suhu lingkungan..dll
 
Borosnya bensin kan juga tergantung dari cara berkendaraan nya.. Kalo misalnya melaju melawan arah angin yg besar maka ada hambatan dan itu yg membuat bensin boros.
Ada lagi,kalo lu naik mtr gas nya lu mainkan naik turun.. Itu juga pengaruh.. Tapi biasa nya dan umumnya bebek 4tak 1 ltr=35-45km. Itu pun perkiraan mengingat bnyk sekali faktor yg dpt membuat bensin mengalir lbh bnyk.. Kl motor ada udah di bubut piston nya, nah itu yg bisa juga bikin motor boros.. Bnyk deh yg mesti di perhatikan..
 
Motor kalian 1 liter bisa brp km ?

kok punya saya 1 = 30 yah, padahal motor baru, dan dari dealernya blg 1 = 60 itu standart /swt

CBX 200 RR 2007
1 liter Shell super sekitar 30an KM(untuk pemakaian dalam kota jakarta)

biasanya untuk motor tuh ada istilahnya ECONO drive (CMIIW) alias penggunaan maksimal bensin dengan tenaga(kecepatan) yang digunakan.

klo gak salah di sebutkan di buku petunjuk(manual) nya, misalkan 1L bensin = 45KM dengan RPM tidak melebihi 8000RPM atau dengan kecepatan tidak melebihi 70KM/H. dan tentu saja itu di test di sirkuit, yang notabene aspalnya rata, tanpa macet dan tentu saja bukaan gasnya di urut, gak langsung bejek.

dan ingat, itu spidometer dengan kawat, biasanya KM nya di lebihkan, maksudnya ketika jarum spido menunjukan angka 80KM/H, tapi kecepatan yang sesungguhnya adalah sekitar 70anKM/H(klo mo lebih tepat, gunakan GPS, sehingga tau kecepatan yang sebenarnya) nah hal itu berpengaruh dengan jarak tempuh juga.

di motor juga tertuliskan MAx torque adalah sekian RPM dan Max Power pada sekian RPM, klo mo hemat dan mendapatkan tenaga yang bagus, usahakan saja pindah gear pada RPM Max Torque. klo Max Power tentu saja lebih kenceng, tapi ya resikonya lebih boros :D
 
Pusing /e14

Jadi intinya, penggunaan bensin ga bisa diperkirain??
Kan perkiraan di motor pada saat test dengan pemakaian asli itu berbeda-beda.
Faktor angin, faktor gas, faktor aspal, faktor cara berkendara (lagipula pengetesan motor pasti dilakukan oleh ahli ga mungkin anak muda yang baru bisa naik motor Kyk gw gini :D)
 
Gw tambahin Faktor Irit borosnya bensin juga dari karburator! Semakin besar ukuran karburator semakin boros bensinnya! Dan juga type karburator vakum itu lebih boros! Contoh Jupiter-Z dengan Karburator Vakum standard ukuran 18, 1liter cukup untuk 50-60km! Sedangkan Jupiter MX dengan karburator vakum standard ukuran 22, 1liter hanya cukup untuk 35-40km saja!
Sepedaku Jupiter-Z pake karburator Vakum nya ninja ukuran 30 1liter cuman untuk 10km! /omg

Sekedar tips, kalo pengen irit, pas nyetir, ga usa di gas banyak2 karena bikin karburator kerja keras dan makan bensin banyak! Dan pake spare parts standard! /gg
Atau kalopunya duit, beli aja sepeda motor yg udah pake Injection! Supra-X 125 PGM-FI misalnya, 1liter bisa untuk 100-120km!
 
Gw tambahin Faktor Irit borosnya bensin juga dari karburator! Semakin besar ukuran karburator semakin boros bensinnya! Dan juga type karburator vakum itu lebih boros! Contoh Jupiter-Z dengan Karburator Vakum standard ukuran 18, 1liter cukup untuk 50-60km! Sedangkan Jupiter MX dengan karburator vakum standard ukuran 22, 1liter hanya cukup untuk 35-40km saja!
Sepedaku Jupiter-Z pake karburator Vakum nya ninja ukuran 30 1liter cuman untuk 10km! /omg

Sekedar tips, kalo pengen irit, pas nyetir, ga usa di gas banyak2 karena bikin karburator kerja keras dan makan bensin banyak! Dan pake spare parts standard! /gg
Atau kalopunya duit, beli aja sepeda motor yg udah pake Injection! Supra-X 125 PGM-FI misalnya, 1liter bisa untuk 100-120km!
ah gak mesti nyalahin karbu kok pak, klo settingan campuran udara dan bensinnya pas gak bakal boros. toh klo di setting irit juga bisa walau karbu bengkak, tapi dengan resiko mesin rusak. dan ada perbedaan antara karbu 4tak dengan 2tak.
Sepedaku Jupiter-Z pake karburator Vakum nya ninja ukuran 30 1liter cuman untuk 10km!
cuma cek dulu settingan jetting nya, dan jangan lupa cek busi, item gak? jgn2 setting jettingnya boros. klo bebek 1L cuman 10KM mah keterlaluan sekali. ninja aja (setau g ukuran karbunya 28) gak seboros itu.
Atau kalopunya duit, beli aja sepeda motor yg udah pake Injection! Supra-X 125 PGM-FI misalnya, 1liter bisa untuk 100-120km!
ini serius??? wekekekkke. setau g sih SUSI(SUpra InjekSI) gak sampe se irit itu. dulu di test ma Mplus cuman lebih irit sekitar 3%-an(CMIIW). ya sekitar 60KMan untuk 1 Liternya. lagian itu kan injeksi baru stage 1.........

saran aja :
klo mo lebih irit, pakai kopling manual, karena jika digunakan dengan benar, dapat mengurangi power loss akibat pemindahan gear :D :D :D
 
kopling manual? Vespa dunkz T.T boros bgt tu motor warisan nenek moyang :))
 
saran aja :
klo mo lebih irit, pakai kopling manual, karena jika digunakan dengan benar, dapat mengurangi power loss akibat pemindahan gear :D :D :D

maksudnya gimana ini? cara pencet koplingnya ya?
 
maksudnya gimana ini? cara pencet koplingnya ya?

bgini maksudnya. klo motor semi manual(alias pake kopling tapi otomatis, tuh seperti bebek tanpa kopling), coba deh rasain klo mo ngebut, jadi gigi oper ke 1 trus bejek gas sekenceng2nya, pasti motor terasa ngeden dulu sebelum jalan bukan???? nah itu disebabkan karena kopling otomatis nya bekerja, dan melepas kampas koplingnya pelan2, jadi ada power loss dsitu.
bandingkan dengan ketika kita pake kopling tangan, kita bejek gas langsung lepas tuh kopling, langsung ngibrit bukan?? malah bisa standing :D :D :D alias Wheelie. jiakakakakakka.
Kopling otomatis tuh bekerja melepas kampas kopling setelah beberapa waktu(sekian detik).
klo gak percaya, coba aja test motor dengan spek sama, 1 pake kopling manual, satu gak pake, muter2 disekitar jalan yang macet, lebih boros mana. :D :D :D
 
Motor gw sekarang smash new 2006 1km = 55km, motor gw yg dulu Tornado GS 1996 1km = 35km
 
kalo motor gw

1 : 35
itu juga da irit bgt kek nya
 
Blitzjoy 1 L = 45 km
ZX 130 1 L = 55 km, tapi kalo pas macet parah 1 L = (cuma) 35 km (Hiks)
Shogun SP 1 L = 60 km (ini motor paling irit yang gw punya, mungkin karena kopling manual?)
Supra X 125 Injeksi PGM FI (punya adek) 1 L = 55 km (kayaknya gak ngaruh banyak deh injeksi ma karbu, gimana pengalaman yang lain?)
 
Blitzjoy 1 L = 45 km
ZX 130 1 L = 55 km, tapi kalo pas macet parah 1 L = (cuma) 35 km (Hiks)
Shogun SP 1 L = 60 km (ini motor paling irit yang gw punya, mungkin karena kopling manual?)
Supra X 125 Injeksi PGM FI (punya adek) 1 L = 55 km (kayaknya gak ngaruh banyak deh injeksi ma karbu, gimana pengalaman yang lain?)

kok new shogun SP saya, 1 L = 30-35 km sih, kamu bisa 60. punya saja kopling manual
 
vega r 1liter = 40km /sob katanya padahal bisa sampe 60 tuh /swt
 
kok new shogun SP saya, 1 L = 30-35 km sih, kamu bisa 60. punya saja kopling manual

Hmm.. mungkin tergantung pemakaian kopling bro
Kalo kita sering narik kopling sementara gas hidup tentu saja bensin akan boros, karena disitu terjadi pembakaran yang tidak perlu.
namun kalau pemakaian kopling tepat, dimana kopling ditarik hanya saat gas mati, misalnya saat pengereman, atau perpindahan gigi spontan, pasti akan irit.
Saat perpindahan gigi pun amat berpengaruh, semakin spontan perpindahan gigi semakin irit,
biasanya motor kopling sudah narik di RPM 500 - 1000, (berbeda dengan motor semi otomatis yang mulai narik di 1500 - 2000 rpm), sehingga kalau di rpm 1000 ke atas kita masih narik kopling, pasti borosnya sama dengan motor biasa.
OK bro...selamat mencoba
 
To TS emang motor Kk apa sih bisa kaya gitu borosnya?
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.