• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Aliran Maitreya-Mahayana. Ada kesamaan?

Tambahan lagi, Tahun hidup Patriah ke 7 dengan Ke 8 selisih beberapa ratus tahun juga kan? kemudian Patriah ke 8 dengan ke 9 selisih beberapa ratus tahun bukan 1000 tahun. Mungkin ada rekan2 yang bisa menjelaskan hal ini? atau mungkin ada yang bisa memposting Silsilah Patriah Maitreya beserta tahun hidupnya? saya akan cari dan posting bila dapat.

misalkan bila saya menemukan buku yang ditulis oleh Patriah ke 18 (yang tidak disebarkan) dan mempelajarinya kemudian saya bilang saya adalah patriah ke 19 bolehkah?

Mengapa banyak pemimpin / patriah dari aliran Maitreya yang memiliki nama yang sama dengan pemimpin pemberontakan di China? dan sebagian pemimpin itu di bunuh oleh pihak kerajaan. Apakah Patriah Maitreya ini sama dengan pemimpin Pemberontak? sebagai catatan pada sejarah China, bila seseorang ingin memberontak biasanya menggunakan propaganda seperti titisan dewa A atau murid dari Dewa atau semacam itu.

Bila sekarang Maitreya mulai menemukan jati dirinya, lalu beberapa ratus tahun lalu Maitreya itu adalah aliran yang mencari jati diri?Bagaimana suatu aliran mencari jati dirinya? Apakah dengan menggabungkan semua ajaran agama? karena suatu agama/aliran pasti punya jati diri sejak agama/aliran itu lahir. Mao bukti, silahkan pelajari Agama2 di Indonesia, 90% ajarannya sama dengan ajaran pada saat agama itu lahir, perubahan terjadi karena adanya perubahan jaman tapi inti ajarannya tetap sama.

Untuk penyatuan semua aliran (mengambil yang baik2) siapa yang melakukan?


Saya tahu 5 kata rahasia dari aliran Maitreya dari internet karena saya tidak pernah mempelajari aliran ini. jadi ini bukan lagi rahasia, boleh di posting kah?


NB: @Akiong selamat berlibur....
 
The Later 18 Eastern Patriarchs of I Kuan Tao

The Later 18 Eastern Patriarchs of I Kuan Tao
1. Bodhidharma
2. Shen Guang
3. Sheng Chan
4. Dao Shin
5. Hung Ren
6. Hui Neng (683-713)
============================================================================================
The first six patriarchs are from the Buddhist zen tradition. Starting from the 7th patriarch are sectarian figures.
============================================================================================

7.
- Ma Tuan Yang (709-788)
Tzu : Tao I
Hao : Tao I Chu Shih
Incarnation: Ma Ming (Asvaghosa)

Ma Tao I is the student of Nan-Yue Huai-Jang, a disciple of Hui Neng. He is recognized as one of the lineage in Zen.

- Pai Yu Chan (Born 1194?)
Tzu : Ju Hui
Hao : Hui Chiung Tzu
Tao Hao: Pai Yu Chu Shih
Incarnation: Nan Yue Ta Ti

Pai Yu is a farmer who opened the 108 meditation halls in LuSan mountain.
It is coincidental (or not) that one of the zen disciples of Ma Tao I is called Pai Chang (720-814).

8. Lo Wei Chun (1442-1527)
Tzu: Lo Meng Hong
Hao : Lo Ching 羅清or Lo Tzu
Incarnation: Tai-shang Ta-ti-tzu Kung-yuan Chen-jen

A version stated that Lo attained the patriarch in 1488 during Ming dynasty. He was born in Shandong, was an orphan since little and was raised by his aunt and uncle. He was a soldier as his family has served in military, stationed at MiYun Garrison (about 80 km northwest of Beijing). Lo in 1470 set out in search of masters, and for 13 years had a spiritual journey with different teachers and long period of meditation. He was enlightened in 1482, saw a stream of white light while he was meditating.

He was a great religious teacher and started to preach. Because of jealousy by Confucians, he was imprisoned. Here he showed his spiritual superiority over a monk ShioYin from Tibet. Lo was the only person in Beijing able to silence him. His movement is also called Lo sect 羅教 (Lo Jiao). He was buried in MiYun county

Many sects developed based on his teaching, and adopt Lo as patriarch. Lo never put himself in this patriarch lineage, this lineage most possibly created later.

9. Huang De Hui 黃德輝 (1624-1690)
Incarnation: Yuan-shih Tien-tsun

Huang is a native from Jiang si province. There was a gap between Lo and the next patriarch, Huang was in LuShan and received the transmission by the spirit of Lo and thus become the 9th patriarch in 1662.

He was believed to be the founder of Way of Former Heaven (Hsien Tien Tao) and successfully established the sect in his hometown. One version said he was executed, thus the sect is declining for about 50 years.

10. Wu Tzu Hsiang (1714-1784)
Hao : Ching Lin
Incarnation: Wen-chang Ti-tsun

Wu attained the patriarch at Youyuan temple.

11. He Ku (1730-1795)
Hao : Liao Ku
Incarnation: Chiu-tian Tou-mu Tien-tsun

After Wu's death in 1784, the patriarch was handed to He Liao Ku. 11 years later (1795) he was exiled into military service in GuiZhou, bringing the sect to the southwest.

12. Yuan Tui An (1760-1826)
Tzu : Zi Lian
Hao : Chih Chien, Wu Tien
Incarnation: Yuan-shih Tien-tsun

From GuiZhou, attained patriarch in 1802, and in 1823 he founded the XiGang Hall in ChengDu. From there he spread the teaching in the Yangtze river valley.

13.
- Hsu Huan Wu (1795-1828)
Hao: Chi Nan 徐吉南
Incarnation: Mi-Le Ku-Fo (Maitreya)

- Yang Huan Hsu (1796-1828)
Hao: Shou I 楊守一
Incarnation: Nan-Hai Ku-Fo (Avalokitesvara) from Chengdu

The transfer of patriarch was believed in 1826. The patriarch shared by this two men is a sign of splitting from Hsien Tian Tao. There are a number of new sects arose from Hsien Tien Tao: YuanMing Tao, GuiYi Tao, TungShan She, KuiKen Men, and I Kuan Tao.

14. Yao He Tian 姚鶴天
Hao: Ming Chih
Incarnation: Yao-Chih Chin-Mu

Yao is the first patriarch exclusive to I Kuan Tao. But not much was known about him. Another author suggested that until the time of the 17th patriarch, Lin Jin Mi was named as the 14th patriarch (who is the continuing patriarch in Hsien Tien Tao) and Zhang Tian Ran replaced him with Yao.

15. Wang Hsi Meng (1821-1884)
Tzu: Wang Chueh I 王覺一
Hao: Pei-hai Lao-jen
Incarnation: Shui Ching Tzu (Sui-Ching Ku-Fo)

Some authors regarded Wang as the true founder of I Kuan Tao. He was an orphan from Qingzhou in Shandong. Other author suggested Wang is related to White Lotus Wang Family Sect at ShiFo Kou (Stone Buddha Village) in HeBei.

He founded this new religion in 1878 while studying with a sectarian teacher from ShanXi. A recent unearthed document from the Qing dynasty noted that Wang propagated the three in one religion (san-jiao yi-guan zhi zhi) or I Kuan Jiao 一貫教 (I Kuan religion). He proclaimed universal salvation of the three era (san-cao pu-du). He added to the initiation ritual the dotting of the "soul opening" by hand and abolishing the strict regulations on vegetarian and sexual abstinence. Wang was a medium and quite a literate man, he traveled around the central province SiChuan as a diviner. He also did spirit writing, and has written many sectarian books.

16. Liu Hua Pu 劉化普
Hao: Ching hsu
Incarnation: Chiang Tai Kung

In 1886 declared the name I Kuan Tao with slogan Three in One 三合一 (San He I).

17. Lu Zhong Yi 路中一 (1853-1925)
Hao: Tung Li Tzu
Incarnation: Mi-Le Ku-Fo (Maitreya)

18.
- Zhang Kuang Pi 張光璧 (1889-1947)
Tzu: Kui Sheng
Hao: Tian Ran, Kung Chang
Incarnation: Ji-Gong Huo-Fo

- Sun Su Zhen 孫素真 (1895-1975)
Tzu: Tzu Hsi
Incarnation: Yue-Huei Pu-Sa

============================================================================================

Nah bisa dilihat dari Patriah ke 6 sampe ke 9 selalu selisih beberapa ratus tahun. bahkan patriah ke 9 ke patriah ke 10 aja selisih 24 tahun (dengan catatan begitu lahir Wu Tzu Hsiang langsung jadi Patriah ke 10. bila menunggu dewasa, maka lebih dari 24 tahun selisihnya.

Bahkan antara sesama Patriah ke 7 aja hidupnya ga bareng tuh, gimana bisa jadi sama2 Patriah ke 7?

Mengapa perbedaan tahun hidup ini terjadi? atau Artikel silsilah yang saya dapat ini tidak benar menurut aliran Maitreya? Kalo benar yang saya dapat ini tidak benar, tolong di posting yang benar.

Jadi gimana cara penurunan ajaran dari patriah 6 ke 7, 7 ke 8, 8 ke 9 dan 9 ke 10?

Dan dikatakan Ma Tuan Yang belajar dari Nan-Yue Huai-Jang yang merupakan murid dari Hui Neng, mengapa Nan-Yue Huai-Jang tidak disebut Patriah ke 7 sedangkan Ma Tuan Yang adalah Patriah ke 8? tambah bingung nih.....

============================================================================================
Real Article : The Later 18 Eastern Patriarchs of I Kuan Tao
============================================================================================

Tidak boleh broow....

@Coolguyz bicara sebagai moderator atau pribadi? tapi ga ada bedanya tuh mo pribadi atau moderator untuk posting di atas hehehe :D , tadi udah sempet di posting tapi langsung di edit dan minta ijin dulu deh ama yang bersangkutan, nanti disangkain mendeskreditkan suatu aliran lagi.... :-p
 
@Coolguyz bicara sebagai moderator atau pribadi? tapi ga ada bedanya tuh mo pribadi atau moderator untuk posting di atas hehehe :D , tadi udah sempet di posting tapi langsung di edit dan minta ijin dulu deh ama yang bersangkutan, nanti disangkain mendeskreditkan suatu aliran lagi.... :-p

Saya bicara sebagai moderator..... apa yang mau dibahas tentang 5 kata rahasia dalam Buddha Dharma... tidak ada. Sama sekali tidak etis 'membongkar' keyakinan orang lain. Bedakan pembahasan dengan pembongkaran atau usaha menjelek-jelekkan. Untuk semua aliran, thanx....

Bagi semua:
Kembali ke judul Thread..... bahas Aliran Maitreya-Mahayana. Ada kesamaan?
 
lebih jelas sisilah patriah bisa di baca di artikel yang pernah di beri link sama avuso singtung....oke...

=============

masalah kesamaan...
tujuan dari aliran mahayana kebanyakan bukan lagi nibbana. melainkan masuk ke alam sukhavati...yang konon di sana belajar sama buddha amitabha.

dan tujuan dari maitreya katanya adalah membawa misi perdamaian dimana semua makhluk hidup menjadi damai,rukun,bermoral,dsb-nya...
yang katanya akan membawa "mempercepat" turun-nya buddha maitreya dari langit dan membawa keselamatan kepada semua makhluk.

"mempercepat" ada 2 versi.

yang 1 mempercepat sungguhan...
yang 1 mengatakan bahwa dunia sudah hampir kiamat.(ini mirip dengan ajaran kristen).

dah yah,,,semoga jelas.
 
lebih jelas sisilah patriah bisa di baca di artikel yang pernah di beri link sama avuso singtung....oke...

=============

masalah kesamaan...
tujuan dari aliran mahayana kebanyakan bukan lagi nibbana. melainkan masuk ke alam sukhavati...yang konon di sana belajar sama buddha amitabha.

dan tujuan dari maitreya katanya adalah membawa misi perdamaian dimana semua makhluk hidup menjadi damai,rukun,bermoral,dsb-nya...
yang katanya akan membawa "mempercepat" turun-nya buddha maitreya dari langit dan membawa keselamatan kepada semua makhluk.

"mempercepat" ada 2 versi.

yang 1 mempercepat sungguhan...
yang 1 mengatakan bahwa dunia sudah hampir kiamat.(ini mirip dengan ajaran kristen).

dah yah,,,semoga jelas.

Menurut yg pernah saya dengar.. bahwa nantinya setelah pengikut MLDD ini meninggal, mereka akan dijemput oleh Maitreya dan akan dibimbing di alam yg diciptakan maitreya (persis spt alam sukhavat, mungkin adopsi jugai)...



Kesimpulan dari pembahasan2 diatas... banyak sekali pertanyaan yg muncul utk aliran maitreya... mulai dari sejarah, ajaran dan penokohannya.... semuanya serba remang-remang...

yg masih ada, di bilang udah usang..
yang belum ada, diyakini serta dielu-elukan sptnya sudah ada...

Sepertinya kita getol amat utk "menghina" aliran ini.. tapi nyatanya ajarannya hanyalah retorika, krn semua berdasarkan angan2 dan dongeng yg dibuat oleh pendiri aliran ini.
bagi teman2 se dharma.. bisa juga membaca buku2 aliran ini...
siapa tau saya yg salah pengertian ...
 
lebih jelas sisilah patriah bisa di baca di artikel yang pernah di beri link sama avuso singtung....oke...

=============

masalah kesamaan...
tujuan dari aliran mahayana kebanyakan bukan lagi nibbana. melainkan masuk ke alam sukhavati...yang konon di sana belajar sama buddha amitabha.

dan tujuan dari maitreya katanya adalah membawa misi perdamaian dimana semua makhluk hidup menjadi damai,rukun,bermoral,dsb-nya...
yang katanya akan membawa "mempercepat" turun-nya buddha maitreya dari langit dan membawa keselamatan kepada semua makhluk.

kesamaan dr yg sy maksud. Mahayana-Maitreya;
Dlm Mahayana mengajarkan membaca mantra dan praktek moral dan welas asih agar terlahir di Sukhavati utk melanjutkan latihan disana. Dikaitkan dgn ajaran Maitreya jg yg mengajarkan membaca mantra rahasia 5 suku katanya disertai dng praktek moral yg dijalankan agar dpt terlahir disurga ??tusita?? utk kemudian melanjutkan latihan disana?

Kalau Ya brarti jalur yg ditempuh sama dgn Mahayana dunk? :D alias moral+mantra=tusita -> lanjutkan latihan disana.

Tdk smua org tau aliran Maitreya mempunyai mantra rahasia utk dilafalkan oleh pengikutnya..

Kl bro Carodammo berhasil menemukan diinternet tentunya itu -perkiraan saya- cm mantra Maitreya biasa. Krn dalam Budhisme sendri mantra Maitreya ada 4 mcm.

Dl sekali prnh diinisiasi oleh aliran Maitreya jg, biarpun sterusnya gak prnh ngikutin.krn sy sudah terbiasa dgn tata cara serta pedoman dari Budhayana :D krn itu prnh sekali sy lupa mantranya. pas mau tanya sama upasakanya ama rohaniwannya.. mreka sendiri mengaku tdk berhak utk memberitahukan harus oleh orang yg memberi inisiasi yg berhak untuk memberitahukan saya kembali..

Meski mnrt mreka mantra tsb tersimpan rapat dan tdk boleh dibocorkan, bagi saya rahasia tsb biasa2 saja. krn tuj mantra adl utk membersihkan kilesa pikiran. jd blh diberikan kpd org yg memerlukannya.
 
Menurut yg pernah saya dengar.. bahwa nantinya setelah pengikut MLDD ini meninggal, mereka akan dijemput oleh Maitreya dan akan dibimbing di alam yg diciptakan maitreya (persis spt alam sukhavat, mungkin adopsi jugai)...



Kesimpulan dari pembahasan2 diatas... banyak sekali pertanyaan yg muncul utk aliran maitreya... mulai dari sejarah, ajaran dan penokohannya.... semuanya serba remang-remang...

yg masih ada, di bilang udah usang..
yang belum ada, diyakini serta dielu-elukan sptnya sudah ada...

Sepertinya kita getol amat utk "menghina" aliran ini.. tapi nyatanya ajarannya hanyalah retorika, krn semua berdasarkan angan2 dan dongeng yg dibuat oleh pendiri aliran ini.
bagi teman2 se dharma.. bisa juga membaca buku2 aliran ini...
siapa tau saya yg salah pengertian ...

Sebenernya bukannya "menghina" atau ingin "Menjatuhkan" aliran ini, tapi ingin tau bagaimana pandangan atau pendapat yang menganut aliran ini terhadap hal2 yang dirasakan aneh. Jujur saja, ada beberapa hal yang saya baca atau temukan saat ingin mempelajari aliran Maitreya ini yang menurut saya sangat janggal, makanya saya bertanya dan mungkin kadang2 keras karena masih suka terbawa emosi. tapi sampe sekarang tidak ada penjelaskan yang benar2 dapat diterima.

Sedangkan kalo ajaran yang ada dibilang sudah usang, selama ini saya tidak pernah mendapatkan jawaban yang memuaskan dan membuktikan bahwa ajaran yang ada ini sudah usang. Dan kalo mereka berkata seperti ini, mungkin ada beberapa umat ajaran tsb yang tidak suka dan menyerang balik, itu resiko lah kenapa mereka mengatakan seperti itu.

kesamaan dr yg sy maksud. Mahayana-Maitreya;
Dlm Mahayana mengajarkan membaca mantra dan praktek moral dan welas asih agar terlahir di Sukhavati utk melanjutkan latihan disana. Dikaitkan dgn ajaran Maitreya jg yg mengajarkan membaca mantra rahasia 5 suku katanya disertai dng praktek moral yg dijalankan agar dpt terlahir disurga ??tusita?? utk kemudian melanjutkan latihan disana?

Kalau Ya brarti jalur yg ditempuh sama dgn Mahayana dunk? alias moral+mantra=tusita -> lanjutkan latihan disana.

Tdk smua org tau aliran Maitreya mempunyai mantra rahasia utk dilafalkan oleh pengikutnya..

Kl bro thirdeye berhasil menemukan diinternet tentunya itu -perkiraan saya- cm mantra Maitreya biasa. Krn dalam Budhisme sendri mantra Maitreya ada 4 mcm.

Dl sekali prnh diinisiasi oleh aliran Maitreya jg, biarpun sterusnya gak prnh ngikutin.krn sy sudah terbiasa dgn tata cara serta pedoman dari Budhayana
kembali ke soal mantra, prnh sekali sy lupa mantranya. pas mau tanya sama upasakanya ama rohaniwannya.. mreka sendiri mengaku tdk berhak utk memberitahukan harus oleh orang yg memberi inisiasi yg berhak untuk memberitahukan saya kembali..

Meski -scr pribadi- mnrt mreka mantra tsb tersimpan rapat dan tdk boleh dibocorkan, bagi saya rahasia tsb biasa2 saja. krn tuj mantra adl utk membersihkan kilesa pikiran. jd blh diberikan kpd org yg memerlukannya.
Reply With Quote

Beberapa kesamaan memang ada, tapi bila ditelusuri kecil sekali, mungkin lebih banyak perbedaannya, mengingat mereka sudah mengadopsi semua hal yang baik2 dari semua agama.

Secara pribadi, pendapat kita berbeda untuk masalah rahasia, apa sih tujuan agama Buddha baik Theravada, Mahayana, Tantrayana, Maitreya atau yang lain? kalo memang itu baik untuk semua makhluk, mengapa harus menganut ajarannya dulu baru diberi tahu? Bukankah kita harus memancarkan cinta kasih? tapi mengapa orang yang berbeda keyakinan (aliran minimal) tidak boleh mengetahuinya? setahu saya, dalam agama Buddha (non Maitreya) tidak ada yang namanya rahasia yang hanya diturunkan kepada sekelompok orang saja. Kalo emang bisa menyelamatkan banyak orang mengapa harus dirahasiakan?

mengapa saya ingin posting mantra rahasia tsb, karena ingin tahu apakah benar ini mantra rahasianya atau bukan, tapi setelah dipikir2 ga etis juga. saya pernah dengar, bahwa Master Lu Sheng Yen sudah menuliskan mantra ini di bukunya dan di approve oleh teman saya yang kebetulan dari aliran Maitreya bahwa itu adalah mantra yang sama. tapi sayangnya dia ga kasih tau buku yang mana. so sori buat rekan2 dari aliran maitreya bukannya saya bermaksud mendeskriditkan aliran anda, hanya ingin tahu.

Untuk masalah Surga, kayanya @Akiong atau siapa pernah menambahkan bahwa Lau Mu telah menciptakan alam lain untuk belajar bila dalam kehidupan ini tidak mencapai original Mind. Jadi benarkah surga yang dimaksud adalah Tusita?

oke balik ke persamaan (dari tadi perbedaan terus yach)
1. Sama2 memiliki 4 Kesunyataan Mulia (berdasarkan diskusi dengan @Akiong di thread yang dulu)
2. Sama2 mempraktekkan Cinta Kasih
3. Sama2 menganjurkan vegetarian
4. Sama2 mengakui adanya Maitreya (udah jelas banget donk)
5. bila di kehidupan ini tidak mencapai kesempurnaan / original mind, maka sama2 akan terlahir di suatu alam untuk belajar dan mencapai kesempurnaan (untuk Maitreya alam yang baru atau surga Tusita, saya tidak bisa jawab)

mungkin ada lagi yang bisa menambahkan persamaannya?
 
Saya sih tau mantra rahasianya.. tapi namanya rahasia jangan di sebarin...hehehe.. nanti kena samber 5 petir, nggak bisa posting di IF-Buddhist lagi dong..hehhee..

Mantra emang ada yg bersifat rahasia dan ada yg umum....

persamaan yg lain:
- apa yg ada di ajaran maitreya udah ada di ajaran buddha..
- Juga ada Jalan utama berunsur 8, tapi penjelasannya dangkal, krn tidak ada sedikitpun yg mengarah ke spiritual..
- sama2 membina hati nurani.. tapi maitreya selalu mencari keluar... dan ajran buddha selalu mencari ke dalam.
- sama2 menawarkan keselamatan/liberation, tapi di aliran mldd memerlukan bantuan keluar (bantuan maitreya), sedangkan ajaran buddhist lebih mengutamakan kemampuan individu, krn setiap individu punya kemampuan itu.
 
Saya sih tau mantra rahasianya.. tapi namanya rahasia jangan di sebarin...hehehe.. nanti kena samber 5 petir, nggak bisa posting di IF-Buddhist lagi dong..hehhee..

Mantra emang ada yg bersifat rahasia dan ada yg umum....

persamaan yg lain:
- apa yg ada di ajaran maitreya udah ada di ajaran buddha..
- Juga ada Jalan utama berunsur 8, tapi penjelasannya dangkal, krn tidak ada sedikitpun yg mengarah ke spiritual..
- sama2 membina hati nurani.. tapi maitreya selalu mencari keluar... dan ajran buddha selalu mencari ke dalam.
- sama2 menawarkan keselamatan/liberation, tapi di aliran mldd memerlukan bantuan keluar (bantuan maitreya), sedangkan ajaran buddhist lebih mengutamakan kemampuan individu, krn setiap individu punya kemampuan itu.

ngapain takod ?
toh yg mengatakan bakal kesambar petir juga manusia
emg klo gw sebut, dia nya bisa ngirim petir bwat nyamber kita ?
kwkwkwkwk ^^
menuhankan 5 kata itu ?
bkn kah itu melenceng dr konsep ??
icon12.gif
 
Kan xie Thien En Se Te

Kepada saudara-saudara terkasih....cobalah hubungin wihara maitreya terdekat di tempat anda tinggal....tanya kepada pengurus wihara<foThang>
apakah itu thanCu..atau TienChuanSe .Minta keterangan tentang Silsilah TAO menurut versi MLTD atau IkuanTao.

Saya melihat banyak kesalahan-kesalahan dari posting teman-teman dari MLTD atau IkuanTao tentang silsilah Tao<versi Maitreya>.Mohan maklum apa adanya.

Xie-Xie..ching tuo tuo pao han....
 
Semua agama, semua aliran agama, kalau perbedaan yang dicari, maka jumlahnya akan puluhan, ratusan, ribuan banyaknya...

Tapi kalau persamaan yang dicari.... maka ternyata semuanya sama saja.... kalau tidak dilakukan tak ada manfaatnya....
 
Kan xie Thien En Se Te

Kepada saudara-saudara terkasih....cobalah hubungin wihara maitreya terdekat di tempat anda tinggal....tanya kepada pengurus wihara<foThang>
apakah itu thanCu..atau TienChuanSe .Minta keterangan tentang Silsilah TAO menurut versi MLTD atau IkuanTao.

Saya melihat banyak kesalahan-kesalahan dari posting teman-teman dari MLTD atau IkuanTao tentang silsilah Tao<versi Maitreya>.Mohan maklum apa adanya.

Xie-Xie..ching tuo tuo pao han....

uruta silsilah yg benar yg spt apa? coba di post...
 
@Taneda, bisa tolong di posting ga silsilah yang benar menurut anda? di dekat rumah saya ada vihara Maitreya (ga tau MLDD atau yang lain) tapi selalu tertutup, bahkan saat puja bhakti (kebaktian) saja pintu luarnya hanya di buka pada saat ada umat mereka yang datang kemudian ditutup kembali. baru dibuka kembali saat selesai.

Gimana bisa belajar, soalnya kesan "ekslusif"-nya tinggi banget, dan dari lingkungan tempat tinggal saya (yang banyak umat Buddha nya) tidak bisa masuk kesana. dan untuk vihara yang lain (selain aliran maitreya) setahu saya pintu depan selalu dibuka agar umat Buddha yang ingin sembayang atau diskusi bisa masuk. Dan ini tidak hanya 1 vihara tapi ada lebih dari 3 vihara yang saya ketahui.

ditambah lagi sekarang saya tidak di indonesia.

Jadi dimohon kebaikan hatinya untuk memposting silsilah yang benar.
 
@Taneda, bisa tolong di posting ga silsilah yang benar menurut anda? di dekat rumah saya ada vihara Maitreya (ga tau MLDD atau yang lain) tapi selalu tertutup, bahkan saat puja bhakti (kebaktian) saja pintu luarnya hanya di buka pada saat ada umat mereka yang datang kemudian ditutup kembali. baru dibuka kembali saat selesai.

Gimana bisa belajar, soalnya kesan "ekslusif"-nya tinggi banget, dan dari lingkungan tempat tinggal saya (yang banyak umat Buddha nya) tidak bisa masuk kesana. dan untuk vihara yang lain (selain aliran maitreya) setahu saya pintu depan selalu dibuka agar umat Buddha yang ingin sembayang atau diskusi bisa masuk. Dan ini tidak hanya 1 vihara tapi ada lebih dari 3 vihara yang saya ketahui.

ditambah lagi sekarang saya tidak di indonesia.

Jadi dimohon kebaikan hatinya untuk memposting silsilah yang benar.

Ntar bukan silsilah yang benar yang keluar, tetapi silsilah versi pihak tertentu... karena memang dari berbagai sumber saya ketahui bahwa silsilah TAO (Maitreya, baik IKD maupun MLDD) itu tidak sama... ini saya ketahui lagi dari sdr.Taneda bahwa ada silsilah lain lagi... hehehehehehe... bisa barabe...
 
@Coolguyz bicara sebagai moderator atau pribadi? tapi ga ada bedanya tuh mo pribadi atau moderator untuk posting di atas hehehe :D , tadi udah sempet di posting tapi langsung di edit dan minta ijin dulu deh ama yang bersangkutan, nanti disangkain mendeskreditkan suatu aliran lagi.... :-p

Sebagai moderator broow...
Karena kalo diposting pasti akan timbul keributan, harap maklum...
 
@Coolguyz, ngerti n maklum kok, makanya diberi penjelasan bahwa tadinya udah diposting trus ga sampe 5 menit di edit (tepatnya kalimat itu dihapus) n minta ijin dulu ama rekan2 yang laen. trus kayanya tadi ada yang posting deh mantra itu trus di edit oleh @Roughtorer n sekarang sudah menghilang :D dari thread ini postingannya...

btw thanks atas tanggapannya. :D

oke, kembali ke topik utama, ada yang bisa kasih tambahan persamaannya lagi ga?jadi penasaran apalagi persamaan lainnya... :D
 
@Coolguyz, ngerti n maklum kok, makanya diberi penjelasan bahwa tadinya udah diposting trus ga sampe 5 menit di edit (tepatnya kalimat itu dihapus) n minta ijin dulu ama rekan2 yang laen. trus kayanya tadi ada yang posting deh mantra itu trus di edit oleh @Roughtorer n sekarang sudah menghilang :D dari thread ini postingannya...

btw thanks atas tanggapannya. :D

oke, kembali ke topik utama, ada yang bisa kasih tambahan persamaannya lagi ga?jadi penasaran apalagi persamaan lainnya... :D

hoho.. kl mnrtku persamaan intinya -biarpun eksternalnya banyak perbedaan/kontrovesial- tp sy rs persamaan internalnya yg inti mirip2 dgn aliran Sukhawati..>:D<

membaca mantra+moral=surga tusita-->dibimbing oleh Maitreya disana.

kl yg diatas dibenarkan oleh pengikut Maitreya brarti ajaran inti aliran Maitreya adalah spt itu. Shg hal2 lain yg eksternal yg menimbulkan kontroversial bagi sebagian umat Budha selama ini bs disampingkan.
 
Ntar bukan silsilah yang benar yang keluar, tetapi silsilah versi pihak tertentu... karena memang dari berbagai sumber saya ketahui bahwa silsilah TAO (Maitreya, baik IKD maupun MLDD) itu tidak sama... ini saya ketahui lagi dari sdr.Taneda bahwa ada silsilah lain lagi... hehehehehehe... bisa barabe...

Seperti yg saya bilang dari dulu2...
sejarahnya emang serba tidak jelas, membingungkan..
hanya berdasarkan dongeng dan angan2 dari pembuka agamanya...
sulit dibuktikan...
 
hoho.. kl mnrtku persamaan intinya -biarpun eksternalnya banyak perbedaan/kontrovesial- tp sy rs persamaan internalnya yg inti mirip2 dgn aliran Sukhawati..>:D<

membaca mantra+moral=surga tusita-->dibimbing oleh Maitreya disana.

kl yg diatas dibenarkan oleh pengikut Maitreya brarti ajaran inti aliran Maitreya adalah spt itu. Shg hal2 lain yg eksternal yg menimbulkan kontroversial bagi sebagian umat Budha selama ini bs disampingkan.


@imhereyahum, apakah di aliran Mahayana ada suatu jaminan saat anda menganut aliran Mahayana dan membaca mantra tertentu anda sudah pasti terlahir di surga dan dibimbing oleh Buddha Amitaba? soalnya yang saya tahu, saat seseorang di Ciu Tao, maka saat itu juga namanya tercatat di alam surga dan tidak akan terlahir kembali di alam2 apaya dan alam manusia. Dan setau saya, semua aliran agama Buddha yang lain menekankan pada tindakan dan perbuatan. Sehingga semua orang bisa mencapai surga bila berbuat baik atau mencapai Nibanna walaupun tidak mengenal ajaran Buddha ataupun tidak mengenal Buddha asalkan orang ini menjalankan Jalan Tengah Beruas 8. ini dibuktikan oleh Pertapa Gautama yang sekarang kita sebut Buddha Gautama, saat itu siapa yang mengenal BUddha?

Oh iya, satu lagi yang paling penting, Maitreya masih Boddhisatva masih belum bebas dari belenggu alias belum mencapai Nibanna, sendangkan Buddha Amitaba diyakini sudah Buddha yang telah terbebas dari belenggu/sudah mencapai pencerahan. Bagaimana Maitreya mengajarkan pembebasan belenggu/mencapai pencerahan di suatu surga bila Beliau sendiri masih terbelenggu dan belum mencapai pencerahan?

Jadi dari awalnya udah ada perbedaan mencolok sehingga saya tidak setuju dengan kalimat anda.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.