• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Mengapa Pura Kami Dibakar?

Status
Tidak terbuka untuk balasan lebih lanjut.

awanbiru

IndoForum Newbie E
No. Urut
26800
Sejak
27 Nov 2007
Pesan
51
Nilai reaksi
0
Poin
6
Om Swastyastu....

Maaf, postingan saya ini bukan bermaksud SARA atau yang lainnya. saya hanya ingin berpendapat bahwa sebenarnya di negeri kita Indonesia raya belom ada kebebasan beragama seperti yang diungkapkan dalam Pancasila dan UUD45. Pada kenyataannya masih ada kekerasan dengan mengatasnamakan agama. kasus ini terjadi di lombok, Pura kami dibakar oleh salah satu agama tertentu.

Apakah salah kami?

Saya tidak menyerukan kepada Umat Hindu Sedharma untuk membalas perbuatan ini, tapi saya menyerukan seluruh umat hindu dan umat beragama lainnya untuk bersatu melawan kekerasan dengan alasan apapun, karena kekerasan bukanlah jalan terbaik untuk mencapai MOKSA.

Semoga damai dihati, damai didunia, damai selalu.....

gedongfo2.th.jpg

kemalikul4.th.jpg

mutiarayanghilangdiekoriv0.th.jpg

puing2pembakaransa4.th.jpg

tanggapelinggihbhataragwj6.th.jpg

sisikterlepasrr9.th.jpg

pajengyangterkoyakpd1.th.jpg
 
hmm gw bukan agama hindu
tp gw turut prihatin sm kejadian yg terjadi sm luw..
klo blh tau dgn alesan apa pura kok isa ampe dibakar ??
yg bakar sapa ?? FP* ??
 
waduh ulah FP* lagi nih :-SS
saya turut prihatin juga :(
 
grrr grrr grr gw juga emosi
 
Om awignamastu namo sidham

Semoga mereka diberikan cinta kasih dan penerangan :)

Om Santih Santih Santi Om
 
hmm gw bukan agama hindu
tp gw turut prihatin sm kejadian yg terjadi sm luw..
klo blh tau dgn alesan apa pura kok isa ampe dibakar ??
yg bakar sapa ?? FP* ??

sebenarnya umat disana sedang melakukan pemugaran dan perbaikan pura. mereka menyerang dengan alasan pembangunannya tidak mendapat ijin, padahal sebelumnya pura tersebut sudah lama berdiri. yang membakar adalah umat mayoritas yang ada disana.
 
Bli, mungkin karena sekarang jamannya kaliyuga Bli, "yang BEnar jadi SAlah yang Salah jadi BEnar". ini sih pendapat saya, ya udah bli mau berapa ribu pura pun dibakar asal jangan ikut terbakar juga hati kita, biar nanti Ida Sang Hyang Widhi yang mengatur, mungkin dibakarnya Pura tersebut, adalah kehendak IDa Sang Hyang Widhi untuk mencapai sebuah harapn yang lebih indah lagi.

walapun Pura dibakar, tapi umat Hindu masih tetep bisa sembahyang kan, jadi biarlah apa yang terjadi, maklumin untuk harapn yang lebih baik lagi.

Good Postingan, Hal kayak giniain nih yang harusanya di bahas!!

Keyenn, muantap tob markotobh
 
biarpun saya bukan umat hindu saya mengucpakan turut prihatin atas terjadinya peristiwa ini /no1 semoga ga terulang lagi dan tidak mempengaruhi tingkat keimanan klian par aumat hindu d tempat tersebut /no1

ga usah dendam atau memblasa karena mereka akan mendapatkan pembalasan yang setimpal /no1

salam damai bagi para umat hindu /no1
 
ini ulah org2 picik yg berjiwa kerdil dan fanatik buta ma Agamanya sehingga menganggap Agama lain adalah sesat

Wahai orang2 cinta Damai..... lihatlah Bali dimana Hindu mayoritas
adakah Mesjid, Gereja ato Vihara yg dibakar disana ????
 
turut prihatin bli walaupun aku bukan beragama hindu
sungguh kejam sekali org yg membakar pure tsb
padahal itu kan sebagai t4 ibadah
jgn ada dendam bli,biarlah tuhan yg akan membalasnya
hukum karma msh berlaku kok /no1
 
saya bukan umat hindu, tapi saya prihatin atas kejadian tersebut....

saya setuju dengan anda, sebaiknya semua agama bersatu untuk melawan kekerasan, dalam bentuk apapun...
 
tenang bro...

Pura kita dibakar..tapi jangan sampai hati kita ikut terbakar!Yg jelas orang2 yg ngebakar tempat suci tuch bukan orang beragama..mungkin mereka pemeluk salah satu agama tapi mereka bukan orang yg beragama karena memeluk agama dengan beragama tuh beda...di dunia ini milyaran orang memeluk agama tapi cuma segelintir yang beragama...jangan sampai kita benci ke salah satu agama tersebut..
 
Dalam bait II mantram Trisandhya disebut :
0m Hyang Widhi (Tuhan Yang Maha Esa) yang diberi gelar Narayana, segala makhluk yang ada berasal dari Hyang Widhi, Dikau bersifat gaib, tak berwujud, tak terbatas oleh waktu, menguasai segala kebingungan, tak termusnahkan. Dikau Maha Cemerlang, Maha Suci, Maha Esa, tidak ada DuaNya, disebut Narayana dan dipuja oleh semua makhluk.

Di sini jelas bahwa Tuhan (Hyang Widhi itu tidak berwujud dan tidak dapat diwujudkan, tetapi mengapa ada patung-patung Dewa Apakah Umat Hindu menyembah berhala?

Marilah kita mengambil perbandingan pada apa yang dilakukan oleh orang intelek dan modern.

Kita tahu bahwa semua bangsa di dunia mencintai dan menghormati bangsanya, tetapi tidak seorangpun tahu bagaimana rupa sebenarnya dari apa yang disebut bangsa itu.

Bangsa Indonesia menggambarkan simbul bangsanya itu dengan bendera Merah Putih, Garuda Pancasila dan sebagainya.

Apakah memang betul begitu rupa dari bangsa Indonesia itu?
Bendera Merah Putih itu hanya secarik kain yang terdiri dari kain merah dan putih, apakah kita menghormati kain, bukankah kain itu ciptaan manusia?

Semua itu hanya sekedar simbul yang sangat berguna untuk memantapkan rasa hati berbangsa. Pada waktu upacara bendera semua orang dengan tertib dan khidmat memberi hormat kepada Bendera, meskipun semua orang tahu bahwa bendera itu berasal dari kain ciptaan manusia.

Tetapi tiap upacara 17 Agustus ia diberikan penghormatan luar biasa. Bila ada yang menghina bendera merah putih, bangsa Indonesia bisa marah, dan yang menghina bisa diadili, karena bendara merah putih itu adalah representasi dari NKRI.

Sama halnya, sekalipun NKRI hanya satu, bendera merah putih terdapat atau dipasang di berbagai kantor, dari kantor lurah sampai istana presiden.

Pura adalah suatu tempat suci dengan segala simbul-simbul keagamaannya sebagai actualisasi untuk melaksanakan ajaran-ajaran suci dalam Weda guna memuja Tuhan Yang Maha Esa.

-oOo-​
 
Loh kenapa bisa dibakar ? Apa alasannya ?

@All,
Saya ikut prihatin...., bahwa itu bisa terjadi di Indo :(
 
Biarpun saya bukan penganut agama Hindu, tapi saya ikut prihatin.
Diharapkan umat Hindu tetap tenang dan gak membelas hal tersebut, biar saja Tuhan yang membalasnya.
 
maap saya bukan umat hindu..Saya sangat prihatin dengan hal tersebut....Saya Mohon kepada umat hindu janganlah membalas mereka dengan kekerasan balaslah mereka dengan kasih...dengan mendoakan dan memaafkan mereka..tiada guna engkau berdendam ujung2 nya malah dosa yang didapat...
Kejadian tersebut harus dilaporkan ke aparat terkait..Kita ini tinggal di negara hukum...
Semoga Tulisan saya ini bisa membantu

GBU ALL
 
ya ampun.. T.T
alasannya gk masuk akal bgt.. masa hanya karena imb sampe diserbu tsk2..

eniwe~ daku turut prihatin bgt n moga2 kejadian seperti ini gk akan terulang lagi..
so kita smua bisa beribadah dgn damai v.v
 
@GoesDun,
Iiiih sampe merinding saya mbaca kronologinya. Seperti bukan manusia aja. Emang salah apa dengan material yang dibeli ? Pa minta2 secara paksa apa ? Ga kan... X( Duh maaf saya malah jadi emosi :P
 
Kita harus berhati-hati terhadap adu domba, keberagaman dan persatuan kita senusantara adalah yang utama, biarlah pura kita terbakar asalkan pura yang di hati kita tetap dingin dan sejuk, itulah yang paling utama bagi sang pencipta. peace
 
Status
Tidak terbuka untuk balasan lebih lanjut.
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.