• Saat ini Anda mengakses IndoForum sebagai tamu, sehingga Anda tidak memiliki akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya tersedia bagi anggota. Dengan bergabung, Anda akan mendapatkan akses penuh untuk bertanya, mengirim pesan pribadi, mengikuti polling, dan menggunakan fitur-fitur lainnya. Proses pendaftaran sangat cepat, mudah, dan gratis.
    Silakan daftar dan validasi email Anda untuk mendapatkan akses penuh sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang valid dan periksa kotak masuk Anda setelah mendaftar untuk proses validasi.

Kafein Bisa Bantu Hindari Dehidrasi?

yan raditya

IndoForum Addict E
No. Urut
163658
Sejak
31 Jan 2012
Pesan
24.461
Nilai reaksi
72
Poin
48
“Untuk mencegah dehidrasi tidak hanya lewat air saja, minuman seperti teh dan kopi juga dapat memberikan kontribusi cairan seseorang, meski mengandung kafein, minuman tersebut tidak menyebabkan dehidrasi,”​
tiKh7.jpg
Selama ini, beberapa penelitian menyebutkan bahwa minuman berbasis kafein dapat memicu terjadinya dehidrasi pada tubuh. Tetapi, penelitian terbaru menunjukan hal yang sebaliknya, seperti yang dilansir dalam Huffington Post.

Para peneliti dari La trobe university, Victoria, Australia, mengatakan bahwa meski tubuh membutuhkan dua liter cairan dalam sehari, tidak menandakan kita harus meminum air seperti dalam pedoman yaitu 8 gelas sehari.
Menurut jurnal tersebut, sebenarnya setiap orang bisa mendapatkan asupan cairan yang cukup untuk menjaga cairan tubuhnya hanya lewat makanan dan minuman yang dikonsumsi, bahkan meski dari minuman berkafein seperti kopi dan teh.

“Untuk mencegah dehidrasi tidak hanya lewat air saja, minuman seperti teh dan kopi juga dapat memberikan kontribusi cairan seseorang, meski mengandung kafein, minuman tersebut tidak menyebabkan dehidrasi,” ujar Dr Spero Tsindos.

Bahkan cairan yang ada pada selada juga dapat memberikan kontribusi sekitar 97 persen air pada tubuh. Jika Anda memakan 100 g selada, setara dengan konsumsi 97 g cairan.

"Minum air dengan volume tinggi telah terbukti bisa menekan nafsu makan, tetapi mengkonsumsi makanan dengan kadar air yang tinggi seperti semangka, selada atau jeruk bali memberikan hasil penurunan berat badan lebih besar daripada sekedar menghindari lebih banyak makanan dan konsumsi air yang banyak," sambung Spero.
 
tapi kalo ndak salah, merupakan diuretik ringan ya, jadi bikin kencing makin sering....
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.