• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Mantra

roughtorer

IndoForum Senior A
No. Urut
44416
Sejak
24 Mei 2008
Pesan
6.755
Nilai reaksi
174
Poin
63
Mantra
Wednesday, 30 January 2008

oleh: Tim Rohani KMBUI XV​

Teman-teman sedharma, pada kali ini kita akan membahas tentang mantra. Kalian pasti udah familiar dengan kata ‘mantra’. Namun, pembahasan mantra di sini akan lebih spesifik ke mantra dalam agama Buddha.

Mantra adalah beberapa suku kata yang mistik dan biasanya berasal dari bahasa Sansekerta. Penggunaannya bervariasi untuk setiap masing-masing kepercayaan. Mantra berfungsi sebagai kata, doa untuk upacara keagamaan untuk kesejahteraan, menghindari bahaya, dan menjauhi musuh. Mantra berasal dari tradisi agama Vedic di India, kemudian menjadi bagian dari tradisi Hindu, Buddhist, Sikhist, dan Jainist. Pengunaan mantra menyebar berdasarkan praktik spiritual agama di Timur. Mantra akan efektif jika suara dan getaran diucapkan secara tepat karena mantra mengandung kekuatan kosmik.

Dalam agama Buddha, terdapat dua jenis bahasa ritual menurut Bhiksu Kukai, yaitu dharani dan mantra. Mantra terbatas pada ritual esoteric dan dharani meliputi ritual esoteric dan exoteric. Dharani dipercaya dapat melindungi mereka yang membacanya dari pengaruh penyakit dan bencana. Mantra dipercaya dapat mengembangkan pikiran pencerahan dan digunakan untuk tujuan khusus, seperti: mencapai kemakmuran, umur panjang, atau menjauhi musuh, dsb.

Perbedaan antara mantra dan dharani sulit ditentukan. Kita dapat mengatakan semua mantra adalah dharani, tetapi tidak semua dharani adalah mantra. Mantra cenderung lebih pendek. Menurut Bhiksu Kukai, mantra adalah dharani tertentu di mana setiap suku kata dari dharani mengandung manifestasi dari kebenaran mutlak (kekosongan, sunyata). Conze menjelaskan bahwa mantra menjadi pelindung kehidupan spiritual bagi pembacanya. Sebagai contoh: di dalam Sutra Suvarnaprabhasa, Empat Raja Catummaharajika berjanji akan mengirimkan dewa pelindung untuk melindungi Jambudvipa, bhiksu yang membaca sutra ini, dan raja yang melindungi bhiksu yang membaca sutra ini.

Di dalam Vajrayana, mantra berfungsi sebagai simbol kebenaran, dan mantra berbeda sesuai dengan aspek kebenaran yang juga berbeda, seperti: welas asih atau kebijaksanaan. Mantra sering dihubungkan dengan deiti tertentu, kecuali Mantra Prajnaparamita yang berhubungan dengan Sutra Hati. Praktik mediatasi meliputi, mudra, pelafalan mantra, visualisasi deities, dan huruf dari mantra yang dilafalkan.

Contoh mantra:
• Om wagishwari hum Ini adalah mantra dari Mahabodhisattva Manjusri, Tibetan: Jampelyang (Wylie "'jam dpal dbyangs")... Buddha dengan aspek kebijaksanaan.
• Om mani padme hum Mantra dari Chenrezig (Avalokitesvara), Mahabodhisattva, Buddha dengan aspek kebenaran..
• Om vajrapani hum Mantra dari Buddha sebagai Pelindung ajaran rahasia. contoh: sebagai Mahabodhisattva Channa Dorje (Vajrapani).
• Om vajrasattva hum Mantra pendek untuk Vajrasattva, juga terdapat mantra 100 suku kata untuk Vajrasattva.
• Om ah hum vajra guru padma siddhi hum Mantra dari Vajraguru Guru Padma Sambhava yang mendirikan Ajaran Buddha Mahayana and Tantra in Tibet.
• Om tare tuttare ture svaha Mantra dari Jetsun Dolma atau Tara, Ibu dari Buddha-Buddha.
• Om tare tuttare ture mama ayurjnana punye pushting svaha Mantra dari Dölkar atau Tara Putih, emanasi dari Tara yang mewakili umur panjang dan kesehatan.
• Om amarani jiwantiye svaha Mantra dari Buddha kehidupan tanpa batas: Buddha Amitayus (Tibetan Tsépagmed) dalam bentuk surgawi.
• Om dhrum svaha Mantra purifikasi ibu Namgyalma.
• Om ami dhewa hri Mantra Buddha Amitabha (Hopagmed) dari tanah Buddha sebelah barat.
• Om ah ra pa tsa na dhih Mantra the "sweet-voiced one", Jampelyang (Wylie "'jam dpal dbyangs") atau Manjusri, Bodhisattva kebijaksanaan.
• Hung vajra phat Mantra Mahabodhisattva Vajrapani dalam bentuk amarah (Dragpo).
• Om muni muni maha muniye sakyamuni swaha Mantra Buddha Sakyamuni, Buddha saat ini.
• Om gate gate paragate parasamgate bodhi svaha Mantra Hati Sutra Penyempurnaan Kebijaksanaan (Sutra Hati).
• Om maitri maitreya maha karuna ye Mantra maitri, mantra bija dari Mahabodhisattva Maitreya.
• Namo bhagavate Bhaishajya-guru vaidurya-praba-rajaya tathagataya arthate samyak-sambuddhaya tadyata Om bhaishajye bhaishajye bhaishajya-samudgate svaha Mantra Buddha Pengobatan, dari terjemahan Sutra Chinese, Sutra Raja Pengobatan.
Contoh Dharani:
• Surangama Dharani, merupakan dharani yang terpanjang, terkuat, dan terpenting. Dharani ini mengandung metode rahasia yang dipraktekkan Buddha dan Bodhsiattva uintuk mencapai pencerahan. Dharani ini dibagi menjadi lima bagian, yang mewakili manifestasi Buddha di utara, selatan, barat, timur, dan tengah.
• Maha Karuna Dharani, merupakan dharani yang identik dengan Avalokitesvara Seribu Tangan, yang sangat terkenal ajaran Buddha Mahayana, merupakan Dharani welas asih, dipercaya dapat mengatasi berbagai penderitaan karena penyakit atau buah karma buruk, memeperpanjang usia, melindungi dari bencana, dsb.
• Usnisa Vijaya Dharani, termasuk dharani yang ampuh untuk menyelamatkan makhluk dari kelahiran di alam rendah. Dharani ini dibabarkan Buddha Sakyamuni kepada Raja Sakra untuk menyelamatkan Susthita putradewa yang hampir mengalami penderitaan kelahiran rendah dan sengsara.
• Cintamani Cakravartin Dharani (Ru Yi Pao Luen Wang Tho Lo Ni), dharani ini mampu mengabulkan segala sesuatu yang menjadi harapan umat yang membacanya dan saat menjelang ajal pembacanya juga dapat melihat Buddha Amitabha dan para Bodhisattva pengiring datang menyambutnya.
• Aryamitayur Niyama Prabharaja Dharani (Shen Wu Liang Sou Chie Ting Kuang Ming Wang Tho Lo Ni), dharani ini bermanfaat untuk memperpanjang usia, meringankan karma buruk yang berat, pembacanya yang tekun setelah meninggal dunia akan terlahir di negeri Buddha di sepuluh penjuru alam.

Dedikasi:
“Semoga lenyaplah tiga kumpulan karma buruk yang menjengkelkan”
“Semoga memperoleh kebijaksanaan dan kesadaran yang nyata”
“Semoga semua hambatan dan karma buruk lenyap”
“Semoga senantiasa hidup melaksanakan Jalan Bodhisattva”.
 
wah,belajar soal mantra bagus juga.
jadi kalau baca mantra jalangkung itu gimana?...termasuk apa?
bikkhu di thailand sangat banyak memilki kekuatan supernatural / maupun mantra-mantra.
hal ini bisa di lihat dari tatto yang ada di tubuh nya.

hal ini agar katanya dapat melindungi bikhu tersebut dalam belajar buddha dhamma dan menjaga buddha dhamma.
salah satu contoh...
jika ada umat yang terkena black magic...lalu di panggilah bikhu untuk menghilangkan black magic itu....tentu yg terjadi adalah adu kekuatan antara bikhu dan pengguna blackmagic tersebut.....kalau ga ada persiapan = mampus lah.
sama saja menolong orang tenggelam tapi tidak tahu berenang.

dan banyak sekali tentara di thailand minta mantra / perlindungan agar kebal akan serangan seperti peluru.
tapi tentu ada beberapa syarat
1.tidak bisa membunuh dengan niat menyerang lebih dulu..istilah nya hanya membela diri.
2.tidak boleh berhubungan intim dengan wanita selain istri.
3.tidak boleh minum alkohol
 
Mantra dipercayai lebih kuat dari pada Sutta. Dalam aliran tertentu, mantra ini sangat berperan sebagai metode untuk mencapai tingkat kesucian dalam meditasi. Secara historis, bumi Jawa pernah sangat besar dalam metode mantra dalam agama Buddha. Sampai sekarang, sebahagian sisa-sisa Buddha Jawa ini masih lestari di Bali. Hanya saja dalam perkembangan Buddha Jayanti di Indonesia, sepertinya kajian nasional pada agama Buddha yang pernah berkembang di bumi Nusantara ini terasa sangat kurang dikaji.

Bukan bermaksud untuk rasis, agaknya ini dikarenakan mayoritas pemeluk Buddha di Indonesia saat ini adalah etnis China. Hal ini tentu berbeda dengan jaman Klasik Nusantara. Dimana, penduduk asli adalah pemeluk agama Buddha itu sendiri. Dan, secara historis juga dibuktikan, bahwa Jawa tidak pernah mengadaptasi bulat-bulat kepercayaan-kepercayaan yang pernah mampir di sini. Tak terkecuali Hindu, Buddha, Islam dan terakhir Nasrani. Bila ingin berkembang di bumi Jawa biasanya membaur dengan kepercayaan sebelumnya. Sehingga kemudian kepercayaan-kepercayaan ini tidak dapat dipisahkan lagi dari prilaku budaya setempat. Sekedar contoh. Wayang yang biasanya mengambil kisah-kisah Hindu, walau agama Hindu berasal dari India, wajang kulit tidak ada di sana.

Periode klasik Buddha di tanah Jawa pernah sangat terkenal dengan sinkritisme Siwa - Buddha yang banyak bermain-main dengan mantra. Prabu Kertanegara dari kerajaan Singasari - Jawa Timur, adalah raja yang paling terkenal dengan kepercayaan ini. Menurut saya pribadi dari bacaan-bacaan yang saya baca, sepertinya ajaran ini cenderung ke Tantrayana.

Berikut beberapa mantra Tantrayana

Mantra perlindungan dan bodhicitta
Sang ji chew tang sok ji chew nam la
Siang jip pa te dack ne chia sen che
Dack ka jean sok ji pi so nam ji
Do la pan sher sang ji jo pen shok

Mantra penghormatan kepada sang tri ratna
Namo guru be
Namo Buddha ya
Namo dhamma ya
Namo sangha ya

Mantra sang Buddha Sakyamuni
Om muni muni maha muni yeh soha

Mantra Buddha vairocana ( ta je ju lai fuo)
Om namo bhagavate sarvate gate
Varsuddhani rajaya, ta tha ga ta ya
Arahate sam yak sam buddhaya
Ta dya tha om sodhani – sodhani
Sarva papam, vishodani suddhe visuddhe
Sarwa karma avarana
Visudhani ya soha

Mantra Yang Arya Je Tsong Khapa
Me Milk celwi - der ching shien ri zig
Ze milk jien pi - wang po jiam - pi yang
Gang jien ki pi zet jien tsong kha pa
Lob shang zha pi - shiap la - sol wa debt

Mantra Maha Karuna Dharani - Ta Pei Cou (Tibet)
Namo Ratna - tra ya ya, namo arya jah na
Sang ga ra, vai ro ca na
Be u ha - ra - jaya, ta tha ga ta ya
Ara - ha te, sam ya sam buddhaya
Namo sar wa ta tha ga teh be, ara ha te beh
Sam ya sam, bu de be, namo arya ava lokete
So ra ya bodhi sat to ya, ma ha sat va ya
Maha ka ru ni ka ya
Tat ya tha om ta ra - ta ra, te re - te re, tu ru - tu ru
I ti wa, ti, ca leh - ca leh, pra ca leh - pra ca leh
Ku su me - ku su ma wa, re
I - li mi li cia te jo - lam ava na ya soha

Mantra Suci Arya Avalokitesvara Bodhisattva
Om Mani Padme Hum

Mantra Tara Hijau ( Li Tu Mu )
Om Tare Tut Tare Ture Soha

Mantra Arya Tara Putih ( Pai Tu Mu )
Om Tare Tut Tare Ture
Mama aye penye jana pu zhang ke re ye soha

Mantra Bodhisattva Manjushri ( Wen Shu She Li Phu Sa )
Om Ara Pacha Nakde

Mantra Arya Jambhala Kuning ( Huang Chai Sen )
Om Jambhala Zalen Jarye Soha

Mantra Arya Jambhala Putih ( Pai Chai Sen )
Om Padma Corda Arya Jambhala Setaya Hum Phet

Mantra Arya Jambhala Merah ( Hung Chai Sen )
Om Jambhala Zalen Jarye Dhana Me De She

Mantra Arya Jambhala Hijau ( Li Chai Sen )
Om A Hung Ho Hang Ciah

Mantra Arya Jambhala Hitam ( Hei Chai Sen )
Om Enchane Mekhang Dhamare Soha

Mantra Vajrasattva ( Cing Kang Sa To Sin Cou )
Om Bazer Sa To Hum

Mantra Pertobatan Vajrasattva
Om vajra satto samaya - namu palaya
Vajra satto te no pa - teethra dridho mebhava
suto kayo mebhava, supo kayo mebhava
Anu rak to mebhava - sarva siddhi me praya cha
Sarva karmasu ca me
Cittam shri yam ku ru hung
ha ha ha ha ho bhagavan
Sarva tathagata vajra mame munca
Vajra bhava maha samaya sattva ah hung phat
 
Kumpulan Mantra

Kumpulan Mantra

SIU LI SIU LI MOHO SIU LI SIU SIU LI SA PHO HO 3X
SIU TOLI SIU TOLI SIU MOLI SA PHO HO 4X
NAMO SAKYAMUNI BUDDHAYA 3X


MANTRA MAHA KARUNA DHARANI
NAMO RATNATRAYAYA.
NAMO ARYAVALOKITESVARAYA.
BODHISATTVAYA MAHASATTVAYA MAHAKARUNIKAYA.
OM SARVA ABHAYAH SUNADHASYA
NAMO SUKRTVEMAMA ARYAVALOKITESHVARAGARBHA.
NAMO NILAKANTHA MAHABHADRASHRAME.
SARVARTHASUBHAM AJEYAM SARVASATTVANAMAVARGA MAHADHATU.
TADYATHA, OM AVALOKE LOKITE KARATE.
HARI MAHABODHISATTVA SARVA SARVA MALA MALA.
MAHAHRDAYAM KURU KURU KARMAN.
KURUVIJAYATI MAHAVIJAYATI.
DHARADHARA DHARIN SURAYA.
CHALA CHALA MAMA BHRAMARA MUKTIR.
EHI EHI CHINDA CHINDA HARSHAM PRACHALI.
BASHA BASHAM PRESAYA HULU HULU MALA.
HULU HULU HILE SARA SARA SIRI SIRI SURU SURU.
BODHIYA BODHIYA BODHAYA BODHAYA.
MAITREYA NILAKANTHA DHARSHININA.
PAYAMANA, SVAHA, SIDDHAYA, SVAHA, MAHA SIDDHAYA, SVAHA.
SIDDHA YOGESHVARAYA, SVAHA, NILAKANTHA, SVAHA.
VARAHANANAYA, SVAHA, SIMHASHIRAMUKHAYA, SVAHA.
SARVAMAHASIDDHAYA, SVAHA, CHAKRASIDDHAYA, SVAHA.
PADMAHASTAYA, SVAHA, NILAKANTHAVIKARAYA, SVAHA.
MAHARSISHANKARAYA, SVAHA.
NAMO RATNATRAYAYA.
NAMO ARYAVALOKITESHVARAYA, SVAHA.
OM, SIDDHYANTU MANTRAPADAYA, SVAHA.

Prajna Paramita Hrdaya Sutra
Aryavalokitecvara-bodhisattvogambhirayam prajnapara-mitayam caryam caramano
vyavalokayati sma panca skandhah
tamcca svabhavacunyan pacyati sma
Iha Sariputra rupam cunyata cunyataiva rupam rupanna prithak
cunyata cunyataya na prithag rupam yad rupam sa cunyata ya
cunyata tad rupam.
Evam eva vedana-samjna-samskara-vijnanani.
Iha Sariputra sarva-dharmah cunyata-laksana anut-panna aniruddha
amala na vimala nona na paripurnah.
Tasmac Sariputra cunyatayam na rupam na vedana na samjna na
samskara na vijnanani.
Na caksuh-crotra-ghrana-jihva-kaya-manamsi.
Na rupa-cabda-gandha-rasa sparastavya-dharmah.
Na caksurdhatur yavan na mano-vijnana-dhatuh.
Na vidya na vidya na vidya-ksayo navidya-ksayo yavan na jaramaranam
na jaramarana-ksayo na duhkha-samudaya-nirodha-marga na
jnanam napraptir apraptitvena.
Bodhisattvasya prajna-paramitam acritya viharaty acittavaranah.
Cittavarana-nastitvad atrasto viparyasatikranto nistha-nirvanah.
Tryadhva-vyavasthitah sarvabuddhah prajna-paramitam acritya-nuttaram
samyaksambodhim abhisambuddha.
Tasmaj jnatavyo prajna-paramite-maha-mantro mahavidya-mantro'
nuttara-mantro' samasama-mantrah sarvaduhkha-pracama-nah satyam
amithyatvat prajna-paramitayam ukto mantrah.
Tad yatha gate gata paragate parasamgate bodhi svaha.
Iti prajna-paramita-hridayam samaptam.


SUKHAVATI VYUHA DHARANI
NAMO AMITA-BHAYA TATHAGATA-YA
TADYATHA AMITE AMITODBHABE
AMITA-SAMBHABE AMITA-BIKRANA-TAMKARE
AMITA-BIKRANATA
AMITA-GAGANA-KRITIKARE SVAHA 3X

MANTRA BHAISHAJYAGURU
NAMO BHAGAVATE BHAISHAJYAGURU VAIDURYA
PRABHARAJAYA TATHAGATAYA ARHATE SAMYAK-SAMBUDDHAYA.
TADYATHA OM BHAISHAJYE-BHAISHAJYE
BHAISHAJYA SAMUDGATE SVAHA 3X

Cintamani Cakravartin Dharani
Namo buddhaya. Namo dharmaya. Namo samghaya.
Namo aryavalokitesvarabodhisattvaya mahasattvaya
mahakarunikaya tadyatha :
Om cakravarti cintamani mahapadme ruru tistha
jvala akarsaya hum phat svaha.
Om padma cintamani jvala hum.
Om varada padma hum.

Jvala Mahaugra Dharani
Namo samantabuddhanam apratihatasasananam tadyatha :
Om kha kha khahi khahi hum hum jvala jvala
parajvala parajvala tistha tistha sittir sittir sa phat
sa phat santika sriye svaha.

Gunaratnasaila Dharani
Namo buddhaya. Namo dharmaya. Namo samghaya.
Om siddhi halulu satru jelipa kribha siddhare purure svaha.

Mahacundi Dharani
Namo saptanam samyaksambuddha kotinam tadyatha :
Om cale cule cundi svaha.

Arya Amitayur Niyama Prabharaja Dharani
Om namo bhagavate aparamitayurjnana
suviniscitta tejorajaya tathagataya arhate
samyaksambuddhaya tadyatha :
Om sarva samskara parisuddha
dharmate gagana samudgate svabhava
visuddhe mahadaya parivare svaha.

Aryavalokitesvara Bodhisattva Vikurvana Dharani
Om mani padme hum margajnana cittotebhata
citrasyana vidrga sarvatha puristagana-purna
napuridusvanna. Namah lokitesvaraya svaha.

Sapta Atitabuddha Karasaniya Dharani
Reva-revate guha-guhate dharanite niharate
vrnite mahagate chelingante svaha.

Srimahadevi Dharani
Namo buddhaya. Namo dharmaya. Namo samghaya.
Namo srimahadeviya tadyatha :
paripurnah calisamanta dharsani mahavihara-gate
samanta-vinigate mahakarya pani para-pani
sarivartha samanta suprite purena alina
dharmate maha-vikubite mahamaitrete
rupa-sanghite hetisei sanghiheti samanta
atha-anu bharani.

**************************

Namo Dasadisani Triadhvani Sarva Buddhaya
Namo Dasadisani Triadhvani Sarva Dharmaya
Namo Dasadisani Triadhvani Sarva Arya Sanghaya
Namo Sakyamuni Buddhaya
Namo Bhaisajyaguru Buddhaya
Namo Amitabha Buddhaya
Namo Maitreya Boddhisattva
Namo Manjusri Boddhisattva
Namo Samanthabadra Boddhisattva
Namo Avalokitesvara Boddhisattva
Namo Kshitigarbha Boddhisattva
Namo Dharmapala Sarva Deva Boddhisattva
Namo Arama Arya Sangha Boddhisattva
Namo Maha Acchariya Boddhisattva
Namo Maha Arya Kinaraja Boddhisattva
Namo Triloke Arya Bhadra Boddhisattva

Namo Sarva Tathagata Valokite
Om Sambhara Sambhara Sambhara Hum

Namo Surupaya Tathagataya Tadyatha :
Om Suru Suru Prasuru Prasuru Svaha

OM TARE TUTTARE TURE SOHA
Namo Amitabha Buddha
Om Mani Padme Hum

Tadyatha Om Muni Muni Maha Muniye Svaha

Multiplying Mantra
Om Shambara Sambhara Bimana Sara
Maha Dzawa Hum
Om Mara Mara Bimana Kara
Maha Dzawa Hum

100 Syllable Vajrasattva Mantra
Om Vajrasattva Samaya
Manu Palaya
Vajrasattva Deno Pa Tita
Dido May Bhava
Suto Kayo May Bhava
Supo Kayo May Bhava
Anu Rakto May Bhava
Sarva Siddhi May Prayatsa
Sarva Karma Su Tsa May
Tsittam Shriyam Kuru Hum
Ha Ha Ha Ha Ho Bhagavan
Sarva Tathataga Vajra Ma May Mun Tsa
Vajra Bhava Maha Samaya Sattva Ah Hum Pey

White Tara - The Goddess of Longevity
Om Tare Tuttare Tuttare Ture Mama Ayur
Punye Jnyana Pushtim Kuru Ye Svaha

Mantra of Namgyalma
Om Bhrum Svaha
Om Amrita Ayur Da Das Svaha

Mantra Buddha Amitayus
NAMO RATNA TRA YAYA
OM NAMO BHAGAVATE
APARIMATA AYUR JNYANA
SUBINI SHITSA TATAYE
DZORA DZAYA
TATHAGATAYA
ARHATE SAMYAKSAM BUDDHAYA
TA YA THA
OM PUNYE PUNYE
MAHA PUNYE
APARIMATA PUNYE
AYU PUNYE
MAHA PUNYE
AYUR JNYANA
SARVA RUPA SIDDHI
AYUR JNYANA KAY TSE DHRUM
OM DHRUM
AH DHRUM
SO DHRUM
HA DHRUM
TSE DHRUM
OM SARVA SAMSKARA
PARISHUDDHA DHARMATAY
GAGANA SAMUDGATE
SVABHAVA BISHUDDHE
MAHA NAYA PARIVARA YE SVAHA

The White Jambhala
Om Padma Kroda Arya Jambala
Hri Day A Hum Phet

The Yellow Jambhala
Om Jambala Jalandraye Svaha

The Black Jambhala
Om Indra-Yani Mukham Bhra-Mari Svaha

Wish-Granting Wheel mantra
Om Pemo Ushnisha Bimalay Hum Pay

Mantra of Buddha Mitrugpa
Namo Ratna Trayaya / Om Kamkani Kamkani Rochani Rochani Trotani Trotani Trasani
Trasani Pratihana Pratihana Sarva Karma Param Para Ni May Sarva Sattva Nencha
Soha

Mantra of Kunrig
Om Namo Bagavatay / Sarva Durgatay Shodhani Rajaya / Tatagataya / Arhatay
Samyaksam Buddhaya / Tayata / Om Shodhani / Shodani / Sarva Papam Bishodani /
Shuday Bishuday / Sarva Karma Avarana Vishodhani Soha

Stainless Beam mantra (1)
Nama Saptanam Samyaksam Buddha Kotinen Parishuday Ma Na Si
Abya Chita
Patishta Tunen
Namo Bagavatay
Amrita Ayu Shasya
Tatagatasya
Om Sarva
Tatagata Shudi
Ayur Bishodani
Samhara Samhara
Sarva Tatagata Birya Ba Lay
Na Prati Samhara Ayu Sara Sara
Sarva Tatagata Samaya
Bodhi Bodhi
Buddha
Buddhya
Bodaya
Bodaya
Mama Sarva Papam Avarana Bishuday
Bigata Malam
Chara Su Buddhya Buddhay Huru Huru Soha

Stainless Beam mantra (2)
Nama Nawa Nawa Tinam
Tatagata Gam Ganam Diwa Luka Nama
Kotini Yuta Shata
Saha Svanam
Om Bo Bo Ri
Chari Ni Chari
Mori Gori Chala Wari Soha

Padmasambhava's mantra
OM AH HUM VAJRA GURU PEMA SIDDHI HUM

Milarepa's mantra
Om Ah Guru Hasa Vajra Sarva Siddhi Pala Hum

Mantra of Buddha Maitreya's promise
Namo Ratna Trayaya
Namo Bagavatay Shakyamuniyay
Tatagataya
Arhatay
Samyaksam Buddhaya
Tayata
Om Ajitay Aparajitay
Ajitan Chaya Hara Hara
Metri Avalokitay Kara Kara Maha Samaya Siddhi Bara Bara Maha Bodhi Menda Bija
Smara Smara Asma Kam Samaya Bodhi Bodhi Maha Bodhi Soha
Om Mohee Mohee Maha Mohee Soha
Om Munee Munee Smara Soha

Mantra to increase merit 100.000 times
Chom Den Day De Zhin Sheg Pa
Dra Chom Pa Yang Dag Par Dzog Pay Sang Gyay
Nam Par Nang Dzay
O Kyi Gyelpo La Chag Tsel Lo 3x
Jang Chub Sempa Sempa Chenpo
Kuntu Zang Po La Chag Tsel-Lo 3x
Tadyatha Om Pentsa Driya Ava Bodhi Nay Svaha 7x
Om Duru Duru
Dzaya Mukhe Svaha 7x

Mantra to make wishes come true
Dezhin Sheg Pa Tza Tzing
Gyelpo La Chag Tsel Lo
Tadyatha Dari Dari
Dar Ne Vajra Svaha
Chom Den Day, De Zhin Sheg Pa,
Dra Chompa, Yang Dag Par,
Dzog Pay Sang Gyay, Ngo Wa Dang,
Mon Lam Tam Chay, Rab Tu Du Pa
Gyelpo La, Chag Tsel Lo
 
Berikut beberapa mantra Tantrayana

Mantra perlindungan dan bodhicitta
Sang ji chew tang sok ji chew nam la
Siang jip pa te dack ne chia sen che
Dack ka jean sok ji pi so nam ji
Do la pan sher sang ji jo pen shok

Mantra Yang Arya Je Tsong Khapa
Me Milk celwi - der ching shien ri zig
Ze milk jien pi - wang po jiam - pi yang
Gang jien ki pi zet jien tsong kha pa
Lob shang zha pi - shiap la - sol wa debt

Nambahin dikit, ini versi pelafalan pake bahasa indo, pas kebetulan saya dulu sering ikut sesi 6 praktek pendahuluan tradisi Gelugpa Tibetan.

Mantra perlindungan dan bodhicitta
Sang gye cho dang cho kyi so nam la
Jang chup bar du da nyi kyap su chi
Dag gi jin so gyi pai di da gi
Dro la pan chir sang gye drup par shog

Artinya:
Kepada Sang Buddha Dharma dan Sangha yang mulia,
aku berlindung hingga aku mencapai penerangan,
melalui kebajikan apapun yang aku lakukan,
semoga aku mencapai Kebuddhaan demi kebahagiaan semua makhluk.

Mantra Yang Arya Je Tsong Khapa
Mig me tse way ter chen chen re zig
Drig me kyen pay wang po jam pel yang
Du pung ma lu jom dze sang wei dag
Gang chen kye pay tsu gyen Tsong kha pa
Lo tsang drag pa shap la sol wa deb.

Tsong khapa, penghias mahkota para cendekiawan dari tanah bersalju,
Engkau yang merupakan Avalokitesvara, harta belas kasih yang tak terukur,
Engkau yang merupakan Manjushri, kebijaksanaan sempurna tanpa noda,
Engkau yang merupakan Vajrapani, penghancur semua kediaman mara,
O Losang Dragpa, aku memohon kepadamu, berkatilah aku.

Om mani padme hum.
 
bro roughtorer, thx ijo2nya...tapi gmana balesnya yah..ga ngerti nih... kasi petunjuk donk.

thx. om mani padme hum
 
Mantra Bodhisattva manjusri bukankah yg ini:
Om A Ra Pa Cha Na Dhīh
 
@thirdeye: cuma beda pelafalan aja bro.
kalo versi yang sanskrit :
Om A Ra Pa Tsa Na Dhih
 
@thirdeye: cuma beda pelafalan aja bro.
kalo versi yang sanskrit :
Om A Ra Pa Tsa Na Dhih

maksud saya yg ini:
Om wagishwari hum Ini adalah mantra dari Mahabodhisattva Manjusri, Tibetan: Jampelyang (Wylie "'jam dpal dbyangs")... Buddha dengan aspek kebijaksanaan.
 
@ thanx untuk atensinya.
setidaknya yang ditampilkan disini dipakai hanya sebagai referensi yah. Harus lebih hati-hati dalam mempraktekkan mantra, baiknnya ada guru pembimbing angsung atau teman dekat yang bisa diajak konsultasi. Banyak diealek-dialek dalam mantra Buddhis, yang umumnya karena pemakaian bahasa; mandarin, tibetan, sankrit. makanya untuk itu, kalau bisa ada teman/pandita di vihara yang bisa menjelaskan pada kita apa dan bagimana cara bacanya. Paling tidak ada yanag membimbing.

Misal, anda melihat ada mantra yang di posting disini. Tertarik untuk melaksanakannya. Sebaiknya print saja. Kemudian tanyakan pada guru/pandita/teman yang kompeten atau kalau ada kesempatan ketemu suhu silahkan tanya. Jangan ragu-ragu.

Kemudian, saya sendiri menjadi lebih berhati-hati dalam hal ini. Dulu ada pengalaman sewaktu kita mengadakan puja bhakti untuk mengantarkan jenazah. nah, ada 2 orang anggota muda-mudi yang masih muda (sekitar smp). Sebelum pembacaan mantra (Ta Pe Cho) keduaanya bermain sambil tertawa hebat. Pas pembacaan mantra kedua pingsan langsung di tempat. Mungkin kesadarannya tidak kuat menerima kekuatan mantra. Saya sendiri tidak tahu pasti. Tapi sekali lagi, hati-hati lebih bijaksana kan... karena yang kita harapkan adalah karma baik.

@infinitesky
untuk membalas GRP seseorang, kamu cukup mengklik gambar timbangan di sudut kanan dari postingan orang tersebut. Nah... tinggal I agree saja.
 
mantra tibet emg bagus, di jalankan yang bener ya
jangan di campur2 sama mahayana,tao,pake hu lagi
itu kagak bener
 
Kan Sie Thien En Se Te
Da cia Hao! chien sien hao...

@Roughtorer
Nice.....
saya kepingin bertanya nih.....apa beda mantra dgn sutra tsb ???
Bukan kah mantra adalah petikan/cuplikan dari sutta ??<asumsi saya>!/swt
Bolekah saudara-saudara memberikan Tips membaca sutra menurut pengalaman dan pandangan masing-masing:).....<sharing tanpa menghakimi>>:D<

sie-sie....harap maklum....
 
hello,newbie here,greeting from CA

Its my first time to post on this forum,just wannat make some friends here.if its not allowed to post on this board,please delete this thread.Nice to see you guys here. :)
 
klo kesimpulan ane....
mantra same whit word to communication....:D>:D<
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.