• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Waspada Corona! Tapi Jangan Lupa DBD. Sekarang Juga Cegah Dengan Ini!

novaria akhmad

IndoForum Newbie E
No. Urut
287656
Sejak
25 Jan 2019
Pesan
34
Nilai reaksi
3
Poin
8
Cegah-DBD-dengan-Menjaga-Kebersihan-dan-Membuat-Lavitrap-di-Rumah-sebagai-Alternatif-Penangkap-Nyamuk6.png


Indonesia dan dunia sedang digemparkan dengan virus corona yang sampai saat ini masih menghantui. Apalagi di Indonesia angka kasusnya sudah memasuki 1000 lebih pasien. Kita sebagai masyarakat harus bahu membahu membantu pemerintah dalam menangani kasus ini agar segera berakhir. Tentunya kita tetap harus waspada dan lebih baik untuk di rumah saja. Namun, jangan sampai melupakan penyakit lainnya. Adapun penyakit yang juga bisa mematikan yaitu Demam Berdarah (DBD). Berikut ini cara pencegahan DBD yang bisa kamu lakukan di rumah:

1. Tutup tempat penampungan air

Menutup tempat penampungan air merupakan salah satu cara pencegahan adanya nyamuk yang berkembang biak. Karen tempat penampungan air merupakan salah satu tempat favorit nyamuk untuk bertelur.

2. Jaga Daya Tahan Tubuh

Selain menutup tempat penampungan air, pastikan juga kamu selalu menjaga daya tahan tubuh dengan rajin berolahraga, istirahat yang cukup serta mengonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah. Karena daya tahan tubuh sangat berpengaruh dengan segala penyakit yang datang menyerang tubuh. Semakin bagus daya tahan tubuh seseorang maka semakin kecil pula kemungkinan seseorang terserang penyakit salah satunya DBD.

3. Memelihara Ikan

Jika terlanjur ada jentik nyamuk di air rumah kamu, Ikan bisa membantu mengatasinya, lho. Nantinya ikan akan memakan jentik-jentik nyamuk yang ada dalam air. Kamu bisa memelihara ikan seperti ikan nila, ikan mujair atau anda bisa menggunakan ikan yang mudah kamu dapatkan.

4. Buang Wadah Yang Tidak Terpakai

Jangan pernah berfikir untuk menyimpan wadah-wadah atau botol bekas yang bisa menampung air di sembarang sudut rumah kamu, ya! Jika memang masih ingin kamu gunakan, simpan dengan benar. Karena hal tersebut dapat memicu tumbuhnya jentik nyamuk, lho karena wadah-wadah dan botol bekas bisa menampung genangan air. Kamu bisa langsung membuang ke tempat sampah bukan tempat sampah yang sementara, ya. Atau kamu juga bisa kubur barang yang sudah tidak terpakai tadi.

5. Bersihkan Selokan

Seperti yang kamu ketahui selokan adalah tempat mengalirnya air kotor yang mana bisa menjadi sarang nyamuk. Membersihkan saluran air secara rutin dapat mencegah nyamuk berkembang biak. Bersihkan sampah-sampah yang berserakan di selokan karena agar tidak membuat air tergenang dan menjadi sarang berkumpulnya nyamuk.

6. Gunakan Lotion Anti Nyamuk

Selain langkah-langkah pencegahan di atas, kamu juga bisa menggunakan lotion anti nyamuk agar terhindar dari gigitan nyamuk. Gunakanlah lotion anti nyamuk terutama pada malam hari ketika akan tidur karena pada malam hari intensitas nyamuk lebih banyak. Kamu juga bisa gunakan saat ingin bepergian, ya! Pastikan lotion yang kamu gunakan sudah teruji dan memang produk yang baik.​
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.