• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Wah, Google Doodle Bertemakan Hari Guru Nasional, Simak Nih Sejarahnya

Angela

IndoForum Activist A
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
20.936
Nilai reaksi
5
Poin
0
Wah, Google Doodle Bertemakan Hari Guru Nasional, Simak Nih Sejarahnya


Ada yg berbeda dari tampilan laman utama Google untuk Indonesia pada Kamis (25/11/2021). Mesin pencari andalan masyarakat sejagat raya itu menampilkan karikatur lebah yg sedang mengerjakan kegiatan belajar mengajar.

Dalam karikatur tersebut terdapat seekor lebah yg ukurannya paling akbar menjelaskan sesuatu kepada lebah-lebah lain yg ukurannya lebih kecil. Lebah yg ukurannya paling akbar terlihat seperti seorang guru yg sedang mengajar murid-muridnya, para lebah kecil.

Pemilihan karikatur tersebut tentu saja bukan tanpa alasan. Karikatur tersebut merupakan cara Google untuk memperingati Hari Guru Nasional yg diperingati pada 25 November setiap tahunnya.

Hari Guru adalah hari untuk menunjukkan penghargaan kepada guru & tidak cuma diperingati di Indonesia. Setiap negara punya tanggal peringatan yg berbeda-beda.

Di beberapa negara, hari guru merupakan hari libur sekolah. Di Indonesia, Hari Guru Nasional diperingati bersama hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Dengan mengatakan lain, Hari Guru yg diperingati di Indonesia diambil dari hari lahir PGRI selaku organisasi yg membawahi profesi mulia itu.

Baca : Ini yg Dilakukan Persib Bandung untuk Peringati Hari Guru Nasional 2021

PGRI sendiri terbentuk pada 25 November 1945, yg digagas oleh Rh. Koesnan, Djajeng Soegianto, Amin Singgih, Soetono, Soemidi Adisasmito, Ali Marsaban, & Abdullah Noerbambang. Sebelum jadi persatuan para guru, perkumpulan ini bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB).

PGHB sendiri didirikan pada tahun 1912 & beranggotakan kepala sekolah, guru bantu, guru desa, hingga perangkat sekolah lainnya. Kemudian pada tahun 1932 nama PGHB dirubah jadi Persatuan Guru Indonesia (PGI).

Hari Guru Nasional tidak ditetapkan sebagai hari libur resmi di Indonesia. Namun, biasanya dirayakan dalam bentuk upacara peringatan di sekolah-sekolah & pemberian tanda jasa bagi guru, kepala sekolah, & pengawas sekolah.

Walaupun demikian, bukan berarti Hari Guru Nasional tidak mendapatkan pengakuan dari pemerintah. Hari Guru Nasional ditetapkan langsung Presiden Soeharto pada25 November 1994, dengan Kepres Nomor 78 tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional.

Pemerintah juga secara spesifik memperingati Hari Guru Nasional setiap tahunnya sejak 1994. Tahun ini, Hari Guru Nasional diperingati dengan tema "Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan". Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset & Teknologi sendiri sudah merilis logo dari peringatan Hari Guru Nasional 2021 berbentuk hati & berwarna warni.

Sumber :https://hypeabis.id/read/7384/google...mak-sejarahnya Hari ini 14:21
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.