• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Varian Jenis Madu Asli Indonesia, Pernah Cicip Semua?

jennywijaya

IndoForum Newbie D
No. Urut
288379
Sejak
10 Nov 2020
Pesan
70
Nilai reaksi
0
Poin
6


Dunia mengenal madu sebagai bahan makanan yang kaya akan manfaat. Tak hanya dari sisi kuliner, manfaat madu bahkan menyentuh ranah medis. Sejak zaman nenek moyang dahulu, madu sudah populer. Hampir sebagian besar madu terasa manis sebab di dalamnya terkandung zat gula. Madu dapat ditemukan di sarang-sarang lebah.

Madu dihasilkan lebah yang menyerap sari bunga atau nektar. Karena kondisi ini, menjadi sangat mungkin sekali terdapat banyak varian madu. Ini berkaitan dengan jenis bunga apa yang menjadi sumbernya dan di mana lokasi bunga itu tumbuh. Diperkirakan tak kurang dari 300 jenis madu ada di seluruh dunia.

Perlu diingat bahwa jumlah itu tidak menutup kemungkinan ada jenis-jenis lain yang belum terdeteksi. Sebab, kita tak pernah benar-benar dapat memastikan bunga mana yang dihisap nektarnya oleh sang lebah—utamanya di alam liar bukan yang di penangkaran.

Indonesia sendiri punya beberapa jenis madu, yang sepertinya, hanya ada di sini. Artinya, jenis madu tersebut tidak ditemukan di luar Indonesia. Berikut kira-kira beberapa jenis madu asli Indonesia yang sudah berhasil diinventarisir:
  • Madu Kopi
Seperti namanya, Madu Kopi adalah madu ternak yang dihasilkan dari nektar bunga kopi dari lebah madu yang diternakkan di perkebunan kopi. Madu Kopi memiliki aroma yang khas, yaitu manis dan sekilas juga tercium aroma kopinya.

Madu bunga kopi kaya akan zat hidrat arang, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K.
  • Madu Pelawan
Madu Pelawan atau yang lebih dikenal dengan sebutan madu pahit bangka adalah madu yang bersunber dari lebah liar Pos dorsata yang menghisap sari bunga pohon pelawan. Yang membuat madu ini unik adalah pohon pelawan ini merupakan pohon langka yang hanya ada di Pulau Bangka, Sumatera.
  • Madu Kaliandra
Madu Kaliandra yang berasal dari nektar bunga kaliandra adalah salah satu jenis madu Indonesia yang paling populer. Madu bunga kaliandra biasanya dikonsumsi untuk alasan kesehatan seperti susah buang air besar dan untuk tekanan darah tinggi, maupun rendah.
  • Madu Hutan Sumatra
Madu Hutan Sumatera adalah salah satu jenis madu yang paling populer di Indonesia. Madu ini biasanya adalah madu yang paling umum dijual di supermarket dan tempat lainnya. Madu ini juga sangat populer dibeli masyarakat Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri.
  • Madu Hutan Sumbawa
Madu ini berasal dari lebah liar penghisap nektar bunga di hutan daerah Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Tempat bersarang lebah penghasil madu Sumbawa tersebut pada umumnya yaitu pohon bidara atau Ziziphus mauritiana. Madu ini memiliki kadar air yang lebih rendah dibanding madu lain karena Sumbawa termasuk daerah yang memiliki iklim yang cukup panas dan kering.
  • Madu Kelengkeng
Madu Kelengkeng merupakan madu yang dihasilkan dari lebah-lebah yang berada di kawasan hutan yang didominasi oleh pohon kelengkeng. Jenis madu ini punya ciri rasa manis yang khas dan lebih gurih dibanding macam madu lainnya.

Madu dengan rasa enak ini punya banyak khasiat bagi kesehatan, yaitu asam amino, zinc, zat besi, kalium, serta beragam vitamin seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, dan vitamin B3.

Itulah beberapa jenis madu asli Indonesia yang populer dan beredar luas di pasaran. Sebenarnya, masih ada lagi varian madu asli Indonesia ini, semisal Madu Tawon Gung, Madu Hutan Timor, Madu Randu, Madu Bunga Karet, Madu Klanceng, hingga Madu Embun.

Masing-masing madu di atas punya ciri khas tersendiri, mulai dari rasa hingga teksturnya. Khasiat dan manfaatnya pun mungkin saja beragam pula, pasalnya ini berkaitan dengan kandungan yang ada di dalam masing-masing madu tersebut. Jadi, Anda sudah pernah coba yang mana?
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.