xenocross
IndoForum Newbie C
- No. Urut
- 60486
- Sejak
- 1 Jan 2009
- Pesan
- 146
- Nilai reaksi
- 3
- Poin
- 18
MAHAKARYA KITAB SPIRITUAL KLASIK
Abad ke – 20 yang Termasyhur
Judul Buku:
PEMBEBASAN DI TANGAN KITA ( 2 jilid )
Terjemahan dari Buku " Liberation In Our Hands " karya Pabongka Rinpoche
Harga:
Rp. 80.000,- / jilid
Dapatkan segera di Toko Buku Gramedia atau Bursa Vihara Anda!
Buku ini adalah transkrip ceramah Kyabje Phabongkha Rinpoche selama 24 hari tahun 1921 di pondok pertapaan Chusang, Tibet. Ceramah diberikan kepada lebih dari 700 orang, para tulku, praktisi dharma, biksu, yang ingin belajar. Ceramah ini menjelaskan 3 naskah utama, yaitu "instruksi lisan Manjughosa" (oleh Dalai Lama ke-5), "Jalan Cepat" (oleh Panchen Lama ke-2), dan "Tujuh point latihan pikiran" (oleh Guru Suvarnadvipa/Serlingpa Dharmakirti).
Ceramah diberikan dengan merujuk pada kutipan kitab suci, kitab komentar guru-guru besar, cerita-cerita inspirasional, alasan masuk akal dan contoh-contoh yang mengklarifikasi. Ditambahkan juga instruksi lisan yang diterima dari guru-guru silsilah. Karena ajaran diberikan berdasarkan pengalaman pribadi Phabongkha Rinpoche, manfaatnya besar sekali untuk dipraktekkan.
Transkrip ini ditulis oleh murid Phabongkha Rinpoche, yaitu Yongzin Trijang Rinpoche, sebagai catatan agar tidak melupakan ajaran gurunya. Kemudian, Phabongkha Rinpoche menginstruksikan agar Trijang Rinpoche menulis dengan lengkap dan jelas supaya catatan tersebut dapat berguna untuk praktisi dharma yang masih kurang mengerti, dan untuk praktisi di masa depan. Setelah diedit dan disempurnakan dengan catatan kaki, naskah ini dijadikan buku berjudul Liberation in Our Hands.
Demi perkembangan Buddha Dharma di Nusantara, buku ini diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.
Ada 3 jilid buku, 2 jilid pertama sudah terbit di akhir tahun 2008, sedangkan jilid ke-3 akan terbit di bulan Maret-April. Jilid pertama menjelaskan praktik-praktik Buddhis yg paling dasar dan kemurnian ajaran tersebut. Jilid kedua menjelaskan praktik dharma untuk pemula. Jilid ketiga menjelaskan praktik dharma untuk mereka yg ingin bebas dari samsara dan yg ingin mencapai keBuddhaan.
Teks ini termasuk dalam kategori teks Mahayana yaitu LAMRIM (Tahapan
Jalan Menuju Ke Pencerahan), dengan mengikuti ajaran LAMRIM kita akan
dibimbing tahap demi tahap sampai akhirnya kita mendapatkan
kebahagiaan tertinggi dan merealisasi Kebuddhaan, dengan posisi
seorang Buddha, kita akan dengan mudah dan mahir untuk menolong
makhluk lain secara tuntas, agar supaya mereka juga mendapatkan
kebahagiaan tertinggi sama seperti yang kita dapatkan.
Di buku ini, anda akan menemukan tujuan dan makna hidup yang sangat
berarti dan berharga. Anda akan diajak untuk mengenal dan memahami
kondisi dan situasi diri anda saat ini, dengan pola berpikir rasional
dan realistis.
Di buku ini, anda akan dibimbing untuk membenahi diri sendiri dan
anda akan dibawa ke situasi yang lebih baik dari yang sebelumnya,
oleh karenanya anda akan mendapatkan kebahagiaan duniawi dan
kebahagiaan spiritual.
Di buku ini, dengan metode yang ada, anda akan berpraktik sesuai
dengan Dharma setahap demi setahap sesuai dengan kapasitas dan
kemampuan yang anda miliki, dan anda akan mendapatkan semua cita-cita
duniawi serta realisasi spiritual.
Di buku ini, dengan mengikuti tahapan Sang Jalan, sampai suatu saat,
anda akan mendapatkan kebahagiaan tertinggi dengan
merealisasi "pembebasan dari samsara".
Dan di buku ini pula, pada tahap akhir Sang Jalan, anda akan
merealisasi "pencapaian Kebuddhaan yang lengkap dan sempurna" demi
untuk menolong makhluk yang lain, agar supaya semua makhluk
mendapatkan kebahagiaan yang sama seperti yang anda dapatkan.
Walaupun Lamrim dapat diajarkan dalam berbagai cara yang berbeda-kadang-kadang secara luas/mendalam, kadang juga secara singkat, keistimewaannya adalah kecocokannya dengan semua tingkatan praktik. Bahkan siswa tingkat tertinggi pun dapat memperoleh banyak instruksi yang berguna yang berhubungan dengan praktik mereka. Orang-orang dengan tingkat spritual yang maju dapat dengan mudah memenuhi segala praktiknya untuk mencapai berbagai tujuan. Para praktisi pemula dapat juga belajar topik yang lengkap dan mempraktikkan ajaran Mahayana.
Secara singkat, Dagpo Rinpoche menegaskan bahwa instruksi Lamrim ini cocok bagi orang-orang dari seluruh tingkatan spiritual, baik pemula maupun yang sudah tingkat lanjut, yang memiliki kecerdasan yang tinggi maupun yang kurang- ia bermanfaat bagi setiap orang yang ingin berjalan di atas jalan spiritual.
Secara umum, teks-teks Lamrim ini berisi seluruh jalan untuk mencapai pencerahan yang diperuntukkan bagi praktisi dari semua level spiritual, dari pemula sampai praktisi tingkat lanjut.
Teks karya YM Atisha serta teks-teks Lamrim lainnya membagi para praktisi dalam 3 golongan atau 3 jangkauan motivasi, yaitu para makhluk dengan motivasi awal, motivasi menengah, dan motivasi agung.
Para praktisi Dharma ini secara umum menyadari bahwa hidup ini tidak memuaskan dan bahwa kita terus menerus lahir dalam kondisi yang tidak menyenangkan melalui proses kelahiran dan kematian yang berulang-ulang, dikenal dengan samsara. Adapun makhluk/praktisi Dharma yang memiliki motivasi awal berusaha untuk mendapatkan kelahiran di ketiga alam tinggi (alam manusia, alam setengah dewa, dan alam dewa, ini termasuk alam surga dan brahma), di mana terdapat banyak kenikmatan dan sedikit penderitaan. Para makhluk dengan motivasi menengah memahami bahwa sifat dari semua alam samsara adalah pemderitaan dan semua kenyamanan dari tiga alam tinggi pada akhirnya akan berakhir. Karena itu mereka bermotivasi untuk mencapai pembebasan dari samsara secara keseluruhan dan mencapai keadaan nirvana yang terbebaskan. Sedangkan para mahkluk dengan motivasi agung menyadari bahwa kebahagiaan personal nirvana adalah tidak lengkap tanpa memikirkan kebahagiaan makhluk lain. Karena itu, mereka berjuang keras untuk mencapai pencerahan sempurna, menjadi Samma Sambuddha, agar dapat menuntun makhluk-makhluk lain untuk mencapai pembebasan pula.
Keunggulan ajaran Lamrim
Tradisi lisan/oral memuat banyak kiasan dan contoh yang dibuat untuk mengilustrasikan kualitas spesial dari Lamrim. Misalnya, selama ceramah di Sera Mey, Pabongka Rinpoche berkali-kali menjelaskan bahwa Lamrim merepresentasikan esensi dari semua ajaran Buddha. Beliau menjelaskan bahwa jika kita mengumpulkan semua buku-buku/kitab suci yang memuat kata-kata Guru Buddha, kumpulan tersebut akan menyerupai jajaran pegunungan yang besar sekali. Dan ketika seorang guru mengungkapkan instruksi Lamrim, kumpulan ini akan mulai bergetar dan bergoyang, seperti seseorang yang hatinya terpotong, karena guru ini akan mengekstrak (mengambil inti sari) dari setiap naskah yang ada dalam kumpulan yang sangat besar ini. Ditambahkan lagi, jika Anda tidak mampu untuk membaca, mempelajari atau mendengarkan seluruh ajaran Buddha sebanyak 84000 kumpulan ini, Anda tetap dapat mengumpulkan kebajikan yang sama dengan melakukan hal tersebut, hanya dengan mempelajari Lamrim. Karena alasan inilah, tradisi Lamrim ini dikatakan sebagai sebuah samudra, di mana seluruh 'sungai' ajaran Buddha yang sangat banyak dan bervariasi ini, bermuara.
Keuntungan penting lainnya dari Lamrim adalah ajaran ini mencegah Anda mempunyai pandangan salah bahwa ada bagian dari doktrin Buddha yang saling berkontradiksi/berlawanan. Anda akan mengenali bahwa semua instruksi ini sebagai elemen dari kumpulan ajaran yang tidak dapat dipisahkan, di mana setiap orang, tanpa kecuali, harus mempelajarinya dan mempraktikkannya untuk mencapai pencerahan. Beberapa instruksi berhubungan dengan periode awal dari praktik kita dan beberapa lagi dengan periode tengah. Yang lain untuk praktisi yang sangat lanjut Dipandang dari segi lain, tidak baik bagi pemula untuk mencoba mempraktikkan instruksi yang tertinggi dan paling esoterik (dalam hal ini adalah ajaran Tantra) . Bahkan menjelaskan kepadanya saja akan membuat ‘kepalanya meledak'. Tetapi jika sang praktisi belajar instruksi Lamrim dengan lengkap, menurut susunan yang sesuai, maka segala bahaya tersebut akan lenyap.
Karena level para pendengarnya yang berbeda-beda, ajaran-ajaran Buddha telah diinterpretasi/dipahami secara berlainan dalam berbagai sistem filosofi Buddhis. Tetapi dengan mempelajari Lamrim, Anda dapat membedakan pandangan dari semua sekte, dan akhirnya memahami sesuatu yang merepresentasikan pemikiran tertinggi dari Buddha. Dengan Lamrim, Anda juga dapat terhindar dari membuat pernyataan yang salah tentang ajaran dan karena itu terhindar dari melakukan ucapan salah dan perbuatan buruk lainnya. Ini hanyalah beberapa keuntungan yang didapat dari mempelajari Lamrim.
Abad ke – 20 yang Termasyhur
Judul Buku:
PEMBEBASAN DI TANGAN KITA ( 2 jilid )
Terjemahan dari Buku " Liberation In Our Hands " karya Pabongka Rinpoche
Harga:
Rp. 80.000,- / jilid
Dapatkan segera di Toko Buku Gramedia atau Bursa Vihara Anda!
Buku ini adalah transkrip ceramah Kyabje Phabongkha Rinpoche selama 24 hari tahun 1921 di pondok pertapaan Chusang, Tibet. Ceramah diberikan kepada lebih dari 700 orang, para tulku, praktisi dharma, biksu, yang ingin belajar. Ceramah ini menjelaskan 3 naskah utama, yaitu "instruksi lisan Manjughosa" (oleh Dalai Lama ke-5), "Jalan Cepat" (oleh Panchen Lama ke-2), dan "Tujuh point latihan pikiran" (oleh Guru Suvarnadvipa/Serlingpa Dharmakirti).
Ceramah diberikan dengan merujuk pada kutipan kitab suci, kitab komentar guru-guru besar, cerita-cerita inspirasional, alasan masuk akal dan contoh-contoh yang mengklarifikasi. Ditambahkan juga instruksi lisan yang diterima dari guru-guru silsilah. Karena ajaran diberikan berdasarkan pengalaman pribadi Phabongkha Rinpoche, manfaatnya besar sekali untuk dipraktekkan.
Transkrip ini ditulis oleh murid Phabongkha Rinpoche, yaitu Yongzin Trijang Rinpoche, sebagai catatan agar tidak melupakan ajaran gurunya. Kemudian, Phabongkha Rinpoche menginstruksikan agar Trijang Rinpoche menulis dengan lengkap dan jelas supaya catatan tersebut dapat berguna untuk praktisi dharma yang masih kurang mengerti, dan untuk praktisi di masa depan. Setelah diedit dan disempurnakan dengan catatan kaki, naskah ini dijadikan buku berjudul Liberation in Our Hands.
Demi perkembangan Buddha Dharma di Nusantara, buku ini diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.
Ada 3 jilid buku, 2 jilid pertama sudah terbit di akhir tahun 2008, sedangkan jilid ke-3 akan terbit di bulan Maret-April. Jilid pertama menjelaskan praktik-praktik Buddhis yg paling dasar dan kemurnian ajaran tersebut. Jilid kedua menjelaskan praktik dharma untuk pemula. Jilid ketiga menjelaskan praktik dharma untuk mereka yg ingin bebas dari samsara dan yg ingin mencapai keBuddhaan.
Teks ini termasuk dalam kategori teks Mahayana yaitu LAMRIM (Tahapan
Jalan Menuju Ke Pencerahan), dengan mengikuti ajaran LAMRIM kita akan
dibimbing tahap demi tahap sampai akhirnya kita mendapatkan
kebahagiaan tertinggi dan merealisasi Kebuddhaan, dengan posisi
seorang Buddha, kita akan dengan mudah dan mahir untuk menolong
makhluk lain secara tuntas, agar supaya mereka juga mendapatkan
kebahagiaan tertinggi sama seperti yang kita dapatkan.
Di buku ini, anda akan menemukan tujuan dan makna hidup yang sangat
berarti dan berharga. Anda akan diajak untuk mengenal dan memahami
kondisi dan situasi diri anda saat ini, dengan pola berpikir rasional
dan realistis.
Di buku ini, anda akan dibimbing untuk membenahi diri sendiri dan
anda akan dibawa ke situasi yang lebih baik dari yang sebelumnya,
oleh karenanya anda akan mendapatkan kebahagiaan duniawi dan
kebahagiaan spiritual.
Di buku ini, dengan metode yang ada, anda akan berpraktik sesuai
dengan Dharma setahap demi setahap sesuai dengan kapasitas dan
kemampuan yang anda miliki, dan anda akan mendapatkan semua cita-cita
duniawi serta realisasi spiritual.
Di buku ini, dengan mengikuti tahapan Sang Jalan, sampai suatu saat,
anda akan mendapatkan kebahagiaan tertinggi dengan
merealisasi "pembebasan dari samsara".
Dan di buku ini pula, pada tahap akhir Sang Jalan, anda akan
merealisasi "pencapaian Kebuddhaan yang lengkap dan sempurna" demi
untuk menolong makhluk yang lain, agar supaya semua makhluk
mendapatkan kebahagiaan yang sama seperti yang anda dapatkan.
Walaupun Lamrim dapat diajarkan dalam berbagai cara yang berbeda-kadang-kadang secara luas/mendalam, kadang juga secara singkat, keistimewaannya adalah kecocokannya dengan semua tingkatan praktik. Bahkan siswa tingkat tertinggi pun dapat memperoleh banyak instruksi yang berguna yang berhubungan dengan praktik mereka. Orang-orang dengan tingkat spritual yang maju dapat dengan mudah memenuhi segala praktiknya untuk mencapai berbagai tujuan. Para praktisi pemula dapat juga belajar topik yang lengkap dan mempraktikkan ajaran Mahayana.
Secara singkat, Dagpo Rinpoche menegaskan bahwa instruksi Lamrim ini cocok bagi orang-orang dari seluruh tingkatan spiritual, baik pemula maupun yang sudah tingkat lanjut, yang memiliki kecerdasan yang tinggi maupun yang kurang- ia bermanfaat bagi setiap orang yang ingin berjalan di atas jalan spiritual.
Secara umum, teks-teks Lamrim ini berisi seluruh jalan untuk mencapai pencerahan yang diperuntukkan bagi praktisi dari semua level spiritual, dari pemula sampai praktisi tingkat lanjut.
Teks karya YM Atisha serta teks-teks Lamrim lainnya membagi para praktisi dalam 3 golongan atau 3 jangkauan motivasi, yaitu para makhluk dengan motivasi awal, motivasi menengah, dan motivasi agung.
Para praktisi Dharma ini secara umum menyadari bahwa hidup ini tidak memuaskan dan bahwa kita terus menerus lahir dalam kondisi yang tidak menyenangkan melalui proses kelahiran dan kematian yang berulang-ulang, dikenal dengan samsara. Adapun makhluk/praktisi Dharma yang memiliki motivasi awal berusaha untuk mendapatkan kelahiran di ketiga alam tinggi (alam manusia, alam setengah dewa, dan alam dewa, ini termasuk alam surga dan brahma), di mana terdapat banyak kenikmatan dan sedikit penderitaan. Para makhluk dengan motivasi menengah memahami bahwa sifat dari semua alam samsara adalah pemderitaan dan semua kenyamanan dari tiga alam tinggi pada akhirnya akan berakhir. Karena itu mereka bermotivasi untuk mencapai pembebasan dari samsara secara keseluruhan dan mencapai keadaan nirvana yang terbebaskan. Sedangkan para mahkluk dengan motivasi agung menyadari bahwa kebahagiaan personal nirvana adalah tidak lengkap tanpa memikirkan kebahagiaan makhluk lain. Karena itu, mereka berjuang keras untuk mencapai pencerahan sempurna, menjadi Samma Sambuddha, agar dapat menuntun makhluk-makhluk lain untuk mencapai pembebasan pula.
Keunggulan ajaran Lamrim
Tradisi lisan/oral memuat banyak kiasan dan contoh yang dibuat untuk mengilustrasikan kualitas spesial dari Lamrim. Misalnya, selama ceramah di Sera Mey, Pabongka Rinpoche berkali-kali menjelaskan bahwa Lamrim merepresentasikan esensi dari semua ajaran Buddha. Beliau menjelaskan bahwa jika kita mengumpulkan semua buku-buku/kitab suci yang memuat kata-kata Guru Buddha, kumpulan tersebut akan menyerupai jajaran pegunungan yang besar sekali. Dan ketika seorang guru mengungkapkan instruksi Lamrim, kumpulan ini akan mulai bergetar dan bergoyang, seperti seseorang yang hatinya terpotong, karena guru ini akan mengekstrak (mengambil inti sari) dari setiap naskah yang ada dalam kumpulan yang sangat besar ini. Ditambahkan lagi, jika Anda tidak mampu untuk membaca, mempelajari atau mendengarkan seluruh ajaran Buddha sebanyak 84000 kumpulan ini, Anda tetap dapat mengumpulkan kebajikan yang sama dengan melakukan hal tersebut, hanya dengan mempelajari Lamrim. Karena alasan inilah, tradisi Lamrim ini dikatakan sebagai sebuah samudra, di mana seluruh 'sungai' ajaran Buddha yang sangat banyak dan bervariasi ini, bermuara.
Keuntungan penting lainnya dari Lamrim adalah ajaran ini mencegah Anda mempunyai pandangan salah bahwa ada bagian dari doktrin Buddha yang saling berkontradiksi/berlawanan. Anda akan mengenali bahwa semua instruksi ini sebagai elemen dari kumpulan ajaran yang tidak dapat dipisahkan, di mana setiap orang, tanpa kecuali, harus mempelajarinya dan mempraktikkannya untuk mencapai pencerahan. Beberapa instruksi berhubungan dengan periode awal dari praktik kita dan beberapa lagi dengan periode tengah. Yang lain untuk praktisi yang sangat lanjut Dipandang dari segi lain, tidak baik bagi pemula untuk mencoba mempraktikkan instruksi yang tertinggi dan paling esoterik (dalam hal ini adalah ajaran Tantra) . Bahkan menjelaskan kepadanya saja akan membuat ‘kepalanya meledak'. Tetapi jika sang praktisi belajar instruksi Lamrim dengan lengkap, menurut susunan yang sesuai, maka segala bahaya tersebut akan lenyap.
Karena level para pendengarnya yang berbeda-beda, ajaran-ajaran Buddha telah diinterpretasi/dipahami secara berlainan dalam berbagai sistem filosofi Buddhis. Tetapi dengan mempelajari Lamrim, Anda dapat membedakan pandangan dari semua sekte, dan akhirnya memahami sesuatu yang merepresentasikan pemikiran tertinggi dari Buddha. Dengan Lamrim, Anda juga dapat terhindar dari membuat pernyataan yang salah tentang ajaran dan karena itu terhindar dari melakukan ucapan salah dan perbuatan buruk lainnya. Ini hanyalah beberapa keuntungan yang didapat dari mempelajari Lamrim.