• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

[Universal]DHAMMA=Inti Ajaran Buddha(Baca,Renung&Bandingkan dgn ajaran yg anda dpt)

roughtorer

IndoForum Senior A
No. Urut
44416
Sejak
24 Mei 2008
Pesan
6.755
Nilai reaksi
174
Poin
63
gw juga teramsuk yang gak suka baca yang gituan. agak susah bagi saya yang saya rasa agak bego dalam hal-hal menghapal kaya gitu. Udah gitu isinya sumpah deh, saya mulai baca 3 alinea udah klenger.

Banyak banget yang mau dihapal. Banyak banget yang mau dilaksakan. Jadi pusing.
Tapi bagus sih postnya, semoga bisa bermanfaat pada orang banyak. Sayang, saya belum bisa mengambil manfaatnya.

Tapi saya gak pernah berhenti untuk mencoba mengerti.
 

lucky2

IndoForum Beginner E
No. Urut
39150
Sejak
5 Apr 2008
Pesan
461
Nilai reaksi
25
Poin
28
nice post....thank ya buat ts na


Sabbe Satta Bhavantu Sukkhitatta
 

virya

IndoForum Beginner E
No. Urut
36574
Sejak
17 Mar 2008
Pesan
455
Nilai reaksi
11
Poin
18
SEDIKIT UNGKAPAN HATI SEORANG BUDDHIST

Buddha tidak pernah menjanjikan hal-hal indah kepadaku
Dia tidak pernah menjanjikan aku pasti akan ke surga atau nirvana bila percaya kepadaNya.
Buddha juga tidak pernah berkata" kalau tidak percaya Dia pasti masuk neraka.

Dia juga tidak memberikan sebuah dongeng yg mengerikan ataupun yg menyenangkan supaya aku percaya dan takut terhadapNYa.
atau Buddhakah begitu lugu ? di semua agama berkata. akulah yg menciptakan langit dan bumi ini.
kenapa Dia tidak pernah mengatakan ", Akulah yg menciptakan langit dan bumi ini", oh..putra yg berbudi.

Dia juga tidak pernah menjanjikan hal-hal yg indah untuk ke depan, bahkan DIa juga tdk bisa mensucikan org lain
bahkan untuk mensucikan diri sendiri pun mengandalkan kita sendiri,

tapi kenapa aku masih mau mengikuti ajaranya ?
karena Dia, aku tahu kenapa aku menderita.
karena Dia, aku tahu kenapa aku cacat.
karena Dia, aku tahu kenapa aku bermuka buruk
karena Dia, aku tahu kenapa aku pendek umur dan berpenyakit
karena Dia, aku mengerti hukum kamma dan tidak menyalahkan pihak lain (Tuhan Yg Maha Esa) yg tidak adil dan bijaksana dan berusaha utk mengerti 4 kesunyataan mulia.

oleh Buddhalah aku diajarkan cinta kasih terhadap semua makhluk hidup apapun juga, yg tidak pernah aku temukan dalam ajaran yg lain ( yg hanya bisa mengasihi sesama manusia atau sesama umat. )

aku datang tanpa paksaan, bukan keindahan ataupun kengerian
ceritamu hingga aku percaya, tapi aku percaya karena Engkau yg menyuruh aku utk buktikan kebenaran itu. bukan hanya sekedar mendengar dan membaca.

begitu banyak beban yg harus dipikul
untuk menjalani suatu kehidupan ini
terkadang.... tersenyum dalam tangisan untuk menjalani suatu kamma
dimasa lalu tidak mengenal dharma sama sekali
tidak tahu mana yg boleh diperbuat dan tidak
menyebabkan kelahiran ini yg begitu sengsara...
hidup dalam dunia ini... memandang segalanya tdk berarti
yg ada dalam dalam pikiran hanyalah kematian...
sanggupkan manusia menahan balasan karma itu ?
kemana harus sembunyi untuk menghindar dari beban penderitaan..?
atau dimanakah aku bisa menemukan seorang Buddha dalam hidup ini ?
jika suatu saat berhasil dlm menjalani roda samsara ini sampai
akhir hidup.

surga dipersembahan sampai jutaan kalpa pun saya tidak mau
yg diinginkan hanyalah bebas dari kelahiran
tidak ada kelahiran maka tidak ada penderitaan dan kematian


Thanks to :sie_fung
Sumber: Coretan di Forum
 

xcript

IndoForum Newbie F
No. Urut
76427
Sejak
24 Jul 2009
Pesan
7
Nilai reaksi
0
Poin
1
wahhh.... kumplit nih secuil ajaran guru Buddha.... Thanks to kk Lauzart..
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.