• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Internasional UEFA resmi hapus aturan gol tandang mulai musim 2021-21

Diggie

IndoForum Senior E
Staff member
No. Urut
287751
Sejak
6 Apr 2020
Pesan
4.171
Nilai reaksi
0
Poin
0
Berikut adalah berita UEFA resmi hapus aturan gol tandang mulai musim 2021-21.

UEFA resmi hapus aturan gol lawatan mulai musim 2021-21


Dokumentasi - Loga UEFA. ANTARA/REUTERS/Denis Balibouse/pri.

Jakarta (ANTARA) - Badan sepak bola Eropa (UEFA) mengatakan sudah menyetujui proposal untuk menghapus aturan gol lawatan dari semua lomba klub, yg melibatkan regu pria, wanita & junior.

Keputusan UEFA tersebut akan mulai diberlakukan pada fase kualifikasi lomba musim 2021-22.

Aturan gol tandang, yg diperkenalkan oleh UEFA pada 1965-66, sudah diterapkan ketika skor pertandingan dua leg tetap sama secara agregat setelah 180 menit, dengan regu yg mencetak lebih banyak gol di luar kandang dinyatakan sebagai pemenang.

Baca juga: Wijnaldum minta UEFA ambil tindakan lebih tegas kepada rasilalisme

Namun, aturan itu mendapat sorotan musim lalu dengan beberapa pertandingan diadakan di tempat netral tanpa penonton karena pandemi COVID-19.

Sebagai gantinya, dua periode perpanjangan waktu selama 15 menit akan dimainkan di akhir leg kedua, diikuti dengan adu penalti bila kedua regu masih seri.

UEFA juga harap menjadikan pertandingan lebih menarik. Pasalnya, dengan adanya aturan gol tandang, tim-tim yg bertindak sebagai tuan tumah jadi ragu untuk menyerang karena bakal jadi sebuah kerugian bila gawang mereka kebobolan.

"Dampak dari aturan tersebut sekarang bertentangan dengan tujuan awalnya karena, pada kenyataannya, sekarang menghalangi regu tuan rumah - khususnya di leg perdana - dari menyerang, karena mereka takut kebobolan gol yg akan memberikan lawan mereka keuntungan penting," mengatakan Presiden UEFA Aleksander Ceferin saat menjelaskan keputusan tersebut, yg dikutip Reuters.

Baca juga: Arsenal percaya diri bawa pulang gol lawatan dari Villarreal

"Ada juga kritik atas ketidakadilan, khususnya di perpanjangan waktu, yg mewajibkan regu tuan rumah mencetak dua gol ketika regu tamu sudah mencetak gol."

"Adalah adil untuk mengatakan bahwa keuntungan tuan rumah saat ini tidak lagi signifikan seperti dulu," mengatakan Ceferin.

Keputusan untuk menghapus aturan gol lawatan diambil oleh Komite Eksekutif UEFA mengikuti rekomendasi dari Komite Kompetisi Klub & Komite Sepak Bola Wanita.

Penghapusan gol lawatan tak cuma berlaku di fase gugur. Dengan dihilangkannya sistem tersebut, gol lawatan juga tak akan dipakai dalam menentukan peringkat di fase grup andai ada dua atau lebih regu memiliki poin sama. Yang akan jadi penentunya adalah produktivitas gol.

Baca juga: Walau kalah di leg kedua, PSG singkirkan Bayern berbekal gol tandang

Berita diatas dikutip dari internet, jika UEFA resmi hapus aturan gol tandang mulai musim 2021-21 adalah spam, mohon beritahu kami.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.