• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Tips Usaha Kios Makanan Burung

Angela

IndoForum Senior D
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
4.413
Nilai reaksi
2
Poin
0


Tips Usaha Kios Makanan Burung


Hayo siapa diantara anda yg harap jadi tukang dagang, mungkin di kantor sudah waktunya untuk pensiun. Atau tahu-tahu dipecat gara-gara covid melanda, memang susah sih kalau tidak punya keahlian. Kita mau kerja apa?

Mengharapkan pekerjan dari orang lain, mengharapkan bantuan dari orang lain sungguh sebuah waktu yg sia-sia. Terlebih bila anda masih muda, langkah masih panjang tetapi pikiran pendek, ya jalan keluarnya kalau ga nyopet, begal, nyolong, maling, nipu & ga jauh-jauh dari hal itu.

Untuk itu perlunya kita memikirkan kehidupan yg kita jalani ini mau dibawa kemana? Oke, di thread ini saya cuma harap sedikit memberikan tips sederhana bila anda harap membuka sebuah usaha kios makanan burung.

Tips Usaha Kios Makanan Burung


Biasanya nih, kalau anda buka tempat usaha seperti ini tak cuma makanan burung sih yg dapat anda jual, tetapi makanan unggas, makanan ikan, makanan kucing atau anjing, & acessories serta perlengkapan berbagai macam burung.

Nah ini saya cuma memberikan sebuah tips sederhana, supaya usaha agan dapat berjalan tanpa banyak mengeluh.

Tips Usaha Kios Makanan Burung


Tips Usaha Kios Makanan Burung


Pertama, berhubung usaha ini perlu pendekatan emosi kepada hewan maka kita harus belajar dulu & mengenal hewan yg kita akan jual. Perlu juga ikut sebuah perlombaan, & cara menangani burung kicau. Aktif di berbagai forum burung untuk mencari ilmu, usahakan punya jagoan minimal satu saja yg sudah punya nama di berbagai lomba burung kicau. Intinya ente hobi dengan burung kicau, akan menambah nilai plus untuk usaha ini. Suatu saat gagal, tidak ada rasa sakit hati karena dijalani dengan bahagia.

Tips Usaha Kios Makanan Burung


Tips Usaha Kios Makanan Burung


Kedua, cari tempat yg strategis usahakan di pinggir jalan. Agar dilihat banyak orang yg lewat, mungkin harga sewanya akan lebih mahal jadi kalau tak sanggup dengan modal pribadi. Bisa ajak join ke rekan-rekan sesama penghobi, tetapi ingat kalau joinan harus saling terbuka. Banyak usaha gulung tikar karena usaha joinan, maklumlah namanya uang akan dapat merubah kawan jadi lawan.

Tips Usaha Kios Makanan Burung


Tips Usaha Kios Makanan Burung


Ketiga, Persiapkan modal yg cukup. Bukan apa-apa bisnis di burung kicau ini kalau kita membeli secara ombyokan harganya juga cukup lumayan. Dan kita fokus ombyokan disatu tipe burung dulu, kecuali modal kuat ya ndak masalah. Karena pembelian burung ombyokan ini minimal biasanya 100 ekor, kalau sudah kenal 50 ekor pun dapat.

Contoh :

Burung Love Bird, perekor 40rb dikalikan 100 ekor sudah memakan biaya 4 juta.

Burung kenari, per ekor 90rb dikalikan 100 ekor sudah memakan biaya 9 juta.

Bagaimana dengan burung lain yg harganya stabil? Murai batu, cukcak ijo, Jalak & lainnya waduh siapkan dana yg tak sedikit ya gan.

Perlu di fikirkan juga kematian si burung adalah kerugian, jadi untuk ombyokan jangan menjual terlalu mahal supaya putaran uangnya lebih cepat. Semakin cepat berputar, maka untung anda juga semakin banyak.

Saran ane aja nih, untuk pemula burung ombyokan fokus di satu tipe saja dahulu supaya modal yg keluar dapat ditekan. Maka dengan modal kira-kira 10 juta pun usaha dapat berjalan.

Tips Usaha Kios Makanan Burung


Tips Usaha Kios Makanan Burung


Keempat, yg harus dilakukan adalah membeli pakan burung & acessories burung untuk dijual, seperti kandang, tempat makan, usahakan jangan terlalu banyak yg penting ada dahulu.

Untuk menekan harga, beli grosir di Pasar Pramuka kalau anda dekat dengan Jakarta. Duh, kok kios masih sepi? Padahal modal sudah keluar banyak?

Nikmati prosesnya om gan, seminggu di awal pembeli belum tentu banyak 1-2 orang saja kita sudah bersyukur. Bahkan ada yg bertanya sesuatu yg tidak kita jual pada saat itu.

Contoh :

Pembeli datang menanyakan makanan ayam jago pur 594, kita belum menyediakan. Kita jangan bilang ga jual, tetapi barang belum datang nanti tunggu kira-kira seminggu barangnya baru siap. Dan apa yg pembeli tanyakan namun kita belum menjual wajib dicatat, lihat dalam waktu seminggu barang apa saja yg sering ditanyakan oleh pembeli harus cepat kita sediakan.

Tips Usaha Kios Makanan Burung


Tips Usaha Kios Makanan Burung


Kelima, jangan pantang untuk putus asa sebulan di awal pasti akan banyak bengong, godain cewek-cewek lewat di pinggir jalan. Tapi kalau barang kita sudah mulai lengkap, jangankan istirahat pembeli akan datang bertubi-tubi.

Apalagi kalau kita share juga dagangan kita di medsos, sabtu & pekan biasanya kios pasti rame. Ingat, jualan barang untuk hobi ini perlu pendekatan yg berbeda. Kamu juga perlu sesekali main di lomba & jagoanmu masuk jadi jawara.

Tips Usaha Kios Makanan Burung


Tips Usaha Kios Makanan Burung


Apakah jagoan kita dijual? Kalau harga cocok ya dijual saja, namanya pedagang harus ada misi tertentu yaitu cuan. Asal harganya masuk di dalam kantong, sebab di ranah hobi untuk burung pemenang harga tidak dapat diatur tergantung berapa tawaran & menawar. Satu burung tukar mobil atau motor pun dapat, anggap saja itu rezeki sampean.

{thread_title}


Keenam, banyak-banyak berdo'a kita sebagai manusia harus tahu akan sedap yg diberikan Tuhan. Usaha dengan diiringi do'a semoga jadi berkah.

emoticon-Maaf Agan
emoticon-Maaf Agan
emoticon-Maaf Agan


Nah itu saja sih tips usaha kios burung ala-ala c4punk, semakin anda konsisten, semakin anda rajin mengelola usahamu, pasti akan mendapatkan hasil yg lumayan. Kata orang usaha tidak akan memgkhianati hasil. Salam, saya c4punk see u next thread.

emoticon-I Love Indonesia


"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2020
Pic : Dikumentasi Pribadi

emoticon-Rate 5 Star
emoticon-Rate 5 Star
emoticon-Rate 5 Star



Hari ini 08:16
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.