• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Tips Otomotif - Updates

Vans eiger

IndoForum Senior C
No. Urut
69130
Sejak
22 Apr 2009
Pesan
5.332
Nilai reaksi
212
Poin
63
Ayo, bagi siapapun yang mempunyai suatu Tips mengenai Dunia Otomotif segera sharing disini. Mau hasil pengalaman sendiri ataupun copas itu diperbolehkan asal sesuai dengan content yang berlaku. Dan bagi yang melakukan copas harap menyertakan sumber. Semoga nantinya thread ini dapat bermanfaat bagi kita semua. :)

Yap, dari saya dulu..

Musim Hujan, Perhatikan Kondisi Mobil.

hujan.jpg

Musim hujan telah tiba. Jalan tergenang, basah dan licin akan makin sering ditemui. Lantas sudahkan mobil anda siap "tempur". Mumpung ada waktu sebaiknya periksa kendaraan agar bisa "ready" di kala hujan.

Apa yang harus diperhatikan pada mobil anda :

1. Periksalah keempat ban, apakah masih layak atau tidak.


alur-ban.jpg

Alur ban harus baik, hal ini untuk mencegah terjadinya gejala “aquaplanning” (hilangnya traksi ban ke aspal). selain itu periksa pula tingkat keausan ban, tingkat keausan ban yang tinggi akan sangat berbahaya. Hal ini bisa berakibat kendaraan kehilangan traksi dan dapat mengakibatkan hal yang tidak diinginkan. Cek tekanan angin ban, atur sesuai petunjuk pabrikan. Selanjutnya pilih ban yang sesuai dengan kondisi jalan, untuk musim hujan gunakan ban dengan spesifikasi All Terrain (AT).

2. Mesin Kendaraan memerlukan pasokan listrik agar dapat beroperasi, maka perhatikan sistem kelistrikan pada mobil.

Hindari dari air hujan, pasalnya air bisa menyebabkan konsleting, hal ini amat berbahaya. Adapun bagian penopang sistem kelistrikan yang perlu diperhatikan : ECU, CDI, Alternator, Koil, Kabel Busi dan Busi, Accu/battery, Distributor, Air Filter (filter udara) bisa bikin air masuk ke dalam mesin, Karburator, Injektor, Platina.

3. Periksa kondisi karet pintu, "si hitam" jangan sampai getas, lupa sedikit bisa mengakibatkan air hujan masuk ke kabin.

karet-pintu.jpg

4. Cek pula kondisi motor wiper, karet wiper dan kaca depan kendaraan.

5. Perhatikan sistem pendingin (AC), apakah sudah sempurna. Bila AC mati akan berakibat terjadinya kabut/embun pada kaca, di kala hujan.

6. Periksa kelayakan lampu kabut (fog light).


*source*

Sekian, Tips untuk hari ini. Semoga berguna & bermanfaat untuk kita semua..:)
 
- Mengenal Ragam Aliran Modifikasi Mobil -

modif-mix.jpg


Buat para penggemar modifikasi mobil pasti familiar dengan istilah JDM, DUBCITY, Vintage, dll. Yup, istilah-istilah tersebut adalah nama-nama style aliran atau gaya modifikasi. Tapi apa yang mendeskripsikan masing-masing style? Apa batasannya sehingga gaya ini adalah JDM atau DUBCITY? Berikut ini kami uraikan deskripsi dari masing-masing style.

modif-jdm2.jpg
modif-jdm.jpg


JDM: Japanese Domestic Market
Suatu aliran dimana semua bagian part mobil menggunakan part asli yg berasal dr Jepang, bukan replika. Sebagai contoh Mitsubishi lancer Gti memakai semua bodypart lancer EVO, kenapa bisa dibilang sbg JDM? Karena bagian part mobil menggunakan komponen asli dr Jepang yg tidak diedarkan ATPM mobil tersebut di indonesia. Toyota starlet di Indonesia berbeda dgn starlet JDM, karena stalet JDM headlampnya menggunakan lampu bulat yg terpisah dua.

Aliran tersebut sekarang sangat menjamur di seluruh ibu kota di indonesia. Salah satu alasan mengapa aliran JDM ini banyak dianut adalah karena modifikasi JDM itu simple, dan enak dilihat. Segala komponen asli Jepang maka spare part itu sudah termasuk JDM.

USDM: United States Domestic Market
Ciri khas USDM biasanya di bumper sebelah kanan atau kiri ada lampu tambahan yg berfungsi sebagai signal agar pengendara dari samping bisa melihatnya.
Sellain itu mobil-mobil USDM rata-rata memiliki part bumper sedikit lebih besar dibandingkan dgn JDM karena ada penahan benturannya.

modif-dub5.jpg


Dub city

Dub city adalah aliran yg mengutamakan kemewahan yg menonjolkan kekayaan atau prestige pemilik mobil. Ciri khasnya adalah penggunaan velg besar ukuran 20”-26” full chrome, interior mewah menggunakan balutan kulit asli dan kancing2 atau aksesorisnya memakai crystal Swarovski. Pada Dubcity Audio system selalu menganut aliran Sound Pressure Level (SPL) dimana dentuman bass sangat kuat. Untuk cat sering kali menggunakan warna hitam dan putih karena identik dgn kemewahan, tapi kadang diaplikasikan juga dengan sapuan airbrush yg simple tetapi kelihatan ’wah’. Cat shiny dan wetlook adalah kewajiban buat Dub city.

modif-vip1.jpg
modif-vip2.jpg


VIP style
VIP Style dicirikan dengan ubahan luar yang tidak terlihat ekstrim, tambahan body kit dan velg berukuran ekstra besar, diatas 19 inch lebar serta celong atau offset negative dan tidak lupa chamber extreme. Interiornya dibuat rapih, bersih dan elegan dilapisi warna putih, coklat tua, merah marun atau hitam. Modifikasi juga sering Menggunakan air suspension n muffler oval seperi remus.

Untuk sukses memodifikasi mobil aliran VIP tidak perlu dipasangi asesoris yang berlebihan. Sistem audio dipilih yang memanjakan telinga, fokus pada kualitas suara (SQ) dan bukan asal kencang (SPL). Contoh tuner2 terkenal diluar negeri antara lain :Balsarini, Almistad, DAD GARSON

modif-vintage-retro1.jpg
modif-vintage-retro2.jpg


Vintage/Retro style
Mengembalikan kondisi mobil seperti pd awal mobil tersebut dibuat dgn mengutaman keorsinilan part mobil tersebut. Meskipun terdengar simple tetapi modifikasi aliran ini mengahabiskan uang yang jumlahnya tidak sedikit karena harga parts-parts part2 tersebut sangat mahal karena sudah langka di pasaran.
Umumnya cat yang digunakan adalah warna-warna solid yg terang seperti krem, putih, coklat, merah tua.
Sedangkan untuk sektor interior menggunakan bahan standard pabrik mobil tersebut.

Nah, sekarang tinggal anda sesuaikan selera, karakter diri pribadi, dan kocek untuk memodifikasi mobil kesayangan anda.

*SOURCE*
 
Maaf, terlalu updates.. karena kesibukan yang harus saya hadapi..:)

Teknik Dasar Drifting

drift%20up.jpg


Drifting merupakan teknik menyetir di mana pengemudi berusaha membuat agar mobilnya berada dalam posisi miring dan meluncur selama mungkin. Biasanya para drifter (pembalap drifting) hanya menggunakan gigi dua dan rem tangan (hand brake) untuk menunjukkan teknik tingkat tinggi ini, karena itulah sangat dibutuhkan keahlian tertentu dan disiplin yang cukup tinggi untuk dapat menguasai teknik mengemudi seperti ini.


Saat ini Drifting sudah menjadi olah raga profesional yang berjalan di bawah bendera D1 Grand Prix tapi sayangnya, sampai saat ini Drifting belum mendapat pengakuan dari FIA (payung besar road race untuk kompetisi balap mobil yang membawahi ajang-ajang balap mobil semacam F1, A1, F3, F3000, GoKart dan World Rally).

Awal mula
Drifting tumbuh di Jepang sekitar petengahan 1960-an, dipelopori kalangan motorsport underground yang dijuluki rolling zoku. Mereka mempraktikkan teknik opposite-lock dari reli ini di jalan pegunungan (touge) yang berkelok-kelok dan beraspal licin di wilayah Rokkosan, Hakone, Irohazaka dan Nagano.

Pada tahun 1970-an, Kunimitsu Takahashi, yang merupakan pembalap F1 legenda Jepang, mendapatkan inspirasi ketika ia mencoba bagian depan mobilnya mengikuti apex (titik paling pinggir dari sebuah tikungan) dengan kecepatan tinggi dan menggunakan rem tangan untuk mengikuti tikungan itu.

Pada tahun 2001, Daijiro Inada (pendiri Option Magazine dan Tokyo Auto Salon) bersama Keiichi ‘Dorikin’ (Raja Drifting) Tsuchiya (pembalap turing dan juga ‘Bapak Drifting Profesional’) membuat seri kompetisi drifting profesional, D1 Grand Prix (D1 GP).

Jenis Mobil Untuk Drifting
Biasanya mobil-mobil yang diturunkan dalam ajang drifting adalah mobil-mobil yang berbobot ringan hingga sedang dengan tipe coupe/sedan dan menggunakan penggerak roda belakang atau FR (front engine, rear-wheel-drive) seperti Nissan Skyline, Nissan Sylvia, Toyota Mark II, Toyota Corolla DX, dan Toyota Levin/Sprinter Trueno (AE86). Soalnya pada mobil jenis ini tenaga untuk sliding selalu disalurkan oleh roda belakang, sedangkan roda depan dimanfaatkan untuk mengontrol mobil/drift.

Tapi saat ini, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa mobil-mobil yang menggunakan tipe penggerak seluruh roda FA (front engine, all-wheel-drive) semacam Subaru Impreza WRX STi dan Mitsubishi Lancer Evolution dan penggerak roda depan FF (front engine, front-wheel-drive) juga ikut turun dalam ajang drifting. Kesulitan akan didapat apabila memakai mobil dengan penggerak roda depan atau FF, dimana tenaga dan kontrol ada di roda depan sehingga agak susah untuk menaklukkan beberapa tikungan sekaligus.

Teknik Dasar Drifting
Teknik drifting dilakukan dengan cara membiarkan ban belakang slip dengan alur yang lebih besar daripada ban depan. Ini biasanya terjadi saat mobil dipacu dengan kecepatan tinggi, kemudian arah dibelokan tanpa mengurangi kecepatan mobil. Jika teknik drifting dilakukan dengan tidak tepat, bisa menyebabkan mobil melintir dan kehilangan kendali. Karena itu, kecepatan dan sudut belokan harus diambil secara akurat.

Ada dua teknik utama yang digunakan oleh drifter untuk menciptakan gerakan drift yaitu Clutching (penggunaan kopling) dan braking (penggunaan rem). Dalam teknik clutching, saat mobil pembalap mendekati tikungan, ia akan menekan kopling dan pindah ke gigi 2. Lalu pembalap akan menekan gas sampai sekitar 4500 rpm. Saat kopling dilepas, akan ada putaran kuat pada ban karena saat itu mesin sedang berputar cepat. Kekuatan besar mendadak ini membuat ban belakang berputar sangat cepat sampai kehilangan traksi dan bagian belakang mobil akan melintir.

Sementara dalam teknik braking, pengemudi menarik rem tangan saat memasuki tikungan sehingga menyebabkan ban belakang terkunci dan kehilangan traksi dan menciptakan gerakan drift. Teknik ini adalah satu-satunya teknik yang bisa digunakan untuk mobil-mobil front wheel-drive (FWD). Sementara untuk mobil rear wheel-drive (RWD) memiliki setidaknya satu lusin teknik. Inilah sebabnya lebih banyak pro drifter yang menggunakan mobil rear wheel drive (RWD) untuk dibesut.

drift%20up3.jpg


Berikut ini ada beberapa teknik yang biasa dipergunakan ketika drifting.


HandBrake Drift
Kopling diinjak dan disaat bersamaan hand-brake ditarik untuk menghilangkan traksi. Ketika traksi sudah hilang, kopling di lepas dan pedal gas ditekan sambil lakukan countersteering.

Power Slide
Syaratnya butuh mobil dengan mesin bertenaga besar. Caranya hanya dengan membejek pedal gas habis dan mengontrol arah mobil dengan setir.

Shift Lock
Drifting dengan cara menurunkan posisi gigi jadi lebih rendah. Hal ini membuat ban mengunci sehingga traksi hilang.

Clutch Kick
Drifting dengan cara menendang kopling segingga menimbulkan guncangan pada transmisi sehingga mempengaruhi keseimbangan mobil. Hal ini bakal membuat mobil slidding.

Braking Drift
Caranya saat masuk tikungan pedal rem diinjak sehingga bobot pindah ke depan. Kemudian pedal gas langsung dipijak sehingga ban belakang kehilangan traksi.

Feint/Scandinavian Flick
Caranya dengan memindahkan bobot kendaraan ke luar dengan cara memutar setir ke arah luar tikungan dan dengan tiba-tiba memutar balik setir sehingga bagian belakang mobil bergeser. Teknik ini seperti cara menikung mayoritas pereli.

Kansei/dynamic drift
Drifting dengan cara mengangkat pedal gas saat kecepatan tinggi. Ini terjadi karena saat pedal gas diangkat bobot pindah dari belakang ke depan.

Saat drift sudah tercipta dengan melakukan teknik yang benar, maka yang selanjutnya harus dilakukan adalah menjaga agar mobil tetap terkontrol. Untuk yang satu ini diperlukan keahlian dari si pengemudi dalam mengontrol kombinasi antara gas dan setir.

drift%20up2.jpg


Ilustrasi ini memberikan sense yang bagus dari pengemudian dan menginjak pedal gas yang harus anda mengerti untuk menjaga mobil anda ketika melakukan drifting. Ketika menggerakkan mobil dari sudut full drift satu arah ke full drift ke arah yang berlainan, persiapkan untuk bagian belakang yang akan datang dengan tekanan yang berlebih ketika memulai drift dari arah depan. Berikan diri anda banyak ruang untuk menguasai teknik anda agar anda tidak lepas kendali atau menjadi sesuatu yang tidak dapat bergerak.

  • 1.keraskan kemudi (steer hard) sewaktu membelok untuk mulai meluncur, kemudian lakukan banting-kemudi (countersteer) sebelum mobil keluar jalur

    2.lanjutkan membanting-kemudi (countersteering) untuk mempertahankan laju luncuran. Ini merupakan tindakan untuk menyeimbangkan

    3.sekarang anda mempersiapkan untuk tikungan selanjutnya. Tujuannya adalah agar dapat men-drift sepanjang lintasan yang dilalui tanpa meluruskan mobil selama beberapa saat ketika bagian belakang (buritan) mengayun

    4.anda harus memacu kecepatan sekarang, jadi persiapkan untuk membejek gas yang bertujuan untuk menjaga roda bagian belakang tetap meluncur. Traction kills drift!

    5.Inilah saat-saat yang tersulit. Menjaga bagian belakang (buritan) tetap meluncur melalui tikungan sangat mudah, tapi men-drift terus pada lintasan lurus yang cukup berat. Pada saat anda kehilangan momentum, posisi mobil akan lurus kembali, tapi anda akan terkejut berpa lama anda dapat mempertahankan posisi meluncurnya. Semoga berhasil!

*source*
 
Cewek-cewek, Ayo Rawat Mobil Sendiri!

fiat-dalam.jpg

Jakarta - Para wanita saat ini banyak yang sudah menyetir sendiri. Tapi jangan hanya bisa nyetirnya saja, setidaknya, agar perjalanan selalu nyaman, harus bisa juga dong merawat mobil kesayangan. Ini nih caranya.

Bila baru beli mobil, pastinya ada saat masa uji, biasanya dibawah 1.000 km pertama, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan demi keawetan mesin mobil. Pertama, hindari start dengan injakan gas penuh.

Maksudnya, mesin baru masih kaku, jadi saat pengendaraan jangan terlalu ekstrim memacu mobil, baik ketika berakselarasi maupun ketika melakukan pengereman secara kasar, terutama saat 300 km pertama.

Selain itu, tidak mengendarai mobil pada kecepatan rendah tapi menggunakan gigi tinggi, misalnya gigi 3 atau 4. juga hindari mengendarai mobil pada satu kecepatan dalam waktu yang lama. (misalnya selalu menggunakan gigi 2 saja)

Sebelum berangkat, atau ketika sedang libur akhir pekan, tidak ada salahnya ko sesekali memeriksa sendiri keadaan oli mesin, cairan pendingin mesin, ban, aki, air wiper, lampu-lampu, serta panel indikator dashboard.

Cara mengecek oli mesin misalnya, cukup lihat ada atau tidak tetesan oli di lantai garasi, kalau tidak ada berarti aman. juga memeriksa panel indikator, caranya, ketika mesin ssudah menyala, pastikan tidak ada satu pun indikator yang menyala, misalnya indikator rem tangan, suhu mesin, rem dan sebagainya.

Hal tersebut penting, demi menjamin keselamatan berkendara nantinya, sehingga selama perjalanan pikiran anda tidak terganggu dengan kekhawatiran berlebih, hanya karena anda tidak mengenal mobil anda sendiri.

Mudah bukan?

*source*
 
Menghilangkan Noda dan Bau Pada Mobil

Mungkin agan agan sekalian sering berkendara sambil merokok atau makan didalam mobil, dan tanpa agan sadari saus/kecap dari sisa makanan agan agan sekalian masih tercecer di dalam kabin mobil atau pun sisa sisa dari tumpahan minuman. Sebaiknya hal ini jangan disepelekan, mengingat bau rokok dan sisa saus/kecap tersebut juga menjadi salah satu pertanda tumbuhnya jamur di dalam kabin.

Nah berhubung masi pagi menjelang ane tidur nih, ane kasi sedikit tips untuk menghilangkan noda dan bau pada kabin mobil

1. Periksa pada kabin atau jok mobil agan agan yang ketumpahan minuman atau bekas makanan yang agan agan bawa. Sebaiknya secepatnya dilakukan pembersihan dengan cara melapnya dengan segera dengan menggunakan tissu atau lap sebab hal ini bisa membuat noda atau bau bahkan mengundang tamu tak di undang seperti semut, kecoa bahkan jamur

2. Langkah selanjutnya dengan mencuci noda yang tumpah tadi dengan segera dengan menggunakan air bersih apabila noda makanan dan minuman tadi meninggalkan noda sebaiknya menggunakan air yang dicampur detergen agar tidak menimbulkan bau tak sedap dan lain-lain. Kemudian keringkan dengan menggunakan alat penyedot debu atau pengering rambut untuk mengangkat bekas dari minuman, makanan dan abu rokok tadi.

Untuk menghilangkan bau rokok dan sisa makanan dan minuman yang tercecer agan agan bisa mencoba beberapa cara berikut :

1. Taburkanlah bubuk kopi di atas lapisan koran atau menggantungnya dengan menggunakan kantong kecil dan biarkan selama semalaman suntuk. Bubuk kopi memiliki kemampuan menyerap bau dalam mobil.

2. Apabila agan agan tidak suka dengan bau kopi,agan bisa menggunakan kulit jeruk, untuk proses pengerjaan cukup tinggalkan beberapa lembar kulit jeruk dalam mobil agan agan sekalian dan biarkan selama beberapa hari sampai kulit jeruk tersebut mengering baru dibuang, baunya pasti hilang :ilove******

3. Nah kalau agan agan sekalian ga suka kedua bau diatas, agan agan bisa menggunakan Baking Soda yang tidak menimbulkan bau, untuk proses pengerjaan sama dengan ketika menggunaan bubuk kopi.

4. Setelah agan agan rasa semua bau di mobil hilang, ada baiknya gunakan pengharum mobil biar lebih fresh

Sebaiknya jangan membawa minuman menggunakan gelas apalagi pake berwarna, kalo tumpah kan brabe, bisa nambah pahala TS

Sumber : Pengalaman TS, dan Wangsit Mbah Google
nih referensi site dari ane kalo agan agan pengen belajar poles mobil perawatan mobil

Semoga ga repost
 
Merawat Cat Mobil

Bro n sis mungkin terkadang lupa salah satu aspek penting kecantikan mobil yaitu cat yang melapisi body nya. Cat mobil yang kinclong merupakan salah satu nilai tambah bagi mobil anda. Bagaimana perawatannya ? saya bakal kasih bro n sis 7 Tips merawat cat mobil agar tetap kinclong

1. Sebisa mungkin untuk parkir mobil di tempat yang teduh atau beratap sehingga terhindar dari panas matahari, hujan, kotoran burung dll secara langsung. Sinar matahari dapat merusak lapisan cat mobil. Nah yang bikin repot apabila terkena kotoran burung dan kotorang burung itu mengering akan sulit sekali dibersihkan dan kalau tidak hati hati bisa menggores cat mobil.

2. Jangan lupa untuk mencuci mobil secara teratur, Hindari penggunaan air panas karena bisa merusak lapisan cat mobil dan hindari penggunaan detergen/sabun colek/sabun mandi/sabun cuci muka :) dikarnakan kandungan zat kimia dalam sabun detergen/sabun colek dapat memudarkan kecemerlangan/mengikis lapisan cat mobil. Gunakan sabun khusus mencuci mobil, jangan disamain donk nyuci baju sama nyuci mobil :)

4. Cucilah mobil bro n sis di tempat yang teduh/tidak terkena sinar matahari langsung dan hindari busa sabun menempel terlalu lama pada bodi mobil karena dapat menimbulkan bercak-bercak noda pada cat mobil.

5. Jangan lupa di poles dengan obat poles/wax supaya mobil dapat perlindungan extra dan tetep kinclong.

6. Nah apabila cat mobil bro n sis ada yang retak - retak atau terkelupas bekas nabrak gerobak sayur sebaiknya langsung perbaiki karena semakin lama bisa semakin parah

7. Kalo bro n sis pengen tau lebih banyak tentang perawatan mobil langsung klik ----> perawatan mobil
 
waaah, makasih banyak nih dapet info bagus, karena ane ga punya, izin nyimak aja deh
 
weikz ni cara² rawat mobil biar kelihatan mewah yach

thqnks yach udah hitung² buat nambahin ilum aku mengenai mobil... :)

woakwokawokaowkaowk...... [^_^]
 
permisi para master dan suhu beserta moderatornya, mau up up up up up sundul
 
ok juga ni gan tips nya,,. akan sangat bermanfaat bagi yang sneng trevelling ni gan,.,..
thank's gan.,.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.